Otak-otak Ikan Tenggiri

Otak-otak Ikan TenggiriMembuat Otak-otak dengan bahan utama Ikan Tenggiri, gampang dan cepat…

Bahan yang diperlukan:

  • 500 gr ikan tenggiri
  • 400 gr sagu tani
  • 50 gr tepung terigu protein sedang
  • 40 gr gula pasir
  • 1 sdm garam/sesuai selera
  • 100 cc santan kental
  • 1 sdt penyedap
  • 1 buah labu siam ukuran sedang
  • 50 gr daun bawang (jika suka)
  • 1 sdt lada halus
  • 2 buah putih telur
  • Daun pisang secukupnya
  • Biting (lidi potong kecil)
  • Air 500 cc
  • Bawang putih 4 siung, parut halus

Cara membuat bubur terigu:

  1. Campur tepung terigu, bawang putih  halus dan air, aduk rata
  2. Masak di atas api sedang, aduk terus supaya tidak menggumpal hingga tepung matang.
  3. Dinginkan hingga benar-benar dingin.
  4. Kupas labu siam, belah dua dan buang bijinya.
  5. Parut labu siam dengan parutan keju kemudian peras sebentar, buang airnya.

Cara membuat adonan otak-otak:

  1. Fillet ikan tenggiri kemudian hilangkan duri ikan.
  2. Kerok perlahan dan tipis-tipis saja fillet ikan tenggiri hingga tinggal kulitnya, haluskan. Sisihkan.
  3. Masukkan garam, lada halus, gula, penyedap kedalam daging ikan, aduk rata.
  4. Masukkan bubur terigu, aduk rata.
  5. Masukkan santan kental, aduk rata.
  6. Masukkan putih telur, aduk rata.
  7. Masukkan labu siam parut, aduk rata.
  8. Masukkan sagu tani, aduk rata.
  9. Diamkan 20 menit.
  10. Ambil satu buah daun, masukkan satu sendok adonan, ratakan arah memanjang.
  11. Gulung daun hingga tiga kali gulungan.
  12. Semat dengan biting.
  13. Kukus selama 10 menit, supaya labu siam matang. Dinginkan.
  14. Bungkus kembali dengan daun pisang, gulung 2 x gulungan.
  15. Panggang dengan api kecil, supaya otak-otak kering.
  16. Hidangkan dengan sambal kacang atau saus sambal.

Otak-otak Ikan TenggiriTips

  • Apabila tidak memakai sayuran (labu siam) maka setelah dibungkus daun, bisa langsung dipanggang, tidak perlu dikukus terlebih dahulu.
  • Dipanggang dengan api kecil, dan gulungan daun dibuat 4 kali gulungan, supaya otak-otak matang tetapi tidak gosong bagian dalamnya.

Langkah demi langkah disertai gambar dapat dilihat pada slide berikut:

Slide dapat diunduh, sila buka halaman DOWNLOAD.

Selamat mencoba ya…

Posted on 24 Mei 2007, in Makanan Tradisional, Masakan Rumah and tagged , , , . Bookmark the permalink. 29 Komentar.

  1. Subhanallah … mba desi ini kreatif sekali ya.

  2. halo mbak icha, di coba ya? terkadang aku campur lagi dengan wortel parut dan brokoli, anak2 suka otak2 jadi sekalian dimasukkan sayuran, aku suka bawakan mereka bekal untuk ke sekolah, 2 anakku sekolah di SDIT yg full day jadi mesti bawakan mereka bekal yg cukup banyak. selamat mencoba. salam

  3. askum….terima kasih dh memberikan Tips & cara membuat Otak-otak. saya mau nanya gimana prospek bisnis otak2 ini mbak?

    saya ingin buka bisnis Otak2 ini, tapi gk tau gimana prospeknya, yg saya tau otak2 pernah saya jumpai di Tanjung pinang (KEPRI), dan baru tau klu di jakarta jg ada.

    jadi mohon tanggapannya ya mbak…

    terima kasih atas bantuanya. wassalam

    uskar nuari
    di pekanbaru

  4. halo mas uskar, apa kabar dan salam kenal. terima kasih sdh mampir ke blog ini.
    Mas kalo dijakarta otak2 adalah lahan bisnis yg sangat bagus, mulai restoran sampai yang naik speda. bahkan ada satu tempat jualan otak2 yg setiap hari orang mesti antri untuk makan otak2. ditempat itu hanya jualan otak2 dan es kelapa muda tapi memang otka2nya enak sekali tentu saja dengan harga yg cukup mahal ya, aku bilang sich seimbanglah antara harga dan otak2nya. Kalo dilihat bahan untuk membuat otak2 yang hampir sebagian adalah daging ikan yg dihaluskan, kemudian putih telur, santan, tentu saja jika buat yg enak dlm arti campuran sagunya sedikit ya kita nggak bisa jual murah kan, menurut aku buat beberapa kategori dan harga, jadi ada yg murah, sedang dan mahal jadi pembeli bisa dari semua kalangan.
    selamat mencoba dan selamat berbisnis, semoga sukses . salam

  5. endah sulistyaningrum

    mbak, selain ikan tengiri kira kira bahan apa yang bisa di pakai membuat otak – otak? tanpa mengurangi rasanya…trimakasih banyak ( ikan tengiri di tempat saya sedikit )

  6. halo mbak endah, tergantung pesanan mbak, kalo mereka minta harga yg agak murahan aku biasanya pake ikan tenggiri di campur ikan kacang2, ikan kacang2 itu seperti ikan cucut tapi besar, kulitnya agak keras tekstur daging seperti daging ikan gabus.

    memang nggak seenak ikan tenggiri sich.

  7. Bismillah,- inyaAllah nih boleh dicoba kebenaran infonya

  8. hai..mbak desi. Dengan saya fheni. saya boleh minta alamat untuk menghubungi mbak selain di website ini? lewat email ato telepon. Trima kasih mbak.

  9. malam, saya joko terima kasih sudah memberikan resep otak2 nya, dan sangat bermanfaat ..saya sudah menco ba untuk membuat otak2 nya,
    untuk rasa enak tapi kenapa setelah saya panggang otak2nya hanya bagian luarnya saja yang matang , bagian dalam nya otak2 terasa masih mentah ..padahal saya sudah memanggang sekitar 15 menit ada yang salah??tolong berbagi info nya kepada saya
    oh iya bagaimana membuat otak2 nya supaya legit/garing bila dimakan karena terasa lembek sekali yah..
    mohon bantuan jawabannya yah
    terima kasih

    joko

    • pakai sayuran nggak mas, di resep saya kalo memakai sayuran, adonan mesti di kukus dulu baru dipanggang karena labu siam dan wortel tidak bisa masak kalo dipanggang saja.

      Kalo tanpa sayuran, bisa langsung dipanggang. coba lagi ya. salam

  10. yanuarwibiartobahagia@gmail.com

    mba doaen yo klo smpama aq jad jwalan otak2 …

    • halo mas ynuar, salam kenal dna terima kasih sdh mampir ke blog ini. maaf mas, maksudnya saya down gitu? wah malah kebalik mas, saya akan senang seklai jika mas bisa berjualan otak2 dan sukses dalam bisnis ini. keuntungan itu tdk hanya dalam bentuk uang, kalo mas sukses kemudian banyak mengambil karyawan, berarti sdh membantu banyak hidup orang lain, nah saya kan kecipratan doa mereka, keuntungan seperti itu jauh lebih berarti bagi saya. salam

  11. sy mau coba soalnya anak2 sy pd suka,tp sy mau tanya, apa ikan teggirinya hbs dikerok langsung dicampur tepung ato direbus tertebih dahulu?trima kasih

    • halo mbak sri, salam kenal, untuk ikannya dikerok dulu dan digiling hingga cukup halus, kemudian baru dicampurkan tepung, baru dikukus jika dicampur sayuran, atau bisa dipanggang langsung, ada juga sikukus dulu baru dipanggang. salam

  12. met pagi mbak Desi,

    saya sudah bisa buat otak-otak sesuai
    dengan resep mbak. Makasih ya Mbak.
    Saya mau tanya juga, klo buat supaya
    tetap enak dimakan ke-esokan harinya,
    gimana ya Mbak. Disimpan dalam Kulkas dalam
    keadaan mentah apa matang yah Mbak.
    Matur Nuwun Mbak

  13. mba jwlan otak2 sya lag macet n … ga taw pa mngkn krang dknal dpekalongan ya sbab soalnya yang jwlan baru sya mba … tlong kash sran dong mba …

  14. Assalamu’alaikum,..
    Mbak Desi,…ternyata aku dapat resep otak otak di sini,….makasih ya mbak,….dari komentar mbak di atas,..aku salut banget sama mbak,….sedikit rasanya orang yang mau berbagi ilmu tanpa pamrih ,……niatnya ikhlas,..karena Nya,…moga berkah Allah tercurah sama mbak sekeluarga,..amin,….besok atau lusa aku mau nyoba resep ini,…soalnya sepulang dari batam, suamiku pengen aku buatin seperti yang di batam,….plus sop ikannya,….

  15. assalamu’alaikum

    mbak thanks ya udah sharing resep otak2nya…

    cara menentukan ukuran otak2nya gimana?
    ohya, kalo dengan resep di atas, bisa bikin berapa biji otak2 mbak?

    Thanks

    • waalaikum salam mas edy,
      untuk ukuran otak-otak tergantung kita mau jual berapa. kalo kita jual per buah Rp.3.500 biasanya aku buat dgn ukuran 1 sdm penuh kalo kita jual Rp,2000 yang 1 sdm peres saja, atau kita mau jual Rp.2000 tapi agak besar berarti adonan kita ubah, sagu lebih banyak. mas bincang2 kuliner kita teruskan di pondok aku yg baru yoook di http://defidi.web.id makasih

  16. apakah mbak masih menerima inkan tengiri??kualitas berapa yang di gunakan???saya supplier dr semarang.semoga terjalin kerja sama yang baik & berkelanjutan..salam ..wawan -0818459176

  17. mba saya penjual otak otak tapi pakai resep sederhana
    saya cuma ingin saran bagaimana supaya pelanggan tidak kecewa,
    terimakasih

  18. jadi kepingin otak otak nih saya… haha

  19. iya iya tuh sama… saya juga jadi kepingin… otak otak + nasi bikin nafsu makan nambah ….

  20. wah rame banget nih blog nya defidi … hebat euy

  21. ada gk yah otak otak delivery…. gk kepikiran ‘_’?

  1. Ping-balik: Makan Otak-Otak Dulu! « Hidup Itu Harus Dinikmati…

  2. Ping-balik: Cara Membuat Otak Otak | Caramanfaat.net

Tinggalkan komentar