Yang kutahu tentang brownies


Cerita ini untuk sahabatku mbak Nita dan sahabat yang lain, semoga dapat bermanfaat. (resep ada dibagian akhir ya)

Mengenai brownies, saat ini banyak sekali versi cara membuatnya, yang tentu saja menentukan hasil akhirnya. Banyak sekali literature yang aku baca mengenai brownies, baik melalui buku resep, internet, majalah, koran sampai bertanya langsung dengan pakar kue pada saat ada demo masak.

Dan jawaban yang diterima pun hampir sama, brownies apa yang kita inginkan? karena sudah banyak sekali inovasi brownies. Pada dasarnya, brownies  seperti cake bantat yg padat dan agak kering dengan rasa coklat penih, karena memang cara pembuatan dan bahannya membuat brownies tidak mengembang seperti cake coklat biasa.

Pada beberapa resep, dalam pembuatan brownies tidak memakai  mixer sama sekali, namun hanya menggunakan pengaduk seperti spiral, hasil akhir akan padat dan kering, katanya inilah brownies yg klasik, brownies yang sebenarnya.

Namun perkembangan dunia kuliner  selalu mengikuti tren pasar , dimana permintaan pembeli merupakan hal utama yg menjadikan produsen harus menyesuaikan diri, pesaing yg semakin banyak membuat produsen harus selalu berfikir dan berfikir terus bagaimana bisa terus bersaing dalam bisnis brownies ini. Banyak sekali produsen yg terpaksa tutup usahanya karena tidak mampu bersaing.

Saat ini sebagian besar pembeli, terutama menengah dan menengah ke bawah yg lebih berpatokan pada harga murah daripada kualitas karena keinginan untuk membeli masih besar sementara kemampuan menurun karena harga 2 kebutuhan pokok lainnya yg terus meningkat, pelaku pasar sendiri bingung dengan situasi seperti ini.

Kalo aku perhatikan pembeli lebih memilih brownies yg terlihat besar dengan harga relative murah.   jadinya kesan brownies sdh seperti cake coklat saja karena dalam pembuatannya bahan dikocok seperti cake biasa, juga ditambahkan bahan pengembang dna pelembut kue dalam jumlah sedikit, hasil akhir brownies cukup mengembang tidak terlalu bantat, tektur halus, dan agak basah.

Jika kita lihat di berbagai toko kue hampir sebagian besar brownies yg dijual adalah brownies yg sudah dimodifikasi, itupun pembeli masih juga membanding-kan mencari yg ukurannya terlihat lebih besar.

Pernah aku jalan ke salah satu toko kue yang menjual brownies ukuran besar 10×30 dengan harga hanya 17.500 saja, itu sudah toko yg jual berarti harga produsen  pasti lebih murah kan, mungkin 14-15 ribu. Aku beli 1 dan setelah dimakan rasanya cukup oke juga ya jangan ditanya kalo bilang , gimana rasanya dengan yang harganya 35-40 ribu per Loyang ukuran 10×30, jelas beda dunk namanya bahan kue ada rasa ada harga. Tapi untuk sekedar cemilan yang  masih cukuplah.

Aku berfikir bahan apa yg digunakan ya, penasaran, aku segera ke toko bahan kue yg sangat kompletlah untuk di bogor…setelah lihat sana dan sini dan hitung sana dan sini. Akhirnya aku bisa menarik kesimpulan dgn harga segitu produsen sudah untung lumayan loh apalagi jika penjualan dalam jumlah yg besar.

Ternyata banyak sekali sekarang dijual bahan pengganti : seperti coklat bubuk ada yg 1 kg hanya 10 ribu, kemudian coklat baking ada yg 1 kg 12 ribu, terigu jika beli yg satu bal 25 kg jatuhnya per kilo Rp.6.500, untuk warna yg pekat bisa ditambah pasta coklat dan penggunakan gula bisa dikombinasi antara gula pasir dan pemanis buatan kemudian margarine ada yg jatuhnya per kg hanya Rp.11 ribu jika beli dalam jumlah banyak, dan bisa mempergunakan minyak sayur sebagai pengganti margarine, biaya akan lebih murah lagi, tinggal ditambahkan sedikit garam supaya menimbulkan rasa gurih seperti margarine.

Nah teman-teman jika kita ingin memulai usaha brownies jadi tinggal tentukan, sekmen pasar mana yang kita bidik, menengah ke atas dengan rasa dan kwalitas baik sekali, atau sekmen pasar menengah dengan rasa dan kwalitas cukup baik atau sekmen pasar menengah ke bawah dengan rasa dan kwalitas cukup saja.

Untuk resep brownies hampir  di semua literature sama, terdiri dari telur, terigu, gula, bubuk coklat, coklat baking, margarine/minyak kecuali yg dimodifikasi 2 rasa ada tambahan keju.

Ini salah satu resep yang biasa aku gunakan untuk membuat brownies modifikasi.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 5 butir telur ukuran besar/6 butir untuk ukuran kecil
  • ½ sdt SP
  • 150 gr gula pasir
  • 50 gr coklat bubuk kwalitas bagus ( bisa dari tulip, van houtan, widmolen dll)
  • 150 gr tepung terigu protein sedang atau rendah.
  • 150 gr coklat baking ( bisa dari tulip, colata, elmer, mercolate, Cadbury, dll)
  • 100 gr margarine ( bisa blue band, palmia special, anchor, baxer mix, dll)
  • 50 gr kacang almont untuk taburan
  • Chocolate chip yg berbentuk kerucut  (saat ini ada berbagai warna dan rasa) untuk taburan

Cara membuat :

  • Potong kecil2 coklat baking sisihkan. Lelehkan margarine, masukkan potongan coklat baking ( gunakan api kecil supaya hasil leleh margarine dan coklat sempurna tdk menggumpal.
  • Campur coklat bubuk dan tepung terigu, ayak .
  • Kocok telur, sp, dan gula pasir hingga gula larut dan adonan cukup mengembang dan kental.
  • Masukkan campuran tepung terigu secara bertahap, aduk hingga rata.
  • Jika warna brownies ingin lebih pekat bisa tambahkan 1 sdt penuh pasta BF dari wilton.
  • Masukkan campuran coklat leleh, aduk rata.
  • Oven dengan suhu 170 derajat celcius sampai mengembang dan agak keras, tarik sebentar dari oven dan  taburkan coklat chip dan kacang almont diatasnya, oven hingga matang.

Selamat mencoba,s emoga sesuai harapan

Iklan

Posted on 19 Januari 2010, in Aneka Roti, Aneka Tips, Bisnis boga, Blogroll, Cake, Cerita-cerita, Keluarga, Komunitas. Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. makasih mbak buat tulisan&resepnya… aku mo coba, selama ini blm pernah pake gula pasir & coklat bubuk…..

  2. Thanks mba, infonya berguna banget.

  3. lam kenal ya mbak? sorry ni mbak nanya dikit boleh khaaaaaaaaan? tuk bahan browniesnya dark coklatnya dilelehkan satu wadah sama bluebandnya atau dipisah???? thanks.

    • slam kenal kembali mbak, makasih udah berkenan mampir ke blog aku ya.
      iya mbak, jadi satu, lelehkan dulu mentega, masukkan coklat, aduk perlahan sampai tercampur rata.

  4. ASS.
    Mksh resepnx…..Sy bru mulai bikin ush bikin brownies tuk dititip d toko2. Tp sy mo bikin 2 type: tuk kalangan menengah ke bwh & menengah atas. Bisa bagi resepnya dunk. Ths B4. Wass

  5. maaf mba cuma mo nanya yg pake bahan alkohol 30%– yg mana ya mba brownis ato black fores

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: