Cerita anak : Bumas

Bumas adalah anak  yang gemuk, karena dia gemuk jadi terlihat bundar makanya teman-teman memangilnya bumas, bulat dan suka lemas. Bumas tidak terlalu suka bermain karena dia cepat sekali lelah dan sukanya nonton TV hampir satu hari penuh. Teman-teman semakin lama semakin menjauh dari bumas karena mereka bosan jika main kerumah bumas selalu berada didepan TV. Mula-mula hal itu tidak menjadi masalah bagi bumas tapi lama-lama bumas jadi sedih karena badannya semakin bundar dan semakin sering lemas.

Bumas, ayo nak makan siang dulu, matikan TV itu “ ujar ibu . Ah,  nanti saja bu, aku masih kenyang “ jawab bumas . Sayang, sudah ibu katakan, jajanan yang ibu belikan tidak hanya untuk kamu seorang dan tidak untuk dihabiskan sekaligus, makanan itu juga untuk bapak, nenek, kakek  juga teman-temanmu jika mereka bermain disini. Akibatnya jika kamu terlalu banyak makan jajanan, pada saat kamu makan siang jadi tidak lapar. Tapi  tetap harus makan, jajanan itu tidak cukup gizinya untuk kebutuhan badan kamu” ujar ibu menghampiri bumas.

Dengan enggan bumas menghampiri ibunya, aku makan didepan Tv saja ya bu, aku masih menonton TV” ujar bumas. Tidak sayang, makan sebaiknya dimeja makan, lagipula ibu tidak ada temannya” ujar ibu sambil mengambilkan nasi untuk bumas. 

Melihat ada ayam goreng kesukaannya, bumas langsung mengambil dua, rupanya dia benar-benar sudah terlanjur kenyang, yang dimakan hanya ayam saja dan sedikit nasi sehingga masih banyak sisa nasi , sayur dan buah yang disediakan ibu tidak disentuh sama sekali, dan hal ini selalu berulang, walaupun ibu tidak pernah berhenti menasehati bumas untuk makan sayur , buah dan bermain bersama teman-teman di pagi hari saat matahari bersinar cerah .

Hingga suatu hari bumas merasa badannya tidak enak dan tenggorokannya sakit juga matanya perih, dalam tidurnya bumas bermimpi :

Aduh keadaanku semakin lama semakin tidak baik hidung” ujar mata mengeluh kepada hidung.  Kenapa mata” ujar hidung. Bumas hampir sehari penuh berada di depan telivisi,  bangun tidur dia sudah di nonton Tv, begitu pulang sekolah dia juga menonton TV, bangun tidur siang hingga sore dia nonton TV, kemudian malam dia membaca buku cerita ditempat yg tidak begitu terang, jadi aku kan bekerja keras setiap hari, menahan cahaya TV yang beraneka warna dan bumas menonton dari jarak yang cukup dekat.

Juga aku bekerja keras untuk  melihat huruf-huruf di buku dengan penerangan yg tidak cukup, setelah seharian aku bekerja keras, makanan untuk aku kurang ? keluh mata. Maksud kamu bagaimana mata, aku jadi tidak mengerti “ ujar hidung.  Iya, bumas tidak suka makan sayur padahal aku sangat membutuhkan vitamin A yg ada dalam sayuran terutama wortel, jika hal ini berlanjut aku tidak sanggup lagi dan bumas akan kehilangan matanya yg normal, untuk melihat dia memerlukan alat bantu yaitu kaca mata, dan jika terus menerus seperti ini dalam jangka waktu yang lama, aku bahkan tidak bisa berfungsi lagi atau tidak akan dapat menerima cahaya lagi sehingga bumas akan kehilangan fungsi matanya, dia bisa menjadi buta. Bumas mendengar percakapan itu dan dia jadi takut sekali, belum hilang rasa takutnya, dia mendengar obrolan yang lain.

Lidah,  hari ini aku rasanya haus terus, dan warnaku mulai memerah yg berarti mulai akan sakit” ujar tenggorokan kepada lidah.  Iya aku juga, mulai berwarna putih dan sebagian sudah mulai membengkak kecil “ ujar lidah menahan sakit.

Iya ya kita kekurangan cairan dan vitamin c yang banyak terdapat dalam sayuran dan buah, aku ingin sekali jeruk, tomat dan pepaya  “ ujar tenggorokan. Terlebih aku “ ujar lidah,  aku ingin semua jenis sayuran dan buah-buahan,  akan aku berikan ke gigi untuk dikunyah halus, dan melalui kamu tenggorokan akan kita kirim ke usus untuk diolah dan hasil olahannya berupa sari-sari makanan akan dibawa darah untuk dibagikan kepada teman-teman yang lain.

 Iya kemarin aku dipanggil oleh usus katanya mereka semakin lama semakin susah untuk mengolah bahan-bahan yang aku kirim, sehingga teman-teman, usus halus, usus 12 jari dan usus besar juga mengeluh, bahkan lubang pembuangan yg sangat mengeluh karena mereka susah mengeluarkannya karena terlalu padat dan lubang pembuangan mendengar anak yang bernama bumas itu teriak-teriak kesakitan pada saat dia buang air besar “ ujar tenggorokan.

Nah tadi aku mendengar mata yang mengeluh karena sari makanan yang telah diolah oleh usus yang dibawa oleh teman kita darah tidak mencukupi kebutuhan makanan mata yg paling baik yaitu vitamin A , bagaimana ya jika keadaan seperti ini terus menerus, maka kita semua akan lemah dan musuh kita yaitu virus dan bakteri akan cepat menyerang kita dan mereka akan segera menang karena kita tidak dapat bertahan dengan keadaan lemah seperti ini.

Dan benar saja, melalui udara si hidung  kemasukan virus flu, hidung mulai bersin-bersin dan banyak cairan kemudian cairan itu mulai mengental dan membuat si hidung sangat tidak nyaman, udara yang masuk terhambat” lanjut tenggorokan. Aku juga terkena dampaknya cairan kental itu membuat aku bekerja keras supaya dia tidak lama-lama berada di tempatku, bumas seringkali berusahan mengeluarkan cairan kental itu dari aku sehingga aku membengkak dan radang, jika sudah begini suhu tubuh akan meningkat oleh kerjanya virus itu, kita semua jadi lemah.  

Terdengar sebuah suara mengaduh, aduh semua bagian aku rasanya pegal-pegal, selain jarang bergerak aku jarang mendapat vitamin D dari sinar matahari “ terdengar tulang mengeluh, lama-lama aku tidak bisa bergerak jika keadaannya begini terus lanjut tulang.  Bumas semakin takut mendengar obrolan itu dan dengan lemah dia memanggil ibunya supaya datang membawakan makanan. Dan dia bilang kepada ibunya jika dia mau makan sayur dan buah.

Tenggorokan, lihat Ibu Bumas membawa bubur dan sayur bening bayam dan wortel juga juice jeruk, juga obat yang akan membantu kita untuk melawan virus itu. “ ujar mulut. wah senangnya kita.

Ibu menyuapi bumas sedikit demi sedikit karena bumas susah menelan , Bu apakah aku harus makan seperti ini setiap hari”ujar bumas. Iya tentu saja jika kamu belum sembuh”ujar ibu. Bu, aku mau makan 

Iklan

Posted on 26 April 2012, in Aneka Tips, Cerita Anak, Cerita-cerita, Keluarga, lingkungan. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. wah semua organ yang berhubungan dilibatkan interaktif ya bun
    bagus :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: