SIARAN PERS :Sari Husada Tingkatkan Edukasi Gizi serta Kesehatan Bunda dan Balita Melalui Jejaring Sosial

Saat ada undangan untuk meliput acara ini, wow langsung aku ambil kesempatan itu, kata kunci nutrisi selalu menggelitik untuk mengethauinya lebih banyak.

Bersama teman blogger bogor Kang Matahari Timoer, aku berangkat menuju Istora Gelora Bung Karno dimana sedang dilaksanakan Kids Festival & Edufair 2012.

Seperti biasa Bogor Jakarta ditempeuh paling cepat 2 jam, sampai disana jam 11 lebih sedikit dan sudah ada pembicara.

Satu kata yang langsung terucap  saat Mbak Yenni Fatmawati sedang memaparkan kegiatan Sari Husada, sosok yang cantik, smart , tepat untuk menjadi corporate Affairs and Legal Director Sari Husada.

Dan inilah paparan siaran pers saat acara gathering tanggal 24 Januari 2012. Untuk teman yang bertanya mengenai acara ini, silahkan ya…

Seiring meningkatnya pengguna sosial media dan akses serta pertukaran informasi melalui jejaring sosial, sari Husada meningkatkan upaya edukasi gizi dan kesehatan dana anak melalui jejaring sosial http://nutrisiuntukbangsa.org, faceboopage’Nutrisi untuk Bngsa’ dan akun twitter’@nutrisi_bangsa”.

silahkan teman teman segera berkunjung kesana dan sungguh kegaitan yang menarik dan patut dijadikan contoh, bagaimana perdulinya Sari Husada terhadap peningkatan gizi masyarakat menengah ke bawah khususnya dan seluruh masyarakat umum.

Menjelang Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Januari, sari Husada hari ini melakukan peluncuran tampilan baru web”Nutrisi Untuk Bangsa”. Peluncuran dihadiri oleh manajemen Sari Husada, serta aktifis jejaring sosial yang memiliki kepedulian terhadap gizi bunda dan balita.

Aku sudah tidak sabar untuk bertanya, bertukar sedikit informasi yang aku punya seputar makanan bergizi. paparan makin menarik saat tayangan demi tayangan di paparkan, ada banyak istilah cantik disini : srikandi award, warung sehat . Kegiatan yangs angat menarik yang sedang mereka galakkan.

“Selama lebih dari 55 tahun, Sari Husada menkankan pada upaya penyediaan produk nutrisi berkualitas namun terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Sampai saat ini kami masih memberikan fokus perhatian kepada 360 minggu pertama dalam kehidupan awal manusia – mulai dari masa pra kehamilan hingga anak berusia 6 tahun,”kata Yeni Fatmawati, Corporate Affairs and Legal Director Sari Husada.

“Staus gizi dan kesehatan bunda dan balita masih menjadi masalah besar di Indonesia, dimana angka kematian ibi melahirkan masih tinggi sementara jumlah balita penderita gizi kurang dan gizi buruk juga masih signifikan. Salah satu penyebab terjadinya masalah ini adalah kurangnya pengetahuan tentang gizi sehingga upaya penyebaran informasi tentang gizi bunda dan balita masih sangat diperlukan,” jelas Yeni

Setuju sekali dengan paparan ini, menurut aku dari hasil survey lapangan, penyebab lain, masih banyaknya wanita hamil dan melahirkan dengan usia yang masih sangat muda >17 tahun, pengetahuan yang sangat minim dalam menjaga kesehatan masa kehamilan dan masa setelah melahirkan, bahkan menjadikan mereka kurang bertanggung jawab akan tumbuh kembang anak-anak mereka dan jarak kelahiran juga rapat sekali.  Hal ini tidka saja mengancam kesehatan ibu dan anak bahkan jiwa mereka juga terancam.

Sebagaibagian dari upaya mengajak masyarakat agar lebih memiliki pengetahuan tentang pentingnya gizi, sejak pertengahan tahun 2010, Sari Husada mencanangkan kampanye ‘Nutrisi Untuk Bangsa’ melalui berbagai media termasuk lewat jejaring sosial.

“Program edukasi gizi dan kesehatan secara terintegrasi baik melalui kegaitan penyuluhan langsung, media konvensional serta media sosial terbukti efektif dan mendapat sambutan positif'”kata Arif Mujahidin, Senior Corporate Communication Sari Husada.

“Untuk memperluas jangkauan komunikasi, selain menghadirkan narasumber ahli gizi dan kesehatan yang kompeten, sari Husada seringkali melibatkan wartawan maupun aktifis jejaring sosial (bloggers, fans, followers) dalam setiap kegaitan besar. Dampak dari hal ini, banyak artikel, tulisan maupun informasi tentang gizi dan kesehatan yang dihasilkan dan bisa diunduh dari situs, akun maupun page jejaring sosial Sari Husada serta’Nutrisi Untuk Bansa’ yang bermanfaat bagi bunda dan balita serta peminat masalah gizi dan kesehatan.”jelas Arif.

Saat ini ada lebih dari 6.000 follower aktif akun @nutrisi_bangsa dan 5.000 fans di halaman Facebook Nutrisi Untuk Bangsa. Peluncuran tampilan baru website Nutrisi Untuk Bangsa, serta akun twitter @nutrisi_bangsa dimaksudkan untuk mempermudah dan memperlengkap informasi gizi dan kesehatan bunda dan balita. Untuk memeriahkan peluncuran tampilan baru website Nutrisi Untuk Bangsa, Sari Husada menyelenggarakan lomba penulisan blog bertema”Kesehatan Bunda Kesehatan Kita” yang boleh ikut siapa saja yang memiliki blog dan memiliki perhatian terhadap gizi dan kesehatan bunda.

Yukk teman teman ikut lomba blog

Topik diatas sangat relevan dengan fakta bahwa sekitar 55% persen angka kematian ibu (AKI)disebabkan pendarahan dan pre-eclampsia yang terkait erat dengan malnutrisi atau gizi buruk selama hamisl sebagaimana pernah disampaikan oleh Dr Damar Pramusindo SpOG (K) dari Divisi Fetamoternal RSCM/FKUI dalam acara Nutritalk Sari Husada beberapa waktu lalu.

“Ibu hamil malnurisi berisiko melahirkan bayi berat lahir rendah yang berisiko memiliki IQ rendah dan tumbuh kembang dengan tidak optimal. Hal tersebut akan berisiko terhadap kelanjutan kualitas generasi berikutnya,”kata dokter Damar.

Kenyataan seperti inilah yang mendorong Sari Husada untuk terus melakukan edukasi gizi bunda dan balita melalui aneka kegiatan baik melalui interaksi tatap muka seperti program’Ayo melek Gizi’,Nutritalk” maupun melalui edukasi lewat jejaring sosial melalui web dan akun ‘Nutrisi Untuk bangsa’.

Kami yakin, semua kegiatan edukasi yang kami lakukan pada akhirnya akan membawa manfaat bagi bunda dan balita serta meningkatkan pengetahuan gizi dan kesehatan masyarakat pada umumnya, jelas Yeni.

Nah sahabat, luar biasa kan Sari Husada dengan programnya untuk memperbaiki gizi buruk pada bunda balita di seluruh Indonesia.

Setelah 3 pembicara selesai memberikan pemaparan, oleh mc kami diberi kesempatan untuk bertanya, kesempatan ini langsung aku pergunakan, aku tertarik sekali dengan warung sehat itu, ini berkaitand engan maraknya jajanan tidak sehat untuk anak-anak terutama TK dan SD.

Aku katakan, ini ide yang sangat menarik, yang terbayang dalam benak aku saat itu, warung sehat isinya aneka produk dan olahan sari husada, ternyata barang barang lain yang sama produk diperbolehkan untuk dijual dengan catatan sehat tentunya.

Aku katakan juga, termasuk salah satu ibu yang sering mempergunakan produk SGM terutama yang soya khusus untuk anak saat diare. Sedikit sharing olahan dari susu bubuk bisa beraneka macam, bis auntuk membuat puding susu, dimasukkan dalam adonan roti atau cake, dll

Dan Aku sendiri sedang fokus pada pembuatan makanan dan minuman sehat, baik menu dalam catering, pembuatan kue tradisional dan kue kering.

Warung sehat intinya menjual makanan dan minuman yang sehat dengan , tidak msalah pihak kompetitor (dalam arti produk sama) untuk dijual di warung sehat itu, wah hebat ya bisa melakukan hal tersebut karena niatnya Sari husada memang mengentaskan gizi buruk di negara ini.

di stand Sari Husada terlihat anak-anak usia TK sedang berkunjung, wow rupanya di stand di buat media untuk menanam sayur. Selama Pameran anak-anak diperbolehkan untuk menanam sayuran di media itu dengan cara mengisi formulir pendaftaran.

Setelah berkunjung ke stand kami kembali keruangan konferensi pers untuk makan siang. Menu yang disuguhkan mampu membuat aku untuk terus ditempat acara hingga selesai. Nasi putih, nasi goreng, fillet dada ayam goreng tepung (mirip cordon bleu), cah brokoli, daging masak paprika, mie goreng, sup sarang burung, kerupuk, aneka buah, es buah dan aneka snack tentunya.

Acara dilanjutkan kembali masih pemaparan seputar web yang baru, ada lomba blog dan, oh ya tadi belum aku singgung, dari awal mc mengatakan dalam acara ini ada lomba live tweet denagn hadiah voucher belanja Rp.750.000, dan alhamdulillah 2 hadia itu dibaw apulang oleh blogger bogor kang mt dan Harris Maul, Selamat ya.

Akhirnya acara selesai dengan sukses, kami diberikan gody bag yang berisi Tempat Air minum yang cantik dan ballpoint.

Terima kasih atas undangannya dan sukses selalu untuk Sari Husada.

Iklan

Posted on 26 Januari 2012, in Blogor, Blogroll, Cerita-cerita, jalan-jalan, Keluarga, Komunitas, lingkungan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: