Roll Cake Marmer

Ada waktu untuk mencoba Roll Cake dengan motif Marmer..? Ayo kita siapkan bahan seperti dibawah ini (atau sila lihat slide di atas)…

Bahan yang diperlukan:

  • 80 gr tepung terigu protein sedang
  • 8 butir telur (buang 3 putih)
  • 100 gr gula pasir
  • 100 gr mentega/margarine
  • 1 sachet vanili
  • 1 sdt pasta coklat
  • 1 sdt penuh emulsifier

Cara membuat:

  1. Cairkan mantega/margarine, sisihkan
  2. Mencairkan mentega cukup sampai leleh saja.
  3. Campur menjadi satu dalam bowl semua bahan kecuali mentega cair.
  4. Kocok dengan spit rendah sampai bahan tercampur.
  5. Lanjutkan dengan spit tinggi, kocok sampai mengembang dan kental.
  6. Masukkan mentega cair, aduk rata dengan mempergunakan spatula.
  7. Siapkan loyang ukuran 24 x 24, oles dengan mentega dan alasi dengan kertas roti.
  8. Tuang 90 % adonan ke dalam loyang, ratakan.
  9. Sisa adonan 10 % beri pasta coklat, aduk rata.
  10. Tuang acak adonan coklat ke atas adonan putih.
  11. Dengan mempergunakan sumpit buat motif marmer pada adonan.
  12. Panggang adonan dengan api atas bawah selama 15 menit atau hingga matang dengan suhu 170°
  13. Keluarkan cake dari oven.

Penyelesaian:

  1. Keluarkan cake dari loyang dalam keadaan masih panas.
  2. Balikkan cake, bagian yang bermotif dalam posisi di bawah.
  3. Olesi seluruh permukaan cake dengan selai blue bery atau selai lainnya.
  4. Padatkan bagian muka pada saat mulai menggulung supaya pada saat selesai penggulungan tidak berongga.
  5. Gulung perlahan hingga ujung cake, padatkan dan biarkan dalam keadaan masih terbungkus kertas roti, dinginkan.
  6. Potong cake menjadi 14 bagian, sajikan.

Tips
Jika menginginkan isi cake butter cream, tidak dapat dioleskan pada saat cake masih panas, tetap gulung cake dalam keadaan panas kemudian dinginkan. Buka kembali gulungan oles dengan butter cream, gulung kembali sambil dipadatkan.

Slide dapat diunduh, sila buka halaman DOWNLOAD.

Selamat mencoba…

Posted on 22 Mei 2007, in Cake, Dekorasi Kue and tagged , , . Bookmark the permalink. 25 Komentar.

  1. Mbak, makasih banget atas step by step nya…aku udah lama pingin coba bikin cake gulung tapi pasti udah ketakutan dulu…. takut cakenya jadi sobek or pecah waktu digulung.tapi sekarang enggak lagi deh….makasih ya mbak…

  2. alo mbak hamidah makasih ya dah buka blog aku, sudah dicoba belum? wah pengalaman yang sama, aku juga dulu paling penasaran ama yang namanya roll cake, tapi paling suka makannnya, dari berbagai resep aku coba terus dan yang paling mendekati harapan aku, adalah resep mama, terus aku modifikasi lagi alhamdulillah dapat resep yang cocok, sampai sekarang kalo ada yang pesan roll cake aku pake resep itu, tinggal warna dan dekorasinya aja yang beda tergantung pesanan.

  3. wow….very helpfull… cantik banget cake-nya. ga sabar nih pengen coba…

  4. halo mbak mita, tq dah buka blog aku, selamat mencoba moga sesuai harapan. salam

  5. hallo mbak desi, ternyata membuat roll cake ga serumit yg aku kira, malahan bahannya biasa aja gitu. kayaknya musti nyoba bikin nih! kali aja sekarang jadi . trims ya! salam

  6. halo bunda, iya bener,waktu aku belum bisa buat juga punya pikiran yg sama, tapi kalo beli terus mahal, beberapa resep aku coba beberapa kali juga gagal, akhirnya aku coba terus modifikasi sendiri, coba lagi, coba lagi, akhirnya temukan resep yg pas, silakan ya bunda, moga sesuai harapan. salam

  7. hallo mbak desi apa abar nya?
    dah lama g say hello sm mbak desi ternyata kangen juga neh…mbak des icha kmrn belajar bikin roll cake yg ekonomis,tp d resep nya pke air kira kira 50 ml dg 6 butir telur.tp icha g tau fungsi air tsb mbak.kira2 air tsb fungsi nya apa y mbak? makasi atas penjelasan nya mbak…
    salam

  8. halo mbak icha, sama-sama kangen loh, makasih ya sempat mampir lagi. aku sendiri agak menghindar resep yg pake air mbak karena agak sensitif dalam arti kalo kita tdk benar perlakuannya adonan bisa cair dan bantat waktu dipanggang.
    menurut aku ya penggunaan air untuk agak mengurangi telur tapi penggunaan terigu bertambah, aku berani pake air kalo dengan cara pengocokan hard peak yg sekaligus itu mbak. kalo mbak icha menemukan informasi lain mengenai fungsi penggunaan air dalam cake , aku diinfo juga ya. salam kangen selalu

  9. duh..makasi bgt atas penjelasan nya mbak,iya seh kmrn waktu nyobain nya agak bergelombang gt waktu d oven mbak ,

  10. oya mbak,ntar klo icha dapet info lebih lanjut ttg air yg d pke d roll cake icha kasih tau mbak
    salam kgen juga buat mbak desi..

  11. mbak aku boleh bertanya gak ? soal api atas dan api bawah tu apa sih aku gak tau maksudnya tlng ya biar aku gak katrok ! makasih

  12. halo mbak dian, oven listrik ato gas biasanya ada api atas dan bawah, untuk oven yg biasa (kaleng) api satu saja dari api kompor. Dengan adanya api atas dan bawah mlebih merata panas yg diterima. salam

  13. mbak dian bingungnya koq yg jawab aquila, maaf aku belum ganti user, ini masih user anak aku. makasih.

  14. hellow… mbak desi.., wah aku seneng bisa masuk liat2 semua resepnya sampai bingung meh nyatet yang mana?? eh, aku liat artikelmu di majalah alia loh, makanya aku bisa buka2 blog-nya mbak desi. oh,ya roll cake marmernya memikat sekali aku jadi puengeeen banget mbikinnya. boleh yo mbak resepnya ta contek buat menu snack pengajian ibu2 (nek berhasil bikinnya, hehe..). oya untuk bahan tepung terigu protein sedang apa ada merk khusus? trusss.. emulsifier iku opo to mbak? bentuk dan warnanya spt apa ? udah segethu aja pertanyaanku ntar kapan2 aku meh nanya lagi kalo bingung. ;) makasih atas jawabannya loh mbak desi . salam kenal, yaaa.. :) c.u.

  15. halo bunda eda, wah ucapin makasihnya banyak lho, pertema makasih udah lihat artikel aku di Alia, makasih juga dah mampir ke blog aku dan makasih juga dah mau cobain resep aku.

    mbak untuk cake bisa terigu protein sedang ( segitiga biru) atau protein rendah (kunci biru) emulsifier sendiri berfungsi untuk membantu mempercepat adonan kue mengembang dan kental dan tekstur hasil kue jadi lembut, kata pakarnya jadi mak-nyosss
    merknya macam2, ada SP, ada TBM, ada Quick, , aku biasa pakai SP
    wah silakan sekali loh bunda kalo mau contek resepnya tapi mesti cobain bener lho, hasilnya halo2 aku yach.
    Salam tuk ibu2 pengajian ya, semoga suka dgn kue resep dr aku. salam

  16. halo.. mba desi makasih atas infonya yaa. maaf ne aku baru bisa masuk lagi. kmrn aku sudah buka blognya tapi kok rada susah jalannya lambat banget kaya siput hhehe.. alhamdulilah baru bisa sekarang, lancarr.. insyaallah jeng.. pasti aku cobain resepnya. nanti kalo dah berhasil aku halo2 lagi yaa.. sekali lagi makasih bangeet loh.. c.u.

  17. halo bunda eda he he he sama bun, kalo jamnya sibuk aku juga susah masuk dunia maya, makanya kadang suka lama balas surat temen2, beneran dicobain ya, aku tunggu. salam

  18. Hai Mbak Desi,hari ini cake gulung marmernya udah aku coba,hasilnya Wah enak sekali,wangi dan lembut banget cakenya…dan bikinnya gampang nggak susah,enak sambil minum teh hangat karena cuaca juga lagi dingin karena udah masuk musim gugur makasih ya atas resepnya…..ditunggu resep dan kreasi terbaru dari mbak.

  19. ass bu mau tanya emulsifier itu apa ya kata lainnya?soalnya saya tanya ke toko ga ada yang tau tuh?
    oh ya boleh minta resep masakan bersantan selama seminggu
    thx

    • halo wahyu, emulsifier itu kata lain dari bahan kimia untuk pengembang dan pelembut cake, merknya macam2, ada TBM, ada SP, ada ovalet, ada quick dari zeelandia, aku biasa pake SP ato quick dari zeelandia.

      untuk makanan kuah bersantan, aku posting aja ya di halaman depan. salam

  20. Hallo mba…mau coba resepnya nih mudah keliatan nya…mau tanya nih mba bilang smua bahan di campur jadi satu ( kecuali mentega) berarti sama telur nya juga ya lgsg di mixser???? nanti kue nya ga jadi mengembang dong???

    • mbak liza, tahapannya : telur dan gula mixer spit rendah dulu sebentar saja hingga tercampur rata, masukkan SP dan bahan lain, mixer rendah lagi sebentar, kalo di mxer tinggi kan tepungnya langsung berhamburan, setelah itu mixer dgn kecepatan tinggi. Mengembang tetap bisa maximal karena ada bantuan SP tadi mbak…salam

  21. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ. وَرَحْمَةُ اللهِ. وَبَرَكَاتُ ♏ƅä gimana ya biar roll tart ga’ retak aku pemula, sdh coba 3x kok masih patah/retak ya :( klo digulung ama kertas roti trus dibuka lagi emang ga hancur/retak ya? Makasihhhh byk info nya

  22. wah kayakx enak tuhhh

  23. mba lam knal,sya mau mnta resep banana cake nya,selama ini saya sring bc resep2 mba tp g nmuin resep banana cake nya tlg y mba.trims

Tinggalkan Balasan

