Black Forest Ekonomis

blackforest-eKali ini membuat Cake lagi, Black Forest. Cake yang terkenal “sangar” ini bisa kita buat dengan bahan-bahan yang berbiaya ekonomis. Mau coba..?

Bahan untuk cake

  • 6 butir telur ayam ukuran besar
  • 150 gr gula pasir
  • 150 gr terigu protein sedang
  • 100 gr margarine
  • 1 sdt penuh emulsifier (SP)
  • 1 sdm pasta coklat

Bahan untuk hiasan

  • 100 gr dark cooking coklat
  • ½ ons manisan ceri (warna campur)
  • 200 gr mentega putih
  • 100 gr gula halus
  • 1 sachet susu kental manis


Bahan untuk hiasan

  • 100 gr dark cooking coklat
  • ½ ons manisan ceri (warna campur)
  • Butter cream

Bahan untuk butter cream

  • 150 gr mentega putih
  • 50 gr margarine
  • 100 gr gula halus
  • 1 sachet susu kental manis (3 sdm)

Cara membuat

  1. Cairkan margarine (cukup sampai leleh saja)
  2. Campur semua bahan, kecuali margarine cair.
  3. Kocok dengan spit rendah, cukup sampai tercampur rata (1 menit)
  4. Naikkan spit sampai kecepatan maksimal, kocok hingga adonan mengembang dan kental.
  5. Masukkan pasta coklat, aduk rata dengan mempergunakan spatula.
  6. Masukkan margarine cair, aduk rata.
  7. Masukkan ke dalam loyang ukuran 16 x 16, yang telah dilapisi kertas roti.
  8. Oven selama 25 menit (hingga matang) dengan suhu 170 derajat C

Penyelesaian

  1. Keluarkan cake dari loyang, taruh diatas alas roti yang terbuat dari karton tebal atau triplek, dinginkan.
  2. Belah dua cake dengan mempergunakan pisau khusus untuk membelah cake atau dapat mempergunakan benang.
  3. Sisihkan satu bagian cake.
  4. Perciki simple sirup hingga seluruh permukaan basah pada cake ke dua, kemudian oleskan seluruh permukaan cake dengan selai blue berry.
  5. Tumpuk cake menjadi satu.
  6. Alasi seluruh cake dengan butter cream hingga rata.
  7. Hias pinggiran cake dengan dark cooking coklat yang disisir tipis.
  8. Parut kasar sisa coklat ke seluruh permukaan cake.
  9. Hias dengan manisan cherry.

Cara membuat simple sirup

  1. Campur 100 gr gula pasir dengan 100 cc air, didihkan.
  2. Setelah dingin masukkan rum, aduk rata

Cara membuat butter cream

  • Kocok semua bahan hingga lembut

Langkah-langkah pembuatan disertai gambar dapat disimak pada slide berikut (browsernya harus ada plugin untuk flash ya…):

Slide dapat diunduh, sila buka halaman DOWNLOAD.

Selamat mencoba…

About these ads

Posted on 13 Juli 2007, in Cake, Dekorasi Kue and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 111 Komentar.

  1. Blackforestnya asyiek juga nih untuk dicoba.

  2. halo mbak retno, tq dah buka blog aku, masih di jermankah ? selamat mencoba ya, semoga sesuai harapan. salam

  3. nyobain ah…blackforest ekonomisnya..
    ada ga cara buat blackforest gratisan :)

  4. alo mb nengthree, boleh2 kita latihan bareng di rumah aku yok, latihannnya gratis tapi beli bahannnya keroyokan ya, ajak temen2 juga boleh loh. salam

  5. salam kenal, aduh, asyik nich ada BF ekonomis:) bisa dicoba, tapi rasanya nggak ikutan ekonomis kan?

  6. hallo mbak ina, tq sekali dah buka blog aku. Mudah-mudahan rasanya cocok mbak, rasanya ga terlalu ekonomis lah. salam

  7. wah,,kayanya perlu dicoba tuh!!!
    kalo buat suprise ultah gak malu kan?? :-)

  8. makasih buat resep ekononomisnya.
    kayanya perlu dicoba… ^^

  9. halo handay, tq dah buka blog aku.
    untuk ultah Insa Allah yg nerima senanggggggggggggggggg sekali bukan masalah kuenya tapi karena buatan sendiri, pasti yg nerima 10x lipat lebih senang dibanding buatan bakery manapun loh, salam

  10. mba … Bf kok ndak pake dark cerry ya .. pasti akan lebih yummi klo ada dark cerry nya ya

  11. halo mbak dhini, tq atas infonya. benar mbak, sengaja aku tdk pakai dark cerry karena judulnya BF ekonomis jadi bisa kita jual dengan harga murah, kalo pakai dark cerry agak berat jika ingin dijual dgn harga 50 ribuan ya? ide ini aku buat waktu aku jalan ke pasar liat satu toko kue yg selalu ramai ternyata dia menyediakan kue ultah dan BF dgn harga mulai 40 ribu, nah aku ngobrol2 sama penjual toko bahan kue, setelah sharing dgn dia mengenai bahan pengganti akhirnya aku coba kutak-katik di rumah sampai dapat resep BF ekonomis, aku coba hasilnya untuk rasa cukup enak dan dekorasi cukup manis walaupun minimal coklatnya ya. salam

  12. mas,nyobaian ya resepnya…

  13. halo mbak dea, tq dah mampir ke blog aku, tapi :-) aq dipanggil mas ya?

    silahkan aja mbak, senang sekali berniat cobain resep aq. halo halo hasilnya ya. salam

  14. Assalamu’alaikum,salam kenal.Aku baru pertama nih…mbak,aku mau tanya kalaw ukuran mentega pakai gram bisa ga ditakar di gelas dan brapa hasilnya.aku pengen buat,tapi belum beli timbangan dan pengen coba oven baru he….he…oh ya,kalaw buat cake ga pake SP gimana soalnya ga ada maklum kota kecil dan apa gantinya SP,pengennya ga pake obat-obatan.Trimakasih

  15. Oh ya,tanya lagi mbak.berapa derajat kalau mengoven cake dan berapa lamanya(pake oven listrik).Maaf tanya terus karna baru pemula,soalnya aku tinggal bersama suamiku dan jauh ortu.tolong dijawab cepat ya mbak,keburu buat cake buatan sendiri.hi….hi….Trimakasih

  16. Halo mbak,ko ga dibalas.Aku tunggu2 dari kemarin.

  17. mbak fitri maaf sekali ya baru menjawab, hari ini keluar rumah dari pagi ada beberapa kerjaan yg mesti diselesaikan.
    Mbak, untuk cake biasanya aku pake 170 derajat api bawah dulu, setelah mengembang dan bagian atas terlihat sdh mengeras, pakai api atas bawah.
    biasanya untuk cake antara 35 sampai 40 menit.
    Oven listriknya ukuran kecil atau besar mbak. Untuk yg kecil agak sering dilihat ya, terkadang ada sisi cake yg sdh mengembang duluan atau matang duluan jadi kita mesti putar posisi loyang.
    sekali lagi maaf ya? selamat mencoba. salam

  18. salam kenal mbak fitri, terima kasih sdh mampir di blog aku.

    Untuk cake tanpa obat-obatan tdk masalah mbak, emulsifier ( SP. TBM, Ovalet dll) sebenarnya untuk membantu supaya adonan lebih cepat mengembang dan kental pada saat dikocok.
    Jika tdk ingin memakai SP, kuning telur tambahkan 2 ya, dan pastikan bowl dan pengocok telur dalam keadaan kering sekali, kocok telur gula dalam kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan kental, masukkan terigu yg telah dicampur dengan susu bubuk dan coklat bubuk secara bertahap, aduk perlahan dari bawah ke atas dengan gerakan searah. Masukkan pasta coklat, aduk rata. Setelah rata masukkan mantega atau margarine cair dengan cara pengadukan yg sama dengan terigu. Setelah tercampur rata masukkan ke dalam loyang, ratakan, adonan siap untuk dipanggang.

    Jika tdk ada timbangan, bisa memakai gelas belimbing atau aqua gelas. sebaiknya mentega atau margarine di lelehkan dulu baru di masukkan ke dalam gelas, kira2 setengah gelas/ 100-125 ml.
    Mencairkan mentega sebaiknya cukup sampai leleh saja ya mbak, di jaga jangan sampai jadi seperti minyak sayur ya?
    Selamat mencoba dan salam hangat

  19. mbak,trimakasih banyak ya atas sarannya.Mbak aku mau crita,hari ini aku kecewa banget aku buat cake ga jadi,sebelum baca saran dari mbak aku pakai api atas bawah 180 derajat ternyata atasnya kering dalamnya masih cairyang bawah gosong karna waktunya aku tambah terus dan dalamnya masih cair karna mungkin tempatnya kekecilan.Akhirnya aku modifikasi:cakenya dirontokkan semua dan aku taruh diloyang aku lapisi fla dilapisi lagi cakenya terakhir fla,aku dinginkan dikulkas.belum tau gmn rasanya….Mbak.ga apa kan aku curhat.Trimakasih.

  20. halo mbak, aku denger ceritanya nggak kecewa malah menurut aku hebat, kue yg gagal dimodifikasi, itu hebat mbak, langkah awal untuk jadi pakar kue tuh, nah kalo kue modifikasi tadi jadi apapun bentuknya yg penting masih bisa dimakan dan rasanya enak berarti mbak fitri sudah menciptakan satu resep kan?

    Aku yakin enak, karena bahan dasar cake itu sdh enak, campuran telur+susu+mentega+tepung dibuat apa aja enak lah, diaduk2 biasa aja terus didadar tipis-tipis dan diisi vla atau selai atau coklat dah jadi santapan yg enak kan?

    Lain kesempatan jika terjadi lagi hal seperti ini, tetap panggang aja mbak dengan api kecil aja 120 derajat supaya mematangkan bagian tengah dan bagian bawah yg sdh gosong tidak terlalu gosong sekali. Nah pada saat dekorasinya aja yg kita modofikasi.

    Setelah kue tadi dikelurakan dari cetakan dengan posisi bagian bawah diatas, potong bagian yg gosong juga sisi-sisi kue yg gosong.

    belah kue jadi 2 atau 3 bagian, setiap bagian perciki simple sirup, beri butter cream dan selai, terakhir ratakan seluruh bagian cake dengan butter cream kemudian hias.

    Hasilnya tetap cantik, rasanya tetep enak nggak ada yg nyangka cake yg cantik itu tadinya cake yg gosong kan.

    Coba kembali ya mbak, dapur milik kita koq :)-
    salam hangat.

  21. Trimakasih mbak.Aku dan suamiku sudah mencicipinya ternyata enak juga seperti yang mbak katakan hi…hi….;).Alhamdulillah suamiku slalu memberi semangat,aku ingin coba terus.Oh ya aku mau belajar membuat kue kering,InsyAllah kalaw berhasil aku pengen seperti mbak.Kalaw kue kering api bawah saja kan?dan aku mau mencoba kue2 dari resep mbak Defidi.kalaw berhasil aku kasih tau ya.Salam untuk anak2 mbak.

  22. aww. wah seneng denger beritanya. silahkan coba resep kue keringnya mbak, u memanggang tergantung letak loyang, kalo mbak letakkan bagian bawah sekali pakai api atas bawah, tapi kalo letakkan diatas atau ditengah sebaiknya pakai api bawah aja. Untuk kue kering pakai suhu 150 derajat aja ya mbak. selamat mencoba, aku tunggu hasilnya. salam untuk suami. wass.

  23. kyk_a enk tu kue_a….ntar aq coba bt ultah temen aq…

  24. halo oella, salam kenal dan silahkan dicoba, wah pasti temennya seneng banget deh punya temen yg care abiz seperti oella. salam

  25. mbak…aq coba ya….doain sukses….

  26. salam kenal mbak..
    aq juga berminat tuh nyobain resep nya…

  27. halo mbak mia, halo-halo hasil mencobanya ya, aku tunggu.

    halo mbak icha, salam kenal kembali. silahkan coba resepnya, halo-halo juga hasilnya ya mbak. salam

  28. halo mbak desi….aq niat nyobain black forest ekonomisnya mbak desi…tapi aq malah nyobain nastar keju nya mbak…hasinya ga mengecewakan lho mbak…alias berhasil….waaah….jadi semangat nih nyobain resep2 mbak desi….makasi ya mbak…kapan ada waktu aq coba black forest nya deh…soale harus mengumpulkan rasa percaya diri yang tinggi plus ga takut2 gagal mbak…kalo gagal ntar sapa yang makan…?hi…hi…

  29. eeh…aq lagi bikin blok nih mbak…boleh ya blog nya aq link…aq pengen kayak mbak desi deh…kreatif banget…sebenernya udah lama blok mbak aq buka2…cuma belom kepikiran nyobain…nah resep pertama yang aq icip itu cake ketan hitam…aq coba pake kream putih, eh lengket2 dilidah…mungkin bahan nya kurang bagus ya mbak..aq beli yang kiloan dipasar…tapi warga rumah aq tetep suka kq..katanya cake nya unik…hitam manis..hehehe…yang k dua nastar keju tadi…niatnya black forest yang kesampaian nastar keju….hi…hi…

  30. halo mbak mia, baca postingan mbak aku senyum2 dari tadi, sama mbak , aku juga dulu waktu pertama kali buat kue gagal, terus buat lagi sambil berdoa mudah2an berhasil, terus gagal lagi, coba lagi . waktu hasilnya bagus banget aku sampe loncat2, suami heran liatnya, secara tidak sadar dah gemuk loncat2 hi hi hi,
    ayo mbak dicoba terus, pantang mundur. salam

  31. hallo mbak des…..pha kabarnya neh.mbak punya resep kue sarang semut ga mbak?bagi dong….aq udah pernah coba, dapat resep mama tempoe doeloe tapi kq sarang nya cuma setengah bagian bawah aja ya, setengah bagian atas seperti cake biasa ga ada sarang nya..rasanya sih udah lumayan tapi kalo yang bersarang cuma setengah bagian bawah namanya bukan sarang semut dong…..mohon bantuan mbak….aq bawel ya mbak..banyak maunya…?hehe…makasih sebelumnya…..

  32. halo mbak mia, kabarku baik aja cuma capek sedikit kemarin jalan2 ama anak2, putar2 eh nggak taunya dah malam cuma kaki kerasa kram. Mbak kue sarang semut kalo aku bilang cake karamel ya, he he he ini kue kesukaan my hubby tapi behubung buatnya mesti agak sedikit telaten so jadi jarang buat. yg bisa membuat bersarang bagus kalo menurut aku ya karamelnya mesti benar2 dingin dan dtambahkan bikarbonat 1 sdt penuh, bikarbonatnya dicampur saja dengan tepung, kalo bikarbonat nggak ada bisa diganti dengan BP double acting. resepnya aku inget2 dulu ya sekalian jadi pingin buat sore ini. salam

  33. ok…mbak…tapi bikarbonat itu apa ya…sama ga dengan backing soda?waaah…mbak desi mo buat sore ini ya…bagi2 k aq ya mbak….hehe

  34. halo mbak mia, rasanya sama ya kalo nggak salah bikarbonat itu campuran BP & soda kue? lah mbak nggak jadi buat cake caramelnya, aku lagi kejar sample ku-ker untuk satu majalah wanita, ntar aku beritahu majalahnya ya kalo dah terbit. salam

  35. ok..mbak, sukses buat mbak….

  36. hallo mba desi…apa kabar nya?
    lagi sibuk2 nya y mbak..ajarin dong bikin kuker nya mbak.slnya setiap aq bikin kuker jarang sekali yg berhasil mbak…jadi bawa an nya takut2 klo mo bin kuker.oya mbak des,cream cheese itu apa y mbak? makasi mbak desi…

  37. halo mbak icha, pa kabar, moga baik selalu ya. Sibuk sedikit mbak, silahkan lho mbak kalo mau c oba buat kue kering, di kategori aku yg kue kering sdh ada resep dan cata pembuatannya, yg nastar ada slide cara pembuatan step by step. cream cheese itu keju yg berbentuk cream, umumnya banyak digunakan di cake a kue kering juga.
    salam

  38. mbak setahuku rum itu dibuat dari khamar, jadi untuk muslim itu kategori haram. menurut mbak bagaimana?

  39. Assalamu’alaikum…
    Haloo mbak Desi,bagaimana kabarnya,sudah lama nih ga mampir.Mbak,aku jalan2 lihat kue2 barunya ya…

  40. halo mbak difa, benar adanya mbak rhum itu untuk kita tidak halal namun sekarang ada yg alkoholnya 0 % jadi bisa kita gunakan, namun jika tetap ragu sebaiknya tidak usah ganti dengan vanili saja atau sirup rasa vanili atau cocopandan juga enak. salam

  41. waalaikumu’salam mbak fitriyah, apa kabar semoga sehat selalu ya. silakan mbak, salam

  42. Assalamualaikum… mbak.. mohon ijin copy paste ya… buat refrensi.. kyanya sedep nih… trims before ya

  43. waalaikumu’salam mbak tatik, dengan senang hati silahkan mbak, salam

  44. makasih banget aku kebantu………
    makasihhhhhh……………

    :))

  45. Ass.semoga Ayu sekeluaga selalu dalam lindunganNya.Amiin.
    Yu minjem resep Black forestnya ya.
    Alhamdulillah Hari ini ada yang mempercayakan saya untuk bikinin Black forest.
    Mohon doanya mudah-mudahan berhasil.
    Makasih

  46. ass.. mbak, saya pernah baca di mjlh umi klo bahan2 kue itu banyak yg meragukan /tdk halal. Mentega putih yg halal itu merk apa?
    jzklh ya..

  47. bunda nisha maaf baru balas, gimana black forestnya, mudah-mudahan berhasil ya, kalo masih belum maksimal di coba lagi bunda, aku juga masih sering gagal koq, salam tuk si cantik ya.

  48. asw, benar mbak nur, banyak bahan kue yg tidak halal untuk kita. untuk mentega putih aku belum dapat info dari teman2 kuliner mengenai hal ini, tapi hampir semua pebisnis bahan kue sampai sekarang masih mempergunakannya, mudah2an tetap halal untuk kita. salam

  49. Alhamdulillah begitu coba langsung jadi. Saya seneng, yang mesen juga seneng.
    Sering-sering kasih resep-resep ekonomis ya Yu.
    Salam buat keluarga.

  50. halo nisa, halo bundanya, setiap kali masuk greget liat foto nisa ( kayaknya bule ya nisa-imut banget).
    Alhamdulillah, seneng juga aku dengarnya, ada rencana main ke jawa kah? sempatkan mampir ke bogor ya. ayo bun, coba resep yang lain dan jualan lagi, semangat ya

  51. saya pemula neh masih banyak mau belajar dekor cake….
    mohon bantuannya…
    kalo ada resep2 bagi2 ke email saya yaaaa….
    dedibelitung01@gmail.com

  52. halo mas dedi, makasih dan berkenan mampir. mas, semua resep sdh aku posting, untuk melihatnya, klik saja kategori yg diinginkan dan resep sdh tersedia. Atau klik di silde share dan down load. di slide share sdh aku buat step by step cara membuatnya. selamat mencoba dan sukses ya. salam

  53. Assalamu’alaikum…Maaf bertamu malem-malem.
    Ayu sekeluarga sehat semua kan?Alhamdulillah kalo gitu.
    Sekali lagi makasih atas resepnya.
    Ayu tau ga? saya lagi seneng banget.
    Hari ini Alhamdulillah saya berhasil bikin BF lagi.
    Bukan hal istimewa memang, buat yang udah jarago. Tapi buat saya yang bener-bener pemula ini nyenengin banget. (lebay ya Yu).
    Alhamdulillah saya pasang harga 100 rb pada ga keberatan. (di Batam apa-apa lebih mahal Yu).
    Mudah-mudahan rizki ini berkah ya Yu. Amiin.
    Salam buat keluarga Yu.

  54. www. halo bunda nisha dan nisha yg semakin cantik aja, alhamdulillah , aq baik selalu semoga bunda nisha dan keluarga juga baik selalu ya.

    hehe tukang kue nggak kenal waktu bun, terkadang sampe tidur depan oven so nggak masalah mampir malam2 juga hehehe.

    seneng banget denger ceritanya, ayo terus semangat ya, di bogor juga BF rata2 diatas 100 koq bun, aku juga sekarang jual mulai 100 sd 300, bahkan kalo dekorasinya coklat siram full dengan ukuran 30 x 60 aku jual 500.

    amin, Sang Pemilik Rzeki maha Pengasih dan tidak pernah tidur kan, yg tdk ada usaha saja masih terus diberi rezeki apalagi yg berusaha.

    salam kuliner.

  55. Aww..mbak mau tanya,klo buat kue kering pakai microwave bs ndak?trus klo oven nya taruh d atas kompor bs tdk buat kue kering dan cake?caranya bgmn?tks

    • asw, halo mbak ika, aku belum pernah coba buat kuker pake MW mbak, kalo panaskan karena sudah alum( tdk renyah lagi ) pernah dan bisa. Bisa mbak pake oven kaleng maksudnya? bisa saja pakai oven kaleng, namun kita mesti sering control karena oven kaleng kan panas tidak stabil. salam

  56. Mbak, aku pnya oven HOCK tangkring.atasnya yg bs dibuka. cr pakainya gmna ya? rsp BF nya boleh jg nich. mksh…

    • halo mbak dewi :
      oven hock tangring itu yg dari alumunium ya? aku juga punya, dulu sebelum ada oven gas dan listrik aku juga pakai itu. cara pakainya :

      untuk cake, panaskan dulu ovennya, setelah cukup panas baru adonan dimasukkan, pake api sedang saja, tapi mestis ering dilihat, kalo cake sudah setengah matang tinggal keringkan atasnya, loyang mesti di pindahkan ke rak atas supaya bawang nggak gosong tapi atas kering.

      untuk kue kering, sama tapi api kecil saja.

      untuk buat lapis, pakai bara arang ditaruh di atas oven tanpa menyalakan api bawah,s etelah semua adonan lapis habis, baru hidupkan api bawa, kecil saja, untuk menyempurnakan masaknya.

      salam.

  57. halo.makasih ya.resepnya

  58. Assalamu’alaikum…
    Mbak, duh aku kagum loh…
    Satu… resep black forestnya ekonomis
    Dua… mbak telaten banget melayani posting-an teman-teman yang curhat dan bertanya…
    Tiga… share ilmu, info dan cara jitu untuk membuat kue/cake.
    Salut luar biasa…
    Semoga jadi amal ibadah ya mbak…
    Amin…

    Punten mbak, mau nanya dong…
    Saya pengen bikin cake yang atasnya cuma dihias dengan coklat leleh doang.
    Please share cara bikin coklat lelehnya ya mbak…
    Sekalian resep bahan cake-nya yang cocok jika ada…

    Terima kasih… :-)

    • salam kenal mbak iyunk, maaf baru aku balas. terima kasih ya untuk supportnya, terima kasih juga untuk doanya, amin.

      untuk topping dengan coklat leleh, yang paling simple coklat dilelehkan dan beri margarine atau mentega, segera siramkan ke atas cake yang telah di tutup rata dengan butter cream.

      namun ada beberapa cara lagi, ada yg dicampur dengan whipped cream ada yg dicampur dengan susu cair.

      selamat membuat kue.

  59. mbak itu masukkan terigunya kapan ya???biar gak bantat gimana caranya??soalnya setiap bikin kue yg hrs ngembang pasti deh bantat he..he thx b4

    • halo andri salam kenal, untuk resep aku yg diatas dibuat dengan system hard peak, jadi semua bahan dikocok sekaligus (kecuali margarine cair ya).

      kalo pake cara biasa, terigu dimasukkan setelah hasil ocokan gula+terlur mengembang baik dan kental, memasukkan terigu secara bertahap ya dan mengaduknya dari atas ke bawah searah jarum jam, setelah rata baru masukkan margarine juga secara bertahap, semoha kuenya nggak bantat lagi.

      kalo bantat pun jangan langsung diisngkirkan, masih bisa dibuat variasi, jadi bola2 coklat atau cake agar2. salam

  60. salam kenal ya mba…kayanya kuenya enak tuh…, bahan2nya simpel n mudah membuatnya. resep spt ini yang saya cari. maklum baru belajar bikin kue. mudah2an sekali coba bisa sukses…!

  61. mbakk,, kloo di pasta coklat di ganti dg coklat cair bisa ga?
    brapa takarannya, buat loyang 20x20cm..
    truss… dimana letak perbedaan blackforest kukus, dengan yg di panggang??

    • pasta coklat bisa saja diganti coklat cair, tapi warna coklatnya akan lebih pekat dengan pasta coklat dan pasta coklat sifatnya tidka berats eperti coklat cair…
      perbedaan black forst kukus dengan yang panggang ya, dari bahan umumnya yg kukus menggunakan minyak sayur sementara yg panggang menggunkan mentega atau margarine…
      selain itu tektur kue juga berbeda, yg kukus lebih padat. salam

  62. mb’ q sdih krn tmen q g mw bagi resep kue salju.udh q cb 4x gagal trz.mhon bntuan y mb’.thanks,,

  63. bukan kuesalju mb.. v kue belinjo yg ditmbuk kasar spt g pke tepung.sory mb” dtgu y blasanx.tq

  64. Ass.
    Aq cm punya oven biasa yg nangkring d atas kompor gas so gmn caranya bikin api atas?? Thx B4. Wass

  65. wah wah wah
    kira2 buatnya susah ngak???mau nyuruh ibux buatin.. kalau beli terus mahal

  66. cocok buat hadiah mama di hari ibu nanti…..

    doa’in yua mdah”n berhasil bikin kue buat mama’nya………..

  67. Assalamu’alaikum Mbak Desi…
    Subhanallah, bahagianya suami dan anak-anak Mba,punya istri & ibu yang murah hati. Pingin banget nirunya u banyak hal dalam hidup ini, amin, insya Allah…

    Minta doa mba, insya Allah untuk akhir tahun ini aq pingin buatin suami BF buat parcel2 ke klien kerjaannya. Biar agak ngirit, ga beli terus…

    Doa’in sukses & barokah ya, mba…

    Makin semangat karena ada ‘guru’ yang dengan senang hati membantu, hehe…

    Wassalam…

  68. Cara membuat cake ekonomis di slide ( semua bahan di campur semua kecuali margarin) dg yg di tulis di blog lain, yg benar yg mana?
    ada perbedaanya gag?
    kira2 berapa menit dg cara bahan yg di masukkan semua agar adonannya kental?
    kalo pake yg cara telur dan gula di kocok dulu, berapa menit agar adonan telur dan gula kental dan mengembang?
    Trimakasih

    • mbak nurma :
      cara pengocokan telur itu banyak sekali, bisa pakai cara biasa juga, kocok telur gula+SP hingga kental, baru masukkan bahan kering dan margarine.
      Ada juga semua bahan dimasukkan kecuali margarine, namun cara ini sebaiknya memakai mixer yang kemampuan pengocokan tinggi, kalo mixer yg standars ekali sebaiknya pakai cara biasa saja.

      untuk waktu tidak bisa cepat sekali, untuk melihata donan sdh kental atau belum bisa dengan mengambil sedikti adonan memakai sendok, jatuhkan adonan, jika jatuhnya perlahan sekali berarti adonan sdh cukup.

      salam

  69. makasih ya mba buat resepnya.
    mau nyobain dulu buat ultah adiku.
    doan berhasil ya mba.
    :)

  70. ditunggu resep2 kue selanjutnya ya mba

  71. hallo mbak..
    mbak punya resep brownies panggang yang praktis ngga??
    kalo ada saya boleh minta tidak mbak??
    jika berkenan kirim ke email saya aja ya..
    trimss

  72. Mbak sy punya nya cuma baking pan bs gk buat BF

    • salam ummy,

      bisa saja, belah saja seperti biasa, lakukan seperti memebuat black forest biasa, saat menghias bagian atas, tutup bagian tengah yg bolong dengan keping coklat baru di tutup dengan cream sehingga hasil akhir seperti black forest ukuran bulat. selamat mencoba

      Desi Hartanto defidi.web.id – defidi.wordpress.com FB: tinyurl.com/defidi

  73. ass,
    subhanallah.. saya merasa beruntung sekali krn udah membuka blog ni mbak… saya jadi termotivasi tuk menjadi seperti mbak..seorang wanita yg telaten, sabar, dan penuh smangat.. saya hobi masak jg lo mbak… tp pengetahuan saya ttg resep2 sangatla minim. pas saya ngliat resep BF mbak yg simple dan mudah d mengerti jd pengen nyoba banget..kebetulan da anak temen yg mo ultah, doain sukses y mbak..

    • waalaikumsalam, salam kenal mbak yeyen, makasih sdh sempatkan waktu mampir ke blog aku ya, makasih supportnya, semoga kelak kita bisa mempertanggung jawabkan semua ilmu yg dipinjamkan ya mbak, silahkan di coba resep ini,s emoga sesuai harapan. salam

  74. Kebetulan neh anak sy ultah hari ini …trims ya resepnya

  75. hem…patut di coba nich resepnya..mumpung lagi getol2nya latihan bikin kue

  76. assalamu’alaikum mbak….
    du….h pengen skali nyobain buatny mbak…
    dah lama saya nyari2 resep BF ni lo mbak
    lagian pas pula moment ny mbak,ada kwan saya yg mau merid,abis tu ibu saya yang mau ultah pas tgl 1 januari..
    do’ain ya mbak,biar berhasil buat kuenya…:)

  77. assalammualaikum,,,,
    maaf mba mau tnya sya sering bgt bkin blackforest,,
    klo sya bkin cream’y pke gula pasir yg sya jdikan sirup lalu sya tmbahkan rum,,sya mau tanya apa beda’y klo pke susu,,,,apa lebih gurih,,,,
    klo mnurut sya mlah jd tidak irit tuhhh,,,,
    maaf loch mba hehehee

    • waalaikumsalam,
      terima kasih sdh bersedia mampir ke blog ini.
      gula pasir yang dijadikan syrup biasanya dinamakan symple syrup, rasa cream yg dihasilkan manis saja, bisa ditambahkan sedikit garam untuk menambah gurih, tapi kandungan airnya jadi cukup tinggi dengan symple syrup terkadang hasil akhir sedikit cair dan warna cream putih bening.
      penggunaan susu menghasilkan cream yang halus, manis dan gurih juga warna cream putih apel.
      Untuk pemakaian mentega putih yang lokal pemakaian susu sangat membantu, untuk pemakaian mentega putih yang import – australia dengan simple syrup cukup dan rum.
      jika dari segi biaya tidka terlalu jauh berbeda. banyak produk susu kental manis yang bisa kita pakai sesuai budget.
      terima kasih atas kunjungannya ya

  78. ass,,mba..lam kenal,,aqu mau bkin BF buat ultah anakqu tgl 28,klo aqu dah mix telur+SP+gula pasir smpai mengembang,trus gmna cara masukin terigu,coklat bubuk,vanili,mentega cair dan fastanya?di aduk pke spatula atau di mix semua?dan berapa lama aduk atau mixnya?soalnya aqu dh sering bkin tapi hasilnya kadang bantet jga kasar,,makasi ya mba tlong di balas cepat…

  79. Ass..mbak, klau ak buat BF dgn cara dimix smua hasilnya kok kempis ndak sprti awal waktu diangkat dri oven, rasanya sich enak n’ lembut, tlong mbak kasih solusinya?

    • halo mbak ning, hasil cake kempis setelah diangkat dari oven ada berbagai penyebab mbak, yang biasanya kekurangan terigu, bisa juga terlalu lama mengocok adonan, suhu yang tidak stabil. di coba lagi ya mbak, coba pakai resep aku yg diatas semoha sesuai harapan.

  80. aslmkm mbak, bisa nggak klau rum diganti dg yg lain, soalnya di sini susah mndapatknnya. makasi…

  81. klo ngak pake SP Kue nya bs knapa mbak???
    dan saya baru tau klo dark “cooking” chocolate bs d makan langsung…kirain harus d masak dlu…hahhaha…
    terima kasih :D

  82. Mbak, sy mau tahu apakah mentega putih sama dg butter?

  83. sepertinya mudah untuk dibuat.. mari kita coba :)

  84. wonderful submit, very informative. I wonder why the opposite specialists of this sector don’t realize this.
    You must proceed your writing. I am confident, you have a huge readers’ base already!

  1. Ping-balik: Bisnis Boga - Cake bingkisan pengganti nasi kotak « Sajian Defidi

  2. Ping-balik: Variasi Black Forest Ekonomis « Sajian Defidi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 386 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: