Masakan Rumah – Murah, Praktis, cukup Gizi

sambal tempeperkedel tahu

Maraknya berita mengenai harga kedelai yg melambung sehingga harga produk tempe dan tahu ikut melambung! Kita bisa apa? Mau ikut demo juga? Sementara tuntutan para pendemo entah kapan terealisasi atau bahkan tidak ada kabar-kabarinya, kita toh tetap membeli tempe dan tahu dengan harga yg melonjak itu, saat ini yg dapat kita lakukan adalah kenapa tdk kita pikirkan saja bagaimana tetap merasakan tempe dan tahu namun lebih minimal jumlahnya supaya biaya yg keluar tetap atau lebih sedikitlah dari yg biasa kita keluarkan.

Ironis sebenarnya yg sedang dipermainkan adalah harga kedelai yang jelas-jelas produk olahan kedelai terutama tempe dan tahu adalah lauk primer sebagian masyarakat menengah ke bawah yg masih ada nilai gizinya, dannnnnnnnnnnnn masyarakat kita saat ini didominasi tingkat menengah ke bawah bahkan bawah sekali dengan banyaknya bencana alam yg menimpa kita. Nah jika lauk primer itu sekarang dibuat jadi mahal sehingga mulai tidak terjangkau oleh rakyat kebanyakan, apalagi yg bisa dimakan oleh mereka dgn jenis lauk yg masih ada kandungan gizinya? Dilema ini sebenarnya sangat dirasakan justru oleh rakyat diperkotaan, untuk rakyat yg tinggal di daerah terpencil atau justru yg dipedalaman kondisinya lebih baik dari yg diperkotaan, mereka masih bisa memancing di sungai-sungai yg besar untuk mendapatkan ikan, udang, kerang. Dirawa2 yg luas jg masih banyak yg dapat dikonsumsi, ada belut, jenis ikan gabus, lele dan siput. Untuk sayur mereka masih cukup mudah mendapatkannya, banyak jenis sayuran yg tumbuh liar, ada pakis, ada genjer, ada rebung bambu, ada nangka, pisang dsb. Namun tidak bisa serta merta penduduk di perkotaan terus pindah ke pedalaman kan?

Banyak para ibu sangat mengeluh dengan kondisi ini, tapi lagi lagi pertanyaan, kami bisa apa? Pertanyaan itu selalu dipikiran mereka setiap hari, mau teriak2 dgn sang bapak juga percuma, toh uang yg dibawa bapak malah semakin sedikit dari biasanya. Jika yg dinaikkan harganya jenis udang atau keju mereka tdk perduli toh komoditi tersebut tdk dinaikkanpun mereka jarang mengonsumsinya.

Namun jika kita hanya mengeluh tanpa melakukan sesuatu siapa yg mau peduli, kita berteriak2 dan para pedagang stop jualan bahkan ada pedagang gorengan yg bunuh diri (berita di media masa), siapa yang perduli!!!! toh mereka yg mampu tetap makan tempe semahal apapun harganya, mereka tetap keluar masuk restoran yg mewah.

Nah sekarang kita sebagai ibu yg menguasai dapur dimana dapur adalah salah satu media untuk menjadikan bangsa ini bangsa yg hebat, mesti bisa menyiasati supaya bisa tetap memberikan makanan yg cukup bergizi kepada anggota keluarga. Bukankah para milyader dan para orang yang merasa dirinya pintar adalah anak ibu yg diberi makanan hasil masakan ibu, sekecil dan sekumuh apapun dapur tetaplah tempat seorang ibu memberikan baktinya kepada keluarga, tempat para ibu curhat bahkan sambil menangis memikirkan apa yg bisa dimasak untuk anggota keluarganya hari ini, sehingga tdk sedikit dari hasil dapur yg kumuh tercipta anak yg pandai dan kelak menjadi orang yg hebat?

Lebih ironis lagi setelah menjadi orang yg katanya hebat bahkan sdh bergelimang harta tidak mau sedikit saja menoleh memikirkan dapur ibu2 lain yg dulu seperti dapur ibunya! Mungkin pernah mendengar cerita tentang seorang ibu memasak batu dgn tujuan untuk menekan rasa lapar sang anak manakala sang anak menanyakan makanan sang ibu selalu berujar “Sebentar ya nak, makanannya belum masak” sampai si anak tertidur sambil menahan rasa lapar. Juga cerita seorang anak yg setiap kali lapar pergi ke sumur minum air mentah, lapar lagi kemudian minum lagi, lapar lagi kemudian minum lagi sampai dia kelelahan dan tertidur.

Dulu waktu aku masih kecil, ayah membawa aku jalan2 ke sebuah desa yg mayoritas penduduknya adalah petani, saat itu ayah adalah PNS di DPU sebagai kepala pengairan, seringkali aku ikut survey melihat bagaimana ayah bekerja mengontrol apakah pintu2 DAM bekerja baik supaya dapat mengaliri saluran2 air yg lebih kecil supaya asupan air ke sawah lancar. Padi tumbuh dengan sangat subur dan tentu saja predator padi terutama belalang dan burung pipit sangat senang, namun ternyata predator belalang pun banyak selain burung para petani itupun jadi predator termasuk aku, walaupun tdk sengaja he he he.

Pada saat makan siang kami makan di salah satu pondok petani itu, lauk yg disajikan amat sangat sederhana, ada nasi jagung, sambal, beberapa potong tempe dan ada gorengan seperti udang, namun karena minyak untuk menggoreng jelantah jadi tdk jelas bentuk gorengan itu. Namun dengan lauk apa adanya makan di tengah sawah sesekali menarik tali yg langsung berbunyi krontang2 karena tali tersebut digantungi kaleng kosong untuk mengusir burung, terasa sangat nikmat bahkan nambah. Setelah selesai makan aku bilang, udangnya gurih sekali ya, beli dimana? Sang petani bilang, udang yg mana mbak? Aku menunjuk piring bekas gorengan yg sdh kosong. Lah itu bukan udang mbak, itu walang goreng? Hek langsung ada yg aneh di leher mendengar walang goreng, tapi ya sudahlah mau bilang apa rasanya enak koq kek kek kek. Dan ternyata belalang sawah itu nilai gizinya tinggi loh, iyalah, masuk logika kan makanannya daun padi yg masih muda dan seger. Dan yg penting halal.

Dilain kesempatan kami disuguhkan makanan yg terdiri dari oseng mentimun, sambal terasi dan anak ikan yg digoreng sampai garing. Kalo ingat saat itu dan aku hubungkan dengan jenis makanan yg cukup terkenal di Bogor yaitu baby fish goreng atau yg diberi judul ikan balita goreng jadi tersenyum, sudah sejak zaman dulu makanan itu dikonsumsi masyarakat pedesaan atau masyarakat yg tinggal di tepi sungai2 besar, di perkotaan baru trend sekarang he he he he he. Waktu pertama kali teman menyuguhkan makanan itu sambil berkata: cobain deh ini lagi terkenal loh dan waktu dia beritahu harganya yg cukup mahal giliran aku yg tercengang, melihat jenis ikannya seperti anak ikan mas atau mujair, mudah-mudahan ga salah ya. Yang membedakan mungkin cara menggorengnya saja, jadi si anak ikan goreng terlihat bersih, kuning cerah nggak seperti di pedesaan yg agak kehitaman.

Nah dari berbagai survey ke desa-desa ikut sang ayah, banyak pengalaman yg bisa diambil, rakyat desa yg hidup apa adanya dgn keterbatasan biaya namun mereka masih bisa menyuguhkan makanan yg cukup bergizi untuk anggota keluarganya, dan anak-anak petani desa banyak yg pintar2 bahkan jika sekolah ke kota mereka tdk kalah pintar dengan anak-anak kota. Dengan segala keterbatasan itu justru banyak menimbulkan ide karena mereka harus bisa bertahan hidup dengan kondisi seperti itu.

Hasil dari jalan-jalan ke desa ditambah modifikasi sedikit resep, mudah-mudahan bisa menyiasati masakan kita di rumah dengan masakan murah, enak dan masih ada kandungan gizinya.

Mudah-mudahan sumbangan resep yg sederhana ini bisa sedikit menyiasati masakan dengan naiknya hampir semua bentuk bahan pangan.

Nasi gurih kaldu ceker dan ceker masak kecap

Bahan:

  • 500 gr beras
  • 10 buah ceker ayam
  • 1 batang sereh
  • 2 siung bawang putih
  • 5 lembar daun salam
  • 1 sdm peres garam
  • 1 ruas jari jahe
  • Air secukupnya
  • 1 Sdt bubuk kaldu ayam

Cara membuat:

  1. Cacah bawang putih, goreng hingga berwarna kekuningan, sisihkan
  2. Geprek sereh dan jahe sisihkan
  3. Rebus air , caker ayam, sereh dan jahe hingga mendidih.
  4. Masukkan beras, bawang putih goreng, garam dan daun salam, masak hingga air habis (seperti aron nasi biasa), dinginkan. Pisahkan ceker ayam.
  5. Panaskan dandang, kukus hingga matang.
  • Untuk ceker, tumis 1 siung bawang putih masukkan ceker, beri air 250 ml, masak hingga ceker lembut dan air asat, setelah air asat tambahkan ½ sdt garam, sedikit bubuk kaldu ayam, dan kecap. Aduk-aduk hingga rata, siap di hidangkan bersama Nasi kaldu ceker.

Nah sekali masak sudah dapat nasi yg lebih bergizi, dibandingkan sarapan atau makan siang hanya dengan nasi putih dan kerupuk saja, lebih bergizi nasi kaldu ceker ini, dimakan tanpa lauk pun sudah cukup memadai.

Sekarang kita coba menyiasati tempe dengan membuat sambal tempe, beda dengan orak-arik tempe loh.

Jika satu lempeng tempe yg harganya dari Rp. 1.000,- menjadi Rp. 1.500,- atau Rp. 2000,- jika kita jadikan tempe goreng hanya dapat 5 potong tempe goreng untuk sekali makan, tapi dengan kita buat sambal tempe bisa untuk 2 kali makan, cukup mengirit kan?

Juga untuk tahu, 10 buah tahu yg kecil jika kita jadikan tahu goreng saja hanya mendapat 10 potong tahu goreng untuk sekali makan. Jika kita buat perkedel tahu bisa menjadi 20 potong dan dapat untuk disajikan 2 waktu makan (makan siang dan makan malam).

Coba kita estimasi biaya masakan sederhana, misal hari ini rencana masak sambal tempe, semur ati ampela kentang dan sup sayur. Dengan asumsi belanja di tukang sayur yg lewat depan rumah saja ya?

Bahan-bahan yang dibeli:

  • Tempe 1 keping Rp.1.500,-
  • Ati Ample 2 pasang Rp.2.500,-
  • Sup per bungkus Rp.1500,- beli 2 bungkus Rp.3.000,-
  • Bahan sambal (tomat Rp.500, Cabe Rp.1000, bawang merah & putih Rp.1.500)
  • Rebon asin Rp.1000,-
  • Bubuk kaldu ayam Rp.400,-
  • Total belanja Rp.11.400,-

Coba kita olah belanja hari ini ya :

Sup sayur kaldu ati ayam

Cara membuat :

  • Tumbuk kasar 2 siung bawang putih dan 1 siung bawang merah, dan iris tipis 1 ruas jari jahe. Tumis bumbu tersebut hingga harum, masukkan ati ample, masak hingga berubah warna, beri garam. Tambahkan air secukupnya , masukkan wortel, rebus hingga mendidih. Masukkan buncis, masak hingga setengah matang. Masukkan daun kol dan daun bawang seledri, masak hingga matang. Ambil Ati dan ampela dari sayur sop, sisihkan .

Semur ati ample dan kentang

Cara membuat:

  • Haluskan 1 siung bawang putih dan bawang merah, tumis hingga harum, tambahkan air secukupnya. Masukkan daun salam, 1 ruas jahe di geprek, kecap manis, garam dan sedikit air asam jawa. Masukkan potongan kentang (kentang kita ambil dari paket sup tadi), didihkan. Masukkan potongan ati ample ayam + bubuk kaldu ayam, masak hingga bumbu meresap. Selesai sudah semur ati ample ayam.

Sambal tempe

  • 1 keping tempe
  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 3 buah cabai merah
  • ½ sdt gula
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm rebon asin

Cara membuat :

  1. Potong kecil tempe, goreng hingga kering/atau setengah kering.
  2. Goreng sebentar, cabe merah, bawang merah dan bawang putih, dan rebon asin
  3. Haluskan cabe merah, bawangmerah, bawang putih, rebon, gula dan garam.
  4. Masukkan tempe, tumbuk kasar bersama bumbu halus.

Selesai sudah masakan kita hari ini, sisa bumbu dan rebon bisa kita manfaatkan untuk masak esok hari.

Coba kita belanja lagi ya? Rencana masak Perkedel/Gadon tahu, Sayur Lodeh dan Sambal Terong

  • Tahu kecil isi 10 Rp. 2.500,-
  • Sayur asam 1 bungkus Rp. 1.000,- beli 2 bungkus jadi Rp. 2.000,-
  • Santan kara siap pakai yg kecil Rp. 1.500,-
  • Bumbu dapur Rp. 500,- (biasa isinya, sereh, daun salam, dan lengkuas)
  • Terong Rp. 1.500,- (bumbu u terong, bisa pakai sisa bumbu untuk sambal belanja kemarin)
  • Telur 2 buah Rp.1.500,-
  • Bubuk kaldu ayam (pakai sisa kemarin)
  • Total belanja Rp.9.500,-

Yuk kita buat masakan untuk hari ini.

Perkedel tahu atau gadon tahu.

Cara membuat :

  1. Hancurkan tahu, masukkan garam, bubuk kaldu, dan telur, aduk rata.
  2. Jika ada tepung terigu dan 1 buah wortel bisa ditambahkan dalam adonan (wortel sebaiknya di potong panjang kecil halus atau parut kasar).
  3. Goreng perkedel tahu dengan cara membulatkannya menggunakan 2 sendok atau masukkan 1 sendok makan adonan ke daun pisang (buat seperti gadon), kukus hingga matang.

Sayur Lodeh

Cara membuat:

  1. Bersihkan semua sayur, pisahkan sesuai dengan keras atau lunaknya sayur.
  2. Haluskan bawang merah 3 siung, bawang putih 2 siung, 4 buah kemiri dan 1 sdt penuh udang rebon. Tumis hingga harum, sisihkan.
  3. Geprek 1 batang serai dan cuci bersih 4 helai daun salam, sisihkan
  4. Rebus melinjo bersama air secukupnya hingga mendidih, masukkan labu siang yg dipotong kecil dan jagung manis, rebus hingga setengah matang, masukkan kacang panjang, garam & gula pasir secukupnya dan bumbu halus yg telah ditumis, sereh dan daun salam. Rebus hingga kacang panjang matang. Terakhir masukkan daun kol, daun melinjo dan santan, kecilkan api dan aduk-aduk sayur jangan sampai santan pecah. Siap dihidangkan.

Terong masak pedas

Cara membuat:

  1. Bersihkan terong, potong menjadi 4 bagian setiap satu buah terong.
  2. Haluskan, 10 buah cabe merah,2 siung bawang putih, 3 siung bawang merahdan 2 buah tomat ukuran kecil , sisihkan.
  3. Geprek 1 ruas jari lengkuas , sisihkan.
  4. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan terong, tambahkan 300 cc air, garam + gula halus + bubuk kaldu ayam secukupnya, aduk rata. Masukkan lengkuas dan daun salam. Masak hingga air asat dan terong matang. Siap dihidangkan.
  • Masakan yg kita buat untuk keluarga kecil yang terdiri dari Ayah, Ibu, 2 anak . Jika anggota keluarga lebih banyak, sebaiknya tambahkan sayurnya, misalnya : sayur lodeh tadi kita tambahkan lagi labu siam, daun kol yg harganya relatif murah. Atau kita tambahkan terong pada sambal terong.
  • Harga bahan-bahan yang kita belanja tadi tidak disemua tempat sama ya? Itu asumsi yang aku buat jika aku belanja di tukang sayur yang selalu menghampiri setiap hari. Jika kita punya dana yg memadai dengan belanja sekaligus untuk 4 hari dipasar tradisional atau di pasar induk, harga yg didapat tentu saja lebih murah .

Selamat mencoba.

About these ads

Posted on 28 Januari 2008, in Keluarga, Makanan Tradisional, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 116 Komentar.

  1. tolong dong…..saya lagi belajar masak,tapi masih banyak resep masakan yg susah. apa bisa kasi tau resep masakan lain yg gampang buat para pemula seperti sya ini? thanks

    • ada tapi anda ini nma masaknnya masak air aja biar gampang dimana-mana gk ada yg namanya masak itu gampang hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm

  2. salam kenal mbak maya. tq dah sempatkan waktu mampir ke blog saya. saran aja ya mbak, dicoba dulu masakan yg tumis/ cah karena masakan tumis bumbu sangat minimalis, cukup bawang putih dan sedikit jahe, jika suka bisa ditambahkan minyak wijen, kecap inggris dan kecap ikan. Lauk bisa digoreng atau dikukus, untuk yg digoreng bisa pakai tepung berbumbu yg sudah jadi. aku coba berikan resep masakan praktis lagi ya untuk pemula. mudah-mudahan besok sudah tampil di blog. salam

  3. waduh saya langsung lapar selesai baca postingan ini :mrgreen:
    tapi jadi dapet info bagus2..

    eia salam kenal, sekalian blognya saya blogroll bolehkah?

  4. salam kenal kembali tuk kabarihari, silahkan jika berkenan untuk dimasukkan ke blogroll. silahkan dicoba resepnya, salam untuk keluarga.

  5. assalammualaikum

    saya sedang membuat tulisan berisi resep masakan untuk menyiasati “tanggal tua” numpang copas di blog saya :)

    wassalamualaikum

  6. halo mba, pertama liat blog nc q sneng bngetz byk resepna yg enak2,tp sayng saya gk bs yoba smua, saya minta resep yg murah dong… yg gk terlalu byak bhn, h3…. ma’lum nak kost,,. tolong ya mba,makash byak.. (^-^)

  7. halo fahrur, salam kenal. wah aq juga lama loh menyandang predikat anak kos hampir 7 tahun. dulu aq paling sering masak

    telur mata sapi di balado, itupun bumbu baladonya nggak diulek cukup bawang putih dan bawang merah diiris ditumis terus diberi air sedikit, diberi saus sambal 1 sdm, gula psir, royko dan garam.

    untuk sayurnya paling simple tumis kangkung, bawang putih dan merah ditumis, masukkan irisan tomat, masukkan kangkung, setelah layu baru beri garam, gula pasir dan royko secukunya. nah selesai sdh untuk makan siang.
    atau bening bayang jagung manis. disihkan air, beri irisan bawang merah bawang putih, tomat. jagung di sisir hingga butirannya saja, masukkan, masak hingga jagung matang, ,asukkan bayam, masak sebentar angkat.

    Dan yg paling sering juga dimasak adalah mie siram, didihkan air, rebus mie tiriskan, panaskan minyak, masukkan 1 butir telur yg sudah di kocok rata, acak hingga berbentuk butiran, masukkan bawang merah dan bawang putih, masak hingga bawang matang, masukkan bakso, wortel yg dipotong tipis, kembang kol, aduk rata, beri air didhkan, masukkan sawi hijau , beri garam, royko, sedikit gula pasir dan merica, masak sebentar, panas -panas tuangkan ke mie yg telah direbus.

    met coba ya, salam

  8. hmmm…murah jg y bhn2nya
    tp q lbh ska resep yg setngah kue tp msh berbau bumbu.spt:pastel tutup, macaroni scootel,dkk.
    ada yg bs ksih aq resep kreasi br yg sjenis diatas?
    bls dunk d laurensia_dina@yahoo.com
    d tggu y….
    thnx

  9. sdkit tambhan, sbenernya aq pnya ide soal mcm2 mskan yg umum tp MUNGKIN bs jd istimewa,
    cth:_Mie Rawon ; Mie Soto: Mie sayur lodeh,dsb.
    ato sambel Tumpang tp dikresi jd lbh padat n dibumbu merah pedas…
    Emang aneh y kdengarannya, nah dstu apa ada yg bsa ksh msukan gm kolaborasi bumbunya biar cocok d lidah?
    sp tau aq bs bk rmh mkn dgn menu istimewa…
    he…he…
    bls d laurensia_dina@yahoo.com

  10. bu, terus terang walau saya belum menikah tp saya uingin belajar tentang masakan keluarga.apalagi yang masaknya cepat dan mudah.
    bisa khan kita jd sahabat, sekalian mau minta di belajari masak. karena saya tidak bisa masak.
    klo diterima, email ke ans ya bu!
    trimakasih

  11. halo ans senang sekali mendengar keinginannya. Saat ini memasak bukan hal yg sulit lagi, segala macam bumbu dari yg modern sampai yg tradisional sdh tersedia di swalayan, bahkan ada swalayan yg sdh meracik sayurnya juga, misal sup bakso, sayur lodeh, sayur asam, cap cay. senang sekali bisa bersahabat dgn ans. salam

  12. Ass Wbr.Sekedar mau ksh tambahan sj mdh2 an bermnfaat. Kalau goreng ikan jgn terlalu lama nant nutrisinya hilang, minimal 5 mnit, jd panaskan dulu mnyknya, stlah benar2 panas br goreng ikannya. Dan kalo dipanggang/dibakar baik ikan/daging jg jgn sampai kulitnya kehitaman atau terlalu masak. Krn daging/kulit luar yg kehitamannya itulah yng justru bisa mnyebbkan kanker, jd ckp msknya stngh matang sj. Wallahu A’alam bhisab. Wass Wbr

  13. waduh keren banget resep2 praktisnya,tambah lg dunk resep2nya please

  14. halo mbak csulistiawati, salam kenal dan terima kasih atas infonya. salam

  15. halo mbak missi, makasih dah mampir ya, mudah2an dalam waktu dekat aku akan posting aneka resep masakan ala rumahan lagi ya, salam

  16. wahhhh…….tambah lagi donk resepnya?

  17. saya hobi sekali masak…,tapi masih banyak resep masakan yang saya tidak tau.,,

  18. Ass mbak, salam kenal
    Baca-baca resepnya… kayaknya asik banget.
    saya emang lagi nyari yang praktis.
    Trims mbak insayaallah saya mau coba.

  19. Asl, Asik juga resepnya.saya sangat terbantu sekali dalam mengatur keuangan dan menu masak saya setiap hari jadi berbeda-beda, suami makin sayang deh. kalau ada info tentang menu bubur bayi tlong kabariya? soalnya bayi saya sekarang susah makan nya padahal baru 8 bulan. salam kenal

  20. mbak misnie, salam kenal, makasih udah mampir ya, silahkan di coba semoga senang

  21. halo mbak zifa, pa kabar. Alhamdulillah jika demikian. Oh ya ada beberapa literatur yg saya punya u makanan bayi, nanti aku posting ya. salam untuk si kecil.

  22. Wah, bs hemat nih. Mbak, dah 2 taon nikah tapi masih blom bisa masak. Aq mungkin bisa bljr sama mbak. mbak boleh saya minta resep2 masakan nya?
    Biar suami betah makan dirumah. Hehehe….. tolong ya, mbak?

    O, ya. Klo boleh sekalian resep masakan bayi & bulan susah makan. Bayi ku male kali makan nya.

    Aq tunggu e-mail nya. devia615@yahoo.co.id

    Mkasih bayak sebelumnya.

  23. Halo ummi Nawfal, salam kenal, iya ummi sebagai istri PNS mesti menyiasati gaji suami bisa sampai gajian berikutnya hehehehe.

    Hal yang sama ummi, 2 anakku waktu kecil susah makan, hampir putus asa aku dibuatnya. dalam satu hari bisa ganti menu 4 kali, jika ummi ada waktu bisa baca cerita aku tentang anakku susah makan.

    Insa Allah dalam waktu dekat aku posting resep untuk anak-anak balita sesuai pengalaman aku aja ya. salam

  24. Tx banget buat ide masakannya… Berguna sekali buat saya yang baru mulai belajar memasak.apalagi dengan biaya yang bisa di irit, pas untuk saya yang baru mulai juga dalam belajar menjadi akuntan keluarga.. Pokoknya top dech… An salam kenal ya mbak…

    • halo mbak yunika, makasih sdh berkenan mampir, salam kenal kembali dan senang jika tulisan saya bisa bermanfaat. salam kuliner

  25. tx berat ya buat resep2 nya. jadi ada tambahan menu buat bekal makan siang suami. kalo bisa, ada resep khusus untuk bekal makan siang. tx

    • halo mbak feiby, maksih sudah mampir ke blog aku ya, insa Allah mbak, aku akan posting menu yg biasa aku bawakan untuk suami ke kantor dan anak-anak ke sekolah. salam kuliner

  26. setuju mba, makanan yg sehat tidak hanya diperoleh dari bahan pangan yg mahal…

    salam kenal yah mba…

    ditunggu kunjungannya…

  27. resepnya praktis dan gampang dipraktekkan,thx

  28. Salam Kenal nte dep

  29. salam kenal, tlg diinfo resep praktis buat bekal disiang hari dunk sekalian resep yang tanpa di goreng maklum saya punya sakit maag yang gak ngebolehin makan goreng2an berlebihan. Makacih…

  30. Salam kenal mba, resepnya banyak sekali, dan bahan2nya mudah didapat. Sy lg belajar masak niy, ijin tuk copas bolehkah…?

  31. Manteb ni mbak,aku coba d rumah ah…salam pershbtan yah

  32. Halo mba, salam kenal ya..
    Saya juga termasuk ibu rumah tangga yang tidak bisa memasak.
    Suami saya senang sekali seafood.
    Kalau boleh saya minta resep masakan seafood yang praktis, hehe..
    Terimakasih lo sebelumnya. :)
    Salam

    Lulia

  33. mba,,,,,,,,,,,gimana kalo bikin menu prktis dalam seminggu..kayanya ok..jg tuhhh.
    oh iya sy kan kerja…yg hrs kita stock di kulkas apa ya mba?

    • halo mbak bella, salam kenal dan makasih udah mampir. oke mbak aku punya stock menu makanan seminggu nanti aku posting ya.
      untuk ibu kerja seperti aku dulu yg wajib ada di kulkas : tahu, tempe, bakso, ayam yg udah diungkep, telur, santan instan (biasanya aku pake sun kara) bumbu racik dasar yg udah siap pakai, dan untuk sayur : wortel, sawi hijau (cai sim), daun abwang seledri, tomat dan timun. selain sea food dan daging yg udah direbus lumak ya….

      misal mbak bella mau buat sarapan pagi : tahu goreng + orak arik telur +wortel+daun bawang sudah cukup.

      nah saat pulang kantor : bisa buat empal dan sup praktis. Daging yg udah empuk tadi direbus sebentar untuk ambil kaldunya saja untuk dibuat sup makaroni (makaroni+wortel+daun bawang seledri), sementara daging dipukul2 sedikit, rendam dengan bumbu dasar dan digoreng…

      selamat memasak mbak, semoga sesuai harapan…..

  34. ya nie mbak…kalo praktis2 begini aku paling suka…..

  35. Hai, mbak….
    salam kenal………

    menunya memang praktis dan kayaknya enak, nih. Dan yang terpenting, menginspirasi.

  36. wah asyik – asyik juga resepnya ya, kbtulan aku jga gek memperbanyak pengetahuan di bidang masak memasak nich,,,,,,,,,,,,

  37. Salam kenal ….. bagus nih bisa untuk tambah referensi kala bingung menu harian….mampir ya….

  38. Masakan apa yaa yang kira2 cocok untuk ibu hamil muda dan sibuk seperti saya,sedangkan suami saya juga tidak mau kalau makan makanan yang tidak berasa atau rasanya hanya gurih atau malah manis??sedangkan saya juga harus sibuk menangani masalah pekerjaan,juga harus menyiapkan makanan untuk suami saya??kalau ada resep yang praktis namun cocok untuk ibu hamil dan juga buat keluarga.makasih yaa…

    • halo mbak asza, makasih udha mampir si blog ini ya. Saat aku hamil muda rasanya semua makanan nggak enak, bau nasi saja nggak tahan, tapi motivasi bahwa yg kita makan bukan untuk kita saja tapi untuk bayi kita juga membuat aku harus makan yg bergizi dan tentu saja masakan rumahlah yg bisa full akan gizi. masakan yang simple saja mbak, aku psoting ya, supaya teman-teman bisa baca juga.

  39. assalamualaikum……

    baru buka nie….. kok ada resep enak…

  40. minta resep makanan untuk bayi ada bu… baru punya anak pertama nie… masih bingung…

    jazakillah…

  41. hihi jadi lapaaar…
    seneng deh liat blognya
    masak yok masak….

  42. Assalam mualaikum..

    duh..thanks bener nih atas resepnya, senenggg baunaget muarh and lezat..apalagi resep sayur lodehnya….
    sekali lagi Terimakasih.

    Wassalam

  43. wah ada resep yang bisa disuruh buatin ibux..
    makasih infonya yah…
    ntar saya akan berkunjung lagi

  44. suka banget sama tulisannya… paling iri sama orang pinter masak… habis aku suka masak tapi gak bisa masak… :-)
    aku copy resepnya ya mbak… buat masakin suamiku… dia paling seneng masakan rumahan gini… :-)

  45. suka banget sama tulisannya… paling iri sama orang pinter masak… habis aku suka makan tapi gak bisa masak… :-)
    aku copy resepnya ya mbak… buat masakin suamiku… dia paling seneng masakan rumahan gini… :-)

  46. tambahi lagi masakannya…………..
    ok

    :D

  47. thx, ilmunya,,,,
    salam kenal

  48. sami sami, salam kenal kembali

  49. ass.wr.wb
    terima kasih atas ilmu resep2 masakannya yg sngt bermanfaat utk sbg pemula.apalgi spt yg bru berumah tngga (young couple),hehe…bawaanny mau masak terus spy mnyenangkn suami…trimakasih y mbak atas resep2ny..kalo bisa ditungkan lg ksni ilmu2 cemerlangnya br bsa jd bahan masakan.

  50. fiter datubara fiter

    ciptakan dong resep babi penyet<

    wkwkwkwkkwkw :)
    becannndaaa nya jelexxxxxxxxxxxx

  51. wah h bgus bgt,mxsh mba . .kbetulan si mamah d luar trus kdang2 pngen masak tp lo yg rbet g bsa

  52. Asswrwb.. Makasih resep2nya. Aku emg lg nyari resep yg praktis dan hemat. Maklum suami krja mpe sore, aq sndr ma anak yg msh 1thn. Gak mau ditinggal masak..repot klo msak yg lama n susah. Ditunggu resep praktis yg lain. Kalo bisa resep bwt anak setahun yaa. Biar bisa bwt dedek juga

    • waalaikum salam , terima kasih bunda zuhra sdh berkenan mmapir ke blog aq, alhamdulillah jika berkenan dengan resep aku, u dedek aku posting ya .salam

  53. pas bgtz dengan yg saya cari,,tq good,,,

  54. Wah… Blog x mantab bu… Perbanyak resep anak kost ya.. Minta resep bacem yank mantab boleh???

  55. MANTAB bu blogy, ajarin masaklah, cita” pingin punya rumah makan tapi modal lum punya,….hehehee

  56. mbak gimana caranya membuat makanan sehat buat anak kost ?kan di kenal anak kost itu suka njajan sembarangan ? makasih sebelumnya :)

  57. Assalamu’alaykum …
    Salam kenal bu, saya Bundanya Faiz dan Zahra… terima kasih info2nya sangat membantu dalam hal masakan praktis, hemat namun bergizi…
    karena akhir2 ini saya sedang bermasalah dengan waktu, di satu sisi ingin memberikan makanan yg terbaik untuk buah hati (masih balita) dan di satu sisi ingin menemani mereka dengan waktu yang tersisa ini.. (karena saya bekerja, namun ingin memberikan segala-galanya yg terbaik buat anak). mohon dikirimkan juga klu ada info2 masakan lainnya bu ke email saya.
    Nuhun, Wassalam

  58. hallo bu, duh resepnya asik2…… bu, mw dong resep menu sarapan pagi yang simpel, praktis selain tumisan?? ada saran bu?? yang gampang2 ajah bu

    • mbak nurisa, terima kasih ya sudah berkenan mampir ke blog aku, untuk menu sarapan sudah ada beberapa postingan aku, masih dikategori masakan rumah. silahkan ya mbak

  59. salam kenal mba, saya bisa coba di rumah ni. buat suami tercinta

  60. Resep bekal untuk makan siang yang praktis

  61. kalo bisa resepnya yang lebih mudah untuk dibuat dan hemat waktu .

  62. Mbak klo ada resep lagi yang baru tolong di email ke saya yach ..
    Saya lagi belajar masak tapi yang simpel aja biar ga repot masaknya
    Thanx ya

  63. mba bleh g minta resep kue atau balu yang praktis, mksh oya salam kenal ya mb

  64. Asssikk….resep2nya gampang dan praktis,dan yg paling penting,muraah…jd punya kiat untuk memanage uang belanja…
    Makasih y…..
    Pasti dicoba resep2nya…

  65. Keren.ada yang lebih praktis ga?

  66. suiiip resepnya cepat murah dan praktis. tiap pagi ndak usah keburu berangkat kerja.

  67. tulis resep lain nya y???^_^

  68. ada resep yang praktis,murah dan bisa untuk dijadikan bekal ke kantor g?

  69. curhatnya yg seru..

  70. wah aku siih hoby nya makanan pastry bkn ini kaliiii

  71. tolong dong resep yang baru,,,, law gini sich sulit banget cari yang gampang dong dan gak ribet kayak gini,,,,,,,,,,,jadi ruwet deh masakan gue??????????????????????

  72. sieni sugiarti

    Murah meriah, gampang dan so pasti bergizi. Bikin gak sabar pengen cepet2 nyoba. Btw, terimaksih ya resep2 nya…

  73. keren bgt,,trimakasih y informasinya

  74. Assalamuallaikum Mbak. Mbak maaf sebelumnya, Kalau masakan buat Menu Diet kira-kira ada Masakan apa ya Mbak? :) Terimakasih Mbak :)

    • maaf mbak, dari buku yang aku baca untuk diet sebaiknya masakan tidak digoreng, lebih baik dikukus dan direbus. Kurangi porsi karbohidrat, perbanyak sayur dan buah. Bisa lihat makanan diet sehat web milik pak Harry Apriadji atau Budi sutomo salam

  75. mau coba soalny bahannya nyarinya ga susah semua ada di pasar tradisional yang murah meriah………….:)

    • terima kasih sdh berkenan mampir ke blog aku, silahkan dicoba semoga sesuai harapan, salam kuliner

      Desi Hartanto defidi.web.id – defidi.wordpress.com FB: tinyurl.com/defidi

  76. Terima kasih resepnya….perlu dicoba dulu….:lol:

  77. saya coba baca baca dan ternyata cukup menggoda lidah juga nih mas :)

  78. hmm perlu dicoba juga masaknya

    mampir juga ke blog resep saya Resep Neti

  79. ya makasih atas resepnya

  1. Ping-balik: Menu makan malam praktis « Sajian Defidi

  2. Ping-balik: Blog Pribadi Hafez Ottobi

  3. Ping-balik: Resep masakan halal, sehat dan murah! | JUAL MAKANAN SEHAT BEKASI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 385 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: