satu hari bertemu 3 suhu

Tidak dapat dipungkiri, semakin dalam seseorang memperdalam ilmu dunia dibarengi ilmu agama yang terbentuk adalah sesosok manusia dengan tutur kata indah, jauh dari sikap sombong, empati yang tinggi terhadap sesama, mau berbagi ilmu yang dimiliki tanpa memandang dengan siap mereka berhadapan.

Hari ini, alhamdulillah aku bertemu dengan tiga sosok itu. Pagi menjelang siang, mobil melaju dengan kecepatan sedang menuju rumah bapak Sjafrie Mangkuprawira, untuk yang kesekian kalinya menghadiri acara undangan silaturahim dari beliau. Malam hari sudah aku siapkan lapis blogor, dan asinan sayur berbumbu kacang.

Memasuki pelataran rumah beliau senantiasa sejuk mata memandang, sejuk hati melangkah, setiap kali silaturahim disambut dengan senyum hangat penuh kekeluargaan. Dan seperti waktu-waktu sebelumnya juga sudah tertata rapi aneka makanan kecil sebagai pembuka sambil menunggu teman yang hadir lainnya.

Seperti biasa pula beliau begitu perhatian menanyakan teman-teman yang belum hadir, dan setiap kali beliau menyampaikan pesan-pesannya untuk kami , alhamdulillah semakin menambah ilmu kami baik dalam ilmu dunia maupun ilmu agama.

Hari itu yang beliau sampaikan adalah bagaimana menghargai tamu yang datang, seperti yang disampaikan Baginda Rasul, tamu yang datang  wajib dihormati dan diperlakukan dengan sebaik-baiknya, beliau juga menyampaikan bagaimana cara menerima tamu dengan baik,  mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada tamu yang hadir terutama yang memberikan kontribusi dalam acara.

Ini pesan singkat namun maknanya begitu dalam, ucapan terima kasih itu terdiri dari dua kata namun bagi yang menerima sejuta makna, bahkan banyak orang menggunakan berbagai cara dan penuh perjuangan baik material maupun spiritual , melakukan kebaikan hanya untuk mendapatkan kata terim kasih.

Siang ini hampir sempurna, mendapatkan camilan yang nikmat, makan siang yang nikmat dan ilmu yang bermanfaat.

Setelah dari kediaman Bapak Sjafrie, aku dan suami meluncur kembali membelah kota Bogor menuju Pusat Kota, tujuan ke Taman Koleksi di area kampus IPB Baranangsiang untuk bertemu dengan teman-teman suami yang tergabung dalam IMEA, suatu wadah tempat berkumpulnya muslim saat suami bersekolah di Enchede, Belanda.

Menuju taman Koleksi yang teduh dengan pohon kapuk yang sedang berbuah lebat saja sudah menimbulkan suasana yang teduh, mamasuki cafe yang ada disana dengan nuansa alam aku bertemu dengan 2 sahabat suami. Disambut dengan sangat ramah oleh Mbak Nung dan Mas Anto, suami langsung terlibat pembicaraan hangat dengan mereka, yang namanya reuni biasanya bercerita pengalaman masa-masa yang telah dilakukan. Namun kali ini banyak aku tangkap pembicaraan yang serius mengenai niat tulus dalam memajukan negeri ini khususnya bidang pendidikan.

Setelah aku mengetahui keberadaan mereka, Mbak Nung merupakan salah satu Dekan di IPB dan Mas Anto Dosen di salah satu Universitas di UK. Subhanallah, dengan begitu banyaknya ilmu dunia dan agama yangs udah mereka pelajari dibandingkan aku tentunya, sosok mereka jauh dari semua embel-embel yang menyangkut pada diri mereka. Mungkin Sebagian dunia ini sudah mereka jelajahi, satu kalimat indah yang aku tangkap dari pembicaraan kemarin ” berbahagialah bisa menimba ilmu diberbagai universitas di negara-negara maju, namun jangan sampai menjelek-jelekkan negara kita sendiri, serap ilmu yang bagus itu untuk disampaikan di negara ini, saya sedang berusaha untuk itu paling tidak dilingkungan saya sendiri” kata lingkungan itu bukan wadah yang kecil tentunya sebagai seorang dekan di Universitas Ternama.

Terima kasih ya Rabb dapat dipertemukan dengan sosok yang dapat dijadikan contoh dalam menjadi kehidupan ke depan.

Posted on 3 September 2012, in Cerita-cerita, Keluarga, Komunitas, Pendidikan, Sosial. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: