CERITA defidi – Bapak BLOGOR, Guru Kehidupan, kembali kepada-NYA dengan indah

 

Cerita panjang ini awalnya membuat aku bingung untuk menulisnya, berkejaran dalam kepala, bagian mana yang ingin ditulis dulu, begitu banyak yang ingin diceritakan. Siang itu posisi aku di sekolah menggantikan supir yang sudah hampir 3 hari tidak masuk, sms masuk dari Falla Ahmad teman komunitas di blogger bogor, saat membaca Innalillahhi wainaiilaihi rojiun…aku langsung berdebar, siapa gerangan yang telah dipanggil untuk kembali kepada-Nya. Sangat terkejut saat membaca nama Bapak Prof Sjafri, Pembina kami di komunitas Blogger Bogor, yang bagi aku pribadi tidak cukup Pembina saja, Beliau adalah Bapak dan juga guru, dimana aku seringkali sharing berbagai hal seputar berbagai kegiatan yang aku aktif didalamnya, hingga tentang kuliner.

Yang pertama aku telpon adalah suami Hartanto Sanjaya, lalu Matahari Timoer, teman di komunitas Blogger Bogor, kalimat panik yang aku dengar : bagaimana!! Ada bisa bonceng aku motor!! Aku tidka bisa jalan, tadi pagi kecelakaan motor, keseleo” itulah yang keluar dari matahari timoer. Aku bilang, aku tidak bisa hadir dalam pemakaman beliau, sedang menggantikan supir, dan jika memang kang MT tidak bisa pergi jangan dipaksakan. Kami Blogor sangat terkejut akan berita ini, juga panic. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, setiap pagi beliau menyapa dif b dengan postingan yang sarat makna, tiba –tiba kami mendengar kabar duka ini.

Masih lekat dalam ingatan aku, bagaimana perhatian beliau kepada Komunitas Bloger Bogor, Dengan segudang kegiatan dan pekerjaan beliau, hal-hal kecil tidak pernah luput dari perhatian beliau, saat aku masih menjadi ketua kegiatan di Blogor, setiap kegiatan yang akan dilakukan biasanya aku memberikan laporan singkat, dan respon beliau sangat luar biasa…Ini cuplikan saat akan mengadakan kegiatan silaturahim di rumah beliau dimana beliau meminta Bapak Riri Satria untuk mengisi acara seminar singkat.

  • mbak desi…sehubungan dengan ceramah singkat dalam halal bi halal Blogor…ada baiknya sejak sekarang kontak pak Riri Satria bisa lewat inbox fb atau hp 081386643706…beliau kita minta menjelaskan apa itu Social Media Analytic…btw tolong juga teman2 blogor diingatkan tentang agenda halal bi halal tsb…lengkap dengan alamat saya…trims
    • September 4, 2011

  • 2:44pm

    Desi Fitri Diana

    baik pak, terima kasih

    • September 7, 2011

  • 6:46pm

    Sjafri Mangkuprawira

    mbak…apakah pak riri sudah bersedia hadir dan memberi cermah pendek hari minggu depan?

    • September 7, 2011

  • 10:11pm

    Desi Fitri Diana

    assalamualaikum wr.wb.

    Bapak Riri Satria sudah saya kirimkan surat pak melalui FB, akan saya kontak langsung besok meminta kesediaan beliau, terima kasih untuk diingatkan pak.

    untuk teman2 blogor akan saya kontak langsung melalui sms juga pak. wassalam

    • September 8, 2011

  • 10:43am

    Sjafri Mangkuprawira

    oh ya mbak…acaranya dimulai jam 9 hingga 12…karena setelah itu saya harus segera pergi kondangan ke sahabat saya…nuhun

    • September 8, 2011

  • 5:54pm

    Desi Fitri Diana

    Assalamualiakum wr.wb, semoga bapak senantiasa sehat, Alhamdulillah, pak Riri bersedia untuk hadir dan memberikan ceramah singkat pada acara halal bi halal, saya akan segera sampaikan hal ini di milis Blogor. terima kasih. wassalam.


  • 6:14pm

    Sjafri Mangkuprawira

    good…terimakasih infonya mbak…semoga sukses


  • 7:50pm

    Desi Fitri Diana

    sami-sami pak, kata pak Riri kalo Bapak yang minta tidak berani menolak hehehe, terima kasih pak untuk doanya.

    • September 9, 2011

  • 12:26am

    Sjafri Mangkuprawira

    hehehe it’s an order…

     

    Beliau juga merupakan sosok yang sangat social, tidak saja berbagi ilmu tapi juga buku-buku karangan beliau seringkali diberikan sebagai hadiah dalam banyak kegiatan, saat itu aku mengadakan suatu acara social dan beliau menyumbangkan 17 buku karangan beliau sebagai hadiah dalam seminar tersebut, buku tentang SDM yang sangat luar biasa, layaknya seorang pemimpin wajib mempunyai buku seperti ini.

     

  • Assalamualaikum wr.wb

    Semoga bapak senantiasa sehat walafiat.

    Pak, pemberian buku sudah saya ambil tadi pagi, terima kasih banyak atas bantuannya.

    Tadi saya titipkan masakan gudeg, sedang belajar buat gudeg ala yogya, semoga bapak berkenan. Juga ada gula jahe yang langsung di rebus saja.

    sekali lagi terima kasih banyak ya pak.

    Wassalamualaikum wr.wb


  • 8:42pm

    Sjafri Mangkuprawira

    waalaikum salam ww…terimakasih atas kiriman makanan lezatnya…semoga buku tsb bermanfaat…

     

    Masih teringat saat kopdar blogger bogor di tempat pemancingan milik beliau, menu untuk makan siang bersama juga tidak luput dari perhatian beliau, hal hal sederhana saja masih tetap menjadi perhatian beliau, berapa peserta yang hadir, mau disediakan apa dan beberapa kali beliau menitipkan untuk saya membawa sayur daun singkong dengan teri medan dan kerupuk kampung..

  • mbak desi…saya butuh data terakhir berapa jumlah blogor yg akan datang ke halal bi halal hari minggu ini…penting untuk menyiapkan volume konsumsinya…tks
    • September 14, 2011

  • 8:08am

    Desi Fitri Diana

    assalamualaikum wr.wb. jumlah yang hadir +/- 25 orang pak, Insya Allah saya akan membawa Es kopyor sintetis, semoga berkenan. wassalam


  • 8:47am

    Sjafri Mangkuprawira

    ok thx

     

    Dan ini amanah beliau yang tidak sempat terlaksana, ada penyesalan didalam hati…begitu besar perhatian beliau untuk kemajuan BLOGOR, semoga masih ada kesempatan untuk mewujudkan kegiatan ini.

    sebagai tindak lanjut acara halal bi halal bbp waktu lalu tentang lokakarya/pelatihan analytic social media…kemarin saya sudah bertemu dengan Ir Mimin Aminah,MM koordinator program ekstensi manajemen FEM IPB…beliau siap untuk bekerjasama dengan komunitas blogor melaksanakan kegiatan tsb di kampus IPB baranangsiang…untuk itu silakan mbak desi kontak dia dengan no hp 081380565970…

    Saat itu kegiatan Blogor sedang penuh sehingga tidak segera kami realisasikan.

     

    Juga layaknya seorang anak kepada bapaknya, dimana beliau adalah Pembina BLOGOR, saat akan pergi mewakili Blogor , aku pamit dan mohon doa restu :

  • assalamualaikum wr.wb

    semoga bapak dalam keadaan sehat selalu

    saya mau pamit sekalian mohon doanya, tgl 15 sd 17 akan menghadiri asean bloger wakil dari blogor berdua dengan chandra iman, acara di bali pak

    biaya tiket, penginapan di biayai oleh panitia asean blogger.

    susunan acaranya : tgl 15 sore berangkat sampai sana ramah tamah dengan bloger bali yg sedang ultah, 16 seminar dan 17 pulang kembali ke jakarta

    semoga membawa manfaat ke acara tersebut.


  • 2:07pm

    Sjafri Mangkuprawira

    syukurlah…semoga bermanfaat…ada baiknya oleh2 berupa hasil seminar bisa disampaikan ke teman-teman blogor…selamat seminar


  • 3:59pm

    Desi Fitri Diana

    terima kasih pak. Insya Allah akan saya sampaikan hasil seminar.

    • November 19, 2011

  • 4:14pm

    Desi Fitri Diana

    assalamualaikum wr.wb

    alhamdulillah saya sudha kembali dari mengikuti kegiatan ASEAN Blogger, laporan kegiatan akan segera saya buat untuk share ke teman2. wassalam

    • November 19, 2011

  • 9:34pm

    Sjafri Mangkuprawira

    Alhamdulillah…selamat tiba kembali ke Bogor…kami tunggu infonya…trims

     

    Lalu pada saat aku merasa kurang percaya diri untuk tampil diberbagai seminar yang membawa pesan BLOGOR, seputar Blog, beliau senantiasa memberikan support…

  • assalamualaikum wr.wb

  • 8:20am

    Sjafri Mangkuprawira

    waalaikum salam


  • 8:20am

    Desi Fitri Diana

    semoga bapak dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan.amin


  • 8:21am

    Sjafri Mangkuprawira

    aamiin…semoga mbak sekeluarga juga demikian


  • 8:21am

    Desi Fitri Diana

    Pak, insya allah saya minggu diminta menjadi pembicara di kegiatan tahunan FEMA IT Paper of ideas, yang tahun lalu juga saya diundang…

    acaranya di ruang senat

    tema yang akan saya bawakan blog sehat kaya manfaat, kaitan dengan internet sehat…

    pembicara sebelum saya dari kaskus, nah ini yang membuat saya jadi agak minder, apakah saya mampu disejajarkan dengan komunitas blogger yg sdh sangat senior itu? mohon saran pak…


  • 8:24am

    Sjafri Mangkuprawira

    alhamdulillah…selamat mbak…semoga bermanfaat…tak perlu merasa hawatir mbak…tunjukkan potensi dan kompetensi mbak yg benar-benar mbak kuasai dan unik…tampil beda…insya allah ok…saya yakin itu….

     

    Rasanya air mata semakin menetes deras saat aku melanjutkan menulis ini, beliau dengan nama besar nya, masih menyempatkan diri untuk datang ke wall anggota Blogor dan memberikan komentar yang menginspirasi, terkadang beliau bercanda : melihat wall Mbak Desi, jadi sering lapar, penuh dengan masakan….obrolan seputar kuliner terakhir :

  • mbak…resto yg mbak bilang ada sajian makanan burung puyuh…nama resto dan alamatnya persis dimana ya…saya penasaran nih…nuhun

  • 5:48am

    Desi Fitri Diana

    punten pak tempatnya di Jl.Lodaya. dekat MC Donald Padjajaran, nama tempatnya Daily Cafe dan ayam geprek. Posisi tepatnya jika dari arah warung jambu lampu merah sebelum Mc Donal belok kiri, 50 meter setelah belok, resto sebelah kiri pak. Tempatnya tidak terlalu besar. nuhun.


  • 6:01am

    Sjafri Mangkuprawira

    Oh ya saya tahu sekarang trims ya mbak…


  • 6:02am

    Desi Fitri Diana

    sami-sami pak.

     

    Ini yang terakhir membuat air mata semakin menetes, beliau mengetahui bagaimana aku dengan Bloger Bogor, bukan karena sebagai Founder Bloger Bogor, namun lebih kepada silaturahim yang sudah terjalin dan terjaga seperti keluarga besar yang damai, namun setiap manusia mempunyai kemampuan masing-masing, aku izin kepada beliau untuk tidak aktif lagi dalam blogor karena tugas sebagai ibu yang mendampingi anakku untuk siap dalam ujian akhir mereka, namun beliau masih selalu dapat menenangkan….

    • September 27, 2012

  • 6:49am

    Desi Fitri Diana

    assalamualaikum wr.wb.

    semoga bapak dan keluarga senantiasa sehat walafiat


  • 6:52am

    Sjafri Mangkuprawira

    waalaikum salam…aamiin terimakasih


  • 6:53am

    Desi Fitri Diana

    Saya mohon maaf pak, untuk kepengurusan 2012-2014 tidak dapat berpartisipasi, insya allah kepengurusan selanjutnya jika masih diberi waktu dan sehat bisa aktif kembali.


  • 6:54am

    Sjafri Mangkuprawira

    walau jadi anggota pun saya yakin mbak desi akan tetap berkontribusi bagi pengembangan blogor

     

     

    • December 4, 2012

  • 3:31pm

    Desi Fitri Diana

    Assalamu’alaikum wr.wb

    semoga bapak dan keluarga senantiasa dalam keadaan sehat walafiat.amin


  • 5:01pm

    Sjafri Mangkuprawira

    aamiin…doa mendoakan


  • 5:06pm

    Desi Fitri Diana

    aamiin. Pak, saya izin untuk sementara waktu tidak aktif dulu di blogor, sedang siapkan anak-anak untuk UN…ada sedikit adu pendapat di milis, semoga menambah semangat teman-teman di blogor untuk terus maju


  • 5:26pm

    Sjafri Mangkuprawira

    …wah sayang sekali ya…namun pasti keputusan mbak desi sudah dipertimbangkan dengan matang…semoga perbedaan pendapat akan membawa nikmah dan barokah…aamiin

     

    SELAMAT JALAN BAPAK SJAFRI, ALLAH SANGAT MENYANYANGI BELIAU, DI AMBIL KEMBALI DENGAN JALAN YANG BEGITU MUDAH DAN INDAH, SEMOGA KHUSNUL KHOTIMAH

    YA ALLAH, AMPUNILAH DOSANYA, TERIMALAH SEMUA AMAL IBADAHNYA DAN TEMPATKANLAH BELIAU DI SISI-MU YANG PALING INDAH. AAMIIN.

     

     

Posted on 11 Februari 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. terharu… semoga beliau tenang di alam sana dan amal perbuatannya menjadi penyelamat.. memang berat ya bu.. tapi mudah2an kita bisa mewujudkan apa yg beliau inginkan bagi blogor ke depan.. amin ya robbal alamin..

  2. kita semua merasa kehilangan .. alm memang sosok yang istimewa ..

  3. hi Desi, iya tulisan kamu keren… ada ya komunitas blogger di Bogor? kalau di Jakarta?

  1. Ping-balik: Bapak Sudah Tidak Bersama Kami Lagi | blogor.org

  2. Ping-balik: SELAMAT JALAN PROF. SJAFRI MANGKUPRAWIRA « Blog Riri Satria

Tinggalkan Balasan

