Variasi Black Forest Ekonomis

Variasi Black ForestSatu lagi dari Mayora………………………

Kembali mendapat pesanan black forest. Benar adanya kata-kata Rezeki sudah ada yang mengatur, kita tidak tahu kapan datangnya, kapan hilangnya, yang bisa kita lakukan adalah berusaha mendapatkan rezeki itu dan selalu berdoa semoga Sang Empunya Rezeki senantisa memberikan Rezeki yang membawa berkah bagi kita. Amien.

Siang itu pulang dari rapat di sekolah, aku mampir ke Yogya swalayan. Karena memang tidak ada rencana beli bahan2 dapur, aku melangkah ke bagian alat rumah tangga. Wow, ada produk plastik bagus sedang diskon 50% dan aku lihat beberapa ibu2 sudah berkumpul, lihat sana-lihat sini akhirnya memegang termos air minum, piring-piring plastik dan tempat makan anak. Tiba-tiba ada seorang ibu menegur” Bu, kira-kira tahan tidak ya, soalnya saya beberapa kali beli plastik seperti ini tidak tahan, sebentar pecah, sebentar bocor, wah rongsokannya numpuk tuh dirumah ‘ karena mengalami hal yg sama akhirnya obrolan jadi melebar, dan tanpa disangka ternyata putranya satu sekolah dengan Alta tapi beda kelas, Alta kelas 4 dan putranya kelas 5.

Obrolan makin seru, barang palstik tadi terlupakan, hingga satu titik dia tanya untuk apa aku beli piring2 plastik sebanyak itu, aku bilang sekarang aku mengelola sebuah kantin disalah satu departemen pemerintah, dan akhirnya cerita bisnis kecil-kecilan aku, bahwa aku juga buat kue dan catering. Dia langsung pingin pesan Black Forest yang biasa saja karena keluarganya sangat suka Black Forest, disepakati black forest aku buat besok dan akan aku antar sendiri ke rumahnya sekalian silaturahim.

Alhamdulillah, sdh ke-3 kali ini pesan black forest ke aku. Subhanallah, begitu indahnya rezeki yang dikirimkan, selain aku dapat materinya aku juga dapat teman dan ini salah satu pembentukan jaringan yang bagus, promosi dari mulut ke mulut biasanya lebih cepat sampai dibandingkan media lain.

Aku pernah membaca tips dari salah satu pengusaha besar bahwa untuk menjadi sales yang baik mesti berani menawarkan dagangan kita ke siapapun dan dalam kesempatan apapun, tetapi tetap kita harus saring tawaran yang diberikan kepada kita.

Untuk semua teman-teman yang sudah bersedia mampir ke blog aku, semoga resep ini bisa bermanfaat, kali ini resep cakenya tidak jauh berbeda dengan resep black forest ekonomis, tetap aku jual dengan harga ekonomis cukup dengan Rp.75.000,- sudah mendapatkan black forest yang enak dan cantik.

Bahan yang diperlukan :

  • 7 butir telur ukuran besar
  • 50 gr coklat bubuk kwalitas biasa
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 150 gr gula pasir
  • 1 sdm peres SP
  • 50 cc air putih
  • 1 sdm penuh susu bubuk full cream
  • 1 sdm pasta Black forest dari wilton
  • 125 gr margarine (dilelehkan)

Bahan dekorasi

  • Butter Cream
  • Dark Chocolate

Cara membuat :

  • Campur semua bahan kering, aduk rata.
  • Masukkan telur, sp, dan air mixer dengan kecepatan tinggi, hingga adonan mengembang dan kental.
  • Masukkan margarine leleh, aduk rata.
  • Oven dengan api atas bawah, dengan suhu 170 derajat celcius +/-45 menit atau hingga amtang.
  • Setelah matang, keluarkan adonan dari dalam oven, dinginkan.

Butter Cream

  • 150 gr mentega putih
  • 50 gr margarine
  • 150 gr gula halus
  • 3 sdm susu kental manis
  • ½ sdt vanili bubuk
  • 100 gr DCC, cairkan

Cara membuat :

  • Mixer mentega putih, margarine, gula halus hingga lembut.
  • Masukkan vanili, susu kental manis dan DCC cair, mixer kembali hingga rata.
  • Cream siap digunakan.

Simple syrup : seperti biasa (bisa dilihat di resep Black Forest ekonomis)

Penyelesaian :

  • Belah dua cake , sisihkan satu bagian.
  • Bagian bawah beri simple syrup dan butter cream, tumpuk dengan bagian lain, tetapi bagian lain tersebut di balik terlebih dahulu karena biasanya bagian atas tidak terlalu rata.
  • Beri kembali simple sirup dan butter cream ratakan semua bagian dengan butter cream.
  • Hias dengan Dark Cooking Chocolate (DCC).
Posted on 28 Maret 2008, in Bisnis boga, Cake, Cerita-cerita, Dekorasi Kue, Keluarga and tagged . Bookmark the permalink. 57 Komentar.

  1. #(dibayar berapa sama Mayora,..hehehe…)dasar ibu-2, barang plastik dah banyak di rmh masih aja tergiur discount..!
    #Itu dia Des,..aku masih malu tuk menjajakan dagangan ku,..maka akhirnya jd agak-2 tersendat nii,..
    #75 rb dgn ukuran brp neng..
    #salam tuk mama alamat buWahyu blm ak dpt coz sdr nya itu susah ditemui,..but msh aku usahakan ktnya anaknya bu Muhayat punya almtnya. (salam jg dr dia tuk kel des)

  2. aq jadi pingin pesan juga nih, ngiler nglihatnya. tapi gak mungkin ya kayaknya karena aq jauh banget, nanti saya coba2 buat deh. Kapan2 kalo aq cuti dan ada kesempatan aq mampir ke rumah mbak defidi ya..

  3. halo mbak Emma, he he he iya mbak mama jg dah komplain rumah dah penuh ama barang plastik, tapi kalo lg ikut bazar ya berguna sekali, namanya emak2 nggak tahan liat barang discount apalagi yg kualitas bagus he he he

    BF diatas ukuran loyang 22 x 22
    ayo mbak maju terus kan sebelum aku dagang aja mbak dah jualan, masih loh baju yg aku beli dari mbak, kalo aku bilang jualan makanan lebih enak jarang yang kredit he he he

    awalnya setiap saudara atau teman ultah atau ada acara sengaja aku buatkan kue untuk kadonya, aku tunggu komentar mereka, kalo mereka bilang enak rasanya seneng sekali, tapi kalo mereka bilang kurang enak aku tanya apa yg kurang biar aku bisa perbaiki, kalo yg komplain saudara atau teman biasanya nggak nyakitin amat jadi nggak gitu down, kalo pembeli pas ketemu yg jutek, abis deh, tapi ya cuek bebek ajalah, positif thinking aja, manusia kan nggak pernah puas jadi sesempurna apapun kita berusaha ya tetap aja ada kurangnya, selagi nilai keberhasilan lebih tinggi persentasenya dari kegagalan ya aku anggap berhasil, he he he
    nah promosi dari mulut ke mulut ternyata efektif sekali, dari kakak teman yg married pesan catering ke aku, adiknya married juga pesan ke aku sampe omanya ulang tahun juga pesan ke aku, berapa generasi tuh. Nah kemarin mereka dah punya anak rencana mau sunatan juga mau pesan catering, Alhamdulillah

    selamat berjualan, hidup ibu2 yg penuh kreatifitas. salam

  4. aww. Halo mbak qutilang pa kabar, isi blognya mbak makin oke, aku suka mampir loh.
    Mbak tinggal dimana, kalo Jakarta seputarnya jangan khawatir, aku bisa titipkan ke kantor suami di Jl. Thamrin, atao janjian aja, aku suka juga ke Jakarta, jalan2 ke toko bahan kue ato ke Pasar Pagi liat barang2 catering.
    Mau dicoba silahkan sekali mbak, kalo agak ribet untuk buat creamnya, beli biobianca dari Zelandia aja, cukup diberi air es/susu cair dingin cream lezat siap dipakai, ada ukuran kecil untuk sekali pakai, tapi cakenya mesti dimasukkan kulkas nggak tahan panas, kalo cream yg aku buat sesuai resep diatas tanpa di kulkas oke aja.
    Selamat mencoba.

  5. Assalamu’alaikum mbak def….

    apa kabar…

    boleh juga nih…disaat harga2 naik begini..masih jualan kek 75.000 22×22

    salut deh buat mbaj def. biar semua orang bisa ngerasain BF ya meskipun tanpa blueberry filling….he..he..

    sukses terus

  6. Aww. Halo mbak Niek. kabar aq baik selalu, moga mbak jg sehat selalu ya.
    he he he namanya bakul kue mbak, sekarang terima pesanan harga berapa aja tapi aku kasih gambaran dulu jadi kuenya seperti apa biar sama-sama puas, mau pasang brosur dengan harga tertentu khawatir malah nggak ada yg pesen, bukannya pada nggak suka kue lagi tapi budget kue beralih ke makanan pokok dulu, he he he itu hasil survey aku di pasar loh.
    Ayo mbak dicobain, BF ekonomis, masih tetep oke koq walau nggak pake Black cerry en rum.
    salam

  7. Mudah2an suatu saat ada kesempatan untuk bisa ketemuan ya.. jarak kita cukup jauh walo masih satu indo,harus nyebrang dulu.

  8. mbak, apa kabar ???, harga2 sedang meroket gini apa masih bisa jual bf 75 ribu…….., ??, salam erna

  9. Halo mba’e pa kabar, moga sehat selalu ya. Nah tu dia mbak, bakul kue pusingggggggg, tapi jualan mesti jalan terus kan, bahan baku BF yg mahal kita suruh istirahat aja dulu, so BF tetap bisa kebuat tanpa dia. Black cerry kalengan ga pake, rum nggak pake, coklat bubuk pake yg merk ABC aja nggak usah pake yg bdrop + Pasta, margarine pake yang simas aja nggak usah pake mentega wisman, pa lagi ya? kalo ikutin resep yg aku buat, mudah2an masih ada bati-nya dikit lah. Kasihan pencinta BF masih pingin makan BF terus tapi dana mesti bagi2 ama yg lain, jadi aku buat BF yg ekonomis. Cobain ya mbak, lagi rame tuh pesanan BF ekonomis, bisa dijadikan kue potong hias juga resep itu. salam

  10. halo m’qutilang, pa kabar? sehat aja kan. kalo lagi maen ke arah bogor, halo halo aku ya. tq.salam

  11. Fenina & Vanessa's Mom

    Salam kenal,

    Saya salut dengan usaha mbak yang bisa berkembang lewat media dari ke mulut…
    nggak beda jauh dengan saya mbak, bedanya hanya pada produk dagangan saja.
    dan satu lagi yang saya ketinggalan jauh dari mbak, saya belum punya situs web seperti mbak..
    pernah coba buat di wordpress tapi untuk nampilin foto saya tidak bisa.
    bisa diberi tahu cara-caranya mbak ??
    Mohon maaf kalo sudah menyusahkan.
    mudah2an kita bisa jalin silaturahmi mulai detik ini. Thx.
    Salam manis.

  12. Halo momy fenina & Vanessa, duh manis-manis nama putrinya, duh mbak aq masih bakul kue biasa, masih terus belajar dan belajar. Untuk tampilkan foto aq japri aja ya ke email mbak. salam

  13. Fenina & Vanessa's Mom

    Terima kasih mbak, dengan senang hati.
    Mudah2an Rejekinya makin dibukakan dengan berdagang kue. Ohya kita belum kenalan secara pribadi ya mbak, nama saya Yunita ibu dari Fenina 7th & Vanessa 1.9th, selain kerja kantoran saya juga berdagang kecil2an dengan membuat baju limited desain. Maklumlah belum terkumpul modal. Saya ingin mencontoh dari usaha mbak yang pelan tapi pasti. Comunication must go on ya mbak.

  14. duh pasti putri mbak yunita bangga sekali ya diberi ibu yang kreatif, mbak jika berkenan silakan usaha mbak dimasukkan ke zona iklan di blog aq, mudah-mudahan bisa menjadi media yg baik untuk promosi. Iya mbak aq juga dulu waktu masih jadi orng kantoran juga nyambi jualan, aq bawa kue2 dan baju 2 ke kantor. Tapi terkadang agak nyesek kalo bayarnya mundur2 he he , tapi namanya ikhtiar ya mbak yg penting positif thinking aja. salam untuk si kecil yang cantik.salam

  15. Fenina & Vanessa's Mom

    Boleh mbak, ntar saya coba lihat zona iklan-nya.
    Ohya, kalo mbak Des sudah sempat kasih tahu saya cara tampilin foto-nya ya mbak.
    Salam juga untuk Alta dan Qila. Thx a lot.

  16. Maaf mbak, saya lagi praktek nge-link blog mbak Defidi nih,boleh ya. mudah2an berhasil.

  17. halo mbak Yunita, silahkan mbak dengan senang hati, makasih dah bersedia link blog aku. salam

  18. Halo Mbak, aku baru nemu blog ini, mau nanya , emang beneran tepungnya langsung dikocok dengan telur? pake mixer? maaf ya baru belajar he he.. biasanya aku masukin tepungnya belakangan tanpa mixer.
    Cakenya cantik banget tuh.. semoga pesenan kuenya makin banyak ya mbak

  19. halo mbak mita, salam kenal dan makasih dah mampir.
    Iya mbak sekarang banyak sekali metode itu digunakan secara kuliner katanya metode itu disebut hardpeak.
    namun ada catatannya: mesti pake mixer yg punya kecepatan tinggi, sampai speed 5. Dan dengan bantuan SP(emulsifies) adonan cepat mengembang dan mengental.
    aku punya 3 mixer, bosch,akebono, miyako, ke-3 merk tersebut bisa dengan cara ini walaupun agak berbeda kecepatannya untuk mengembang dan mengental.
    hasil akhir, cake dengan tektstur agak padat hamun halus. selamat mencoba mbak. salam

  20. Mbak Defidi, oh gitchu ya mesti pake mixer khusus ya.. eniwei aku tetap pengen coba resep mbak tp pake metode yg biasa aja…
    Aduh mbak blog ini very inspiring deh utk seorg working mom kaya aku yg bercita2 jd FTM he he.. semoga bisa jadi ladang amal utk mbak Defidi ya.. tetap semangat ya

  21. halo mbak mita, silahkan mbak, pake cara biasa juga tetep oke koq, alhamdulillah mbak jika blog ini bisa bermanfaat. amin makasih atas supportnya. salam untuk orang2 rumah.

  22. Ass…mba’des…
    sy dah cb tuh resep black forest ekonomisnya. pake loyang kotak ukuran 22 x22 tp mba’ hasilnya agak tipis ya. trus hasilnya juga agak keras kenapa ya mba’? pdahal sy dah ikutin sesuai resep. mohon pencerahannya mba’… maklum saya masih baru banget di dunia perkuehan. mksh sblumnya.. wass

  23. oh ya lupa kita sama2 di bogor, bogornya dimn mba’? boleh donk sekali2 ketemuan pengen sharing dengan mba’ yang sudah sangat mahir dalam hal kue…..

  24. assalamualaikum wr.wb
    jangan sedih ya mbak yuni, aku juga dulu gitu mbak, tapi yakin deh, buat kue mesti sering2 coba pada akhirnya mbak akan punya resep sendiri sesuai selera kita dan mudah2an selera semua orang ya.
    kue bantat ada berbagai penyebab mbak :
    tempat mengock bahan2 mesti benar2 kering.
    kocok telur gula dan SP mual2 dgn spit rendah 1 menit saja sampai bahan tercampur rata, kemudian langsung ke spit tertinggi.
    jika adonan sdh mengembang dan kental, segera hentikan mixer karena pengocokan yg terlalu lama juga tidak baik.
    pada saat memasukkan tepung sebaiknya secara bertahap dan diaduk dengan spatula mulai dari atas ke bawah searah jarum jam.
    demikian dengan mentega waktu mencairkan cukup leleh saja mbak, jaga jangan sampai jadi seperti minyak.
    masukkan mentega juga bertahap, kalo sekaligus dan mengaduknya tidak rata maka mentega akan mengendap di bagian bawah.
    mbak, aku di talang. kedung halang. mbak. Ayo mbak main kerumah kita belajar bareng.
    salam

  25. ass wr wb,
    salam kenal mbak. Pgn tanya nih BF nya buat bulan2 skrg jadi brp hrgnya? apa msh btahan di 75rb?

  26. maaf mbak nanya lagi,
    kalo pake oven biasa gmn cara atur suhunya n api atas bawah?

  27. Assalamu’alaikum..
    mba, pasta black forest wilton bisa diganti dgn pasta coklat biasa ga? pingin nyoba…
    Alhamdulillah sekalian sdh ada tip n triknya…
    pas banget…

  28. waalaikumusalam ummu, bisa saja ummu tapi hasilnya tidak sehitam pakai pasta BF-nya wilton, kalo kita banyakin pakai pasta yg biasa rasanya agak pahit dan tetep tdk bisa sehitam pakai pasta BF, waktu itu aq ada pesanan mendadak dan pasta BE habis, aku coba pakai yg biasa hasilnya nggak maksimal ummu. salam

  29. Maaf mba..
    satu lagi…SP bisa diganti TBM ga?

  30. halo ummu, bisa ummu . lagi sibuk ya buat kue tuk hari raya?

  31. iya…
    dikonsumsi sendiri…
    Syapa tau ada yang berkunjung…dan nyicip..lalu pesen..he he..

  32. sekedar info ya…
    tetangga yang kemarin minta dibikinin nastar itu semalam cerita….”sudah habis katanya…belum lagi lebaran” Hiks…resepnya emang top….

  33. alhamdulillah, info yg ummu bawa sangat membuat aq senang sekali, ayo ummu selamat datang di dunia kuliner, kita taklukan nastar dan teman -teman ku=ker lainnya. salam

  34. Ass mbak, kreatif sekali resep kuenya. Btw, air putihnya kapan dimasukkan ke adonan kuenya. Saya baca bolak-balik, nggak ada instruksi saat kapan air dicampur. Trims bgt.

  35. halo mbak andini, makasih ya sdh bersedia mampir. air dicampurkan pada adonan ada dalam cara membuat urutan ke dua. selamat mencoba semoga sesuai harapan. salam

  36. wah,interest juga nih, kira-kira dimana kami bisa mmbelinya ? alamat & contact numbernya berapa ya bu? salam kenal, sanady,jakarta,salemba 08567692205

  37. halo sanady, salam kenal kembali, makasih sdh mampir. Aq tinggal dibogor, tepatnya di bogor utara, please pesan ke email aq aja ya
    defidi@gmail.com
    salam

  38. Assalamu’alaikum…
    Lam kenal Ibu…
    Makasih resep black forestnya.
    Pingin sich coba bikin black forestnya, tapi belum dapet pastanya nich. Disini jarang toko bahan kue yang lengkap. Ada yang bener2 lengkap tapi jauh dari rumah.

  39. waaalikumsalam bunda nisha, duh itu foto nisha ya, cantik dan lucu. Bunda, pasta bisa diganti coklat bubuk dgn mengurangi tepung terigu sejumlah coklat bubuk yg kita masukkan. sebaiknya beli coklat bubuk yg coklat banget supaya hasilnya bagus, atao pake yg biasa juga boleh bunda. salam

  40. Assalamu’alaikum…
    Bu…semisal pasta diganti coklat bubuk ga bikin pahit kan?
    saya jadi pingin ngobrol banyak sama Teteh/Mbak nich?
    tapi kapan ya bisa ketemu langsung, musti nyebrang dulu sich.

    • pagi bunda nisha, pasta diganti coklat bubuk tidak pahit koq, tapi pada dasarnya memang black forest adalah cake yg didominasi coklat bubuk, aku ganti dgn pasta karena biaya lebih ekonomis. Pemakaian coklat bubuk di BF lebih banyak dari cake coklat biasa dan sebaiknya memakai coklat bubuk dgn kwalitas tinggi untuk menghasilkan cake coklat dgn warna coklat tua hampur kehitaman. Ada juga yg mencampurkan sedikit coffe atau pasta moca untuk menhasilkan warna yg black. selamat mencoba dan semoga sesuai harapan ya bun, mau ketemu-duh senang sekali, main ke bogor yukk bawa nisha ya?

  41. wah klo liat resepnya si gampang tp buatnya susah y mbak,titin dah bkali2 nyoba bkin BF,waduh keseringan bantat, h h h …….mmang si pnasaran,coba bbgai macam cra dan tips tp tetep aj krg maksimal hasilnya.pdahal aq cinta banget sm yg namanya BF…oiya takaran margarin klw yg dilelehkan gak boleh lebih dr 150 gr y mbak.ktanya bisa bikin bantat.ktanya klo penget cakenya lebih lezat mesti pke margarin yg agak byk.apa bener tu?

  42. oiya ampek lupa,titin di aceh lo mbak….

  43. mbak aq mau nanya’.klo buat cake kok sering bantat y?pdahal adonannya ngembang bgt lo…….kaku lg. tp jdnya kok bantat,kira2 knp y?setengah kue kebawah kerasnya ya ampyuuuuuun…….kasitau donk,jd gak semangat buatnya klo gagal trus…

  44. halo mbak titin, di coba resep aku diatas deh, mudah-mudahan kuenya tidak bantat lagi. salam

  45. ass..Ibu,,senang rasanya bisa sukses bikin Black forest..kemarin aq nyoba gagal Bu..jadinya malah kaya brownies…agak bantat..kira2 kenapa ya Bu..
    Klo resepnya diaduk brati mixernya dimatikan yah???

    • halo mbak evi, kue suka bantat banyak faktor mbak, masalah di pengocokan bisa, masalah di pemanggangan bisa. Pada saat kocok telur, gula dan SP hingga mengembang dan kental saja jangan terlalu lama, masukkan terigu secara bertahap, jika ada coklat bubuk atau susu bubuk atao mazena,s ebaiknya semua kumpulan terpung itu dijadikan satu, diayak. Mengaduk adonan terigu sebaiknya memakain spatula , dengan cara menagduk dari bawah ke atah dan searah, baru terakhir masukkan margarine/mentega cair aduk asal tercampur rata saja.
      panaskan oven sesuai suhu biasanya untuk cake 170 derajat, setelah panas baru panggang kue. selamat mencoba kembali semoga sesuai harapan. salam

  46. Assalamu’alaikum..

    Terimakasih udah mau berbagi resep2 nya. Saya coba black forest sederhananya, ee… sekarang malah jadi cake andalan kalo ada yg ultah di keluarga :D.
    Udah mah berpahala berbagi resep, trus Mba pinter lagi usaha lewat kuenya.
    Semoga selalu sukses, sehat dan dapat banyak barokah dari Allah SWT.
    :)

  47. ass,seneng liat blognya.aq dah nyobain resep BFnya ok bgt pokoknya…..thanks

  48. mlekum, ibu :)
    wah, terima kasih banyak ilmunya ya, bu :D
    saya baru belajar bikin kue. dari kemaen tiap nyoba bikin kue bolu2an, pasti jadinya bantet.
    setelah baca blog ibu, saya mau coba lagi :)
    muidah2an berhasil :)

  49. Priyati Iswahyuni

    Hallo mbak Def salam kenal… saya ibu dari 4 anak… sy senang sekali mengunjungi blog-nya mbak Def… isinya sangat inspiratif & interaktif shg resep2nya mudah diterapkan…

  50. Slm kenal,,,,boleh jg nih resepnya.mksh ya,,aq mau nyoba buat ultah anakq bln dpn.hehe

  51. Mixer mentega putih, margarine, gula halus hingga lembut.
    Masukkan vanili, susu kental manis dan DCC cair, mixer kembali hingga rata.
    Cream siap digunakan.
    ♏ƅä itu dcc Ɣƍ sdh dilelehkan dimixer Ĵυǥɑ? Jadi tengah nya bukan whipcream ya? Jadi berasa coklat bgt ya ♏ƅä?

Tinggalkan Balasan

