belanja di toko bahan kue

Satu bulan menjelang ramadhan, biasanya para produsen kue kering sudah bersiap, tak terkecuali juga aku. Kemarin belanja ke toko bahan kue, ini toko yang termasuk murah dalam harga namun mahal dalam pelayanan dalam arti agak sulit kita untuk bertanya baik mengenai harga, bahan apalagi penggunaannya. Untuk teman-teman yang pemula akan merasa tidak nyaman dengan keadaan ini, akupun pernah mengalami hal yang sama.

Perkembangan kuliner yang semakin cepat diikuti dengan berbagai pengembangan lain, terutama di bahan-bahan pembantu yang sebagian besar berbahan kimia. Untuk penggunaannya kita mesti berhati-hati, jika tidka paham caranya sebaiknya jangan mencoba bahan bahan yang baru.

Sebaiknya kita pelajari dulu kegunaan bahan tersebut dan aturan pakainya baru kita membelinya, untuk mengetahui penggunaannya saat ini sangat mungkin kita search saja di google. Jika jika membaca resep umumnya diberitahu takaran penggunaannya.

Kemarin sempat aku dengar seorang pembeli menanyakan bahan pengganti telur, di sebutkan oleh penjual dibagian ujung, pembeli terlihat bingung, lalu penjual menghampiri dan memberikan bahan yang dimaksud. Saat pembeli menanyakan takaran penggunaan penjual langsung bilang “ tidak tau saya pak, yang punya usaha kue rata2 menggunakan itu” nah jika sudah seperti ini tujuan kita ke toko bahan kue tidka akan tercapai, bagaimana kita akan membeli suatu bahan jika kita tidak tau cara menggunakannya. Sebaiknya kembali ke telur benar saja dulu, salah penggunaan, yang tadinya bermaksud mengurangi biaya produksi dengan penggunaan bahan kimia pengganti telur, bisa jadi biaya prosuksi malah lebih mahal. Umumnya bahan2 kimia tersebut cenderung mahal harganya namun pemakaian yang efektif menjadikan biaya produksi lebih murah.

Iklan

Posted on 22 Juni 2012, in Aneka Tips, Bisnis boga, Cerita-cerita, jalan-jalan, Kue Kering, wirausaha. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: