Jantung Pisang – Lezat dan kaya manfaat

Saat kecil, sering menjumpai menu jantung pisang, dari dimasak sederhana hanya direbus saja + sambal terasi, sampai yang dimasak dengan santan pedas dan ditambahkan jamur kayu (jamur grigit). Dulu saat kecil aku suka bertanya kenapa pohon pisang yang sedang berbuah sudah ditebang, apa karena hanya mau diambil jantungnya saja untuk sayur? ternyata banyak alasan para petani menebang pohon pisang diantaranya, jika terlihat cikal bakal buah yang tidak bagus, masih kecil buah pisang kulitnya sudha menghitam, katanya percuma dibesarkan nanti buahnya tidak enak. Dan diantara ratusan pohon pisnag tentu cukup banyak yang seperti ini, sehingga stock jantung pisang lumayan juga.

Sekarang semakin canggih pengetahuan tentang pemanfaatan jantung pisang ini, tekturnya yang seperti serat itu dapat dijadikan abon, aku pernah melihat tayangannya:cara membuat abon jantung pisang, dan rasanya lezat. Selain itu jantung pisnag juga dapat dijadikan kering, seperti diasinkan, yang disebut sedap malam (bukan bunga sedap malam lohh), ini biasanya untuk campuran tekwan, sup , dan cap cay.

Ternyata jantung pisang ini tidak hanya lezat juga kaya manfaat, yuukk kita simak :

Kompasiana : Melihat kondisi jantung pisang yang kian terlupakan, mari kita mengintip sejenak tentang manfaat jantung pisang. Jantung pisang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral terutama fosfor, kalsium dan zat besi maupun vitamin seperti beta karotin (pro vitamin A), Vitamin B1 dan C dan juga mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan yang terdapat dalam jantung pisang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh guna tercukupinya nutrisi dan aneka gizi.

Jantung pisang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak karena rendah lemak dan memberi rasa kenyang lebih lama (oleh kandungan seratnya). Penderita diabetes juga bisa memakan jantung pisang karena indeks glikemik (GI) nya rendah. Kandungan serat dalam jantung pisang dapat memperlancar pencernaan serta mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang bersama kotoran. Jantung pisang juga dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan (mencegah penggumpalan darah).(http://www.detikfood.com ). Sangat baik juga dikonsumsi oleh penderita sembelit dan ambeian.

 

Iklan

Posted on 23 Juli 2012, in Aneka Tips, Cerita-cerita, Gizi, Keluarga, lingkungan, Makanan Tradisional, Masakan Rumah, Pendidikan, wirausaha. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. kirimin dong tips membuat masakan jantung pisang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: