Lalaban Temu Mangga dan khasiatnya

Umumnya kita mengenal lalaban dari daun daunan, ada juga yang dari rimpang seperti kencur muda, nah ini ada rimpang lain yang juga nikmat dijadikan lalaban yaitu temu mangga muda, rasanya khas dengan aroma mangga. Selain enak untuk lalaban , rimpang yang satu ini khasiatnya luar biasa, yukk kita simak.

Nama ilmiah:  Curcuma mangga

Nama daerah: kunyit putih, kunir putih, temu bayangan, temu poh (Jawa), temu pao (Madura), temu mangga, temu putih (Melayu), koneng joho, koneng lalap, konneng pare (Sunda)

Kandungan kimia dan efek farmakologis

Kunyit putih curcuma mangga, kaya akan kandungan kimia seperti tanin, kurkumin, amilum, gula, minyak asiri, damar, saponin, flavonoid, dan protein toksis yang dapat menghambat perkembangbiakan sel kanker. Kunyit putih jenis temu mangga ini rimpangnya mampunyai bau khas seperti mangga kweni. Tanaman ini banyak dimanfaatkan rimpangnya. Mempunyai khasiat antipiretik (penurun panas), antitoksik (menangkal racun), laksatif (pencahar), dan antioksidan. Khasiat kunyit putih dari temu mangga ini diantaranya, mengatasi penyakit kanker, sakit perut, mengecilkan rahim sesudah persalinan, menyempitkan organ kewanitaan, mengurangi lemak perut, menambah nafsu makan, menguatkan syahwat, mengatasi gatal-gatal pada vagina, gatal-gatal (pruiritis), luka, sesak napas (asma), radang saluran napas (bronkitis), demam, kembung dan masuk angin.

Untuk memudahkan konsumen Indonesia, MurniAlami.com menyajikan Kunyit Putih Sulthon. Silahkan Kunjungi Toko Herbal Murah Murni Alami.

Sumber: MurniAlami.com

About these ads

Posted on 23 Juli 2012, in Aneka Tips, Cerita-cerita, Gizi, jalan-jalan, Keluarga, lingkungan, Makanan Tradisional, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 385 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: