Masakan Rumah Praktis Ekonomis dan efisiensi bumbu _ Semur Daging & daging masak tahu cabe hijau

kadang bumbu dijadikan alasan untuk sedikit malas memasak, sebenarnya masakan indonesia umumnya bumbu dasar hampir sama saja, yaitu bawang merah, bawang putih dan cabe, tinggal menu apa yang rencana akan kita masak, tinggal penambahan rempah lainnya, yang paling simple selain tumisan , sup, sayur asam, bening adalah semur atau banyak yang bilang masak kecap.

Menurut aku semur dan masak kecap itu ada perbedaan yang cukup banyak juga, mungkin karena aku dari sumatra yang hampir disemua masakan berempah cukup banyak. Saat aku makan ayam masak kecap di salah satu resto yang terasa dilidah manissss, sementara kalo semur ada rasa manis, asin, asam, dengan aroma khas dari campuran cengkih, buah pala, kapulaga, asam jawa, kayu manis dan gula merah. Bumbu Semur ini bisa di variasikan menjadi beberapa macam masakan loh, biasanya kuahnya masih cukup banyak dan ayamnya sdh habis, kauah ini bisa untuk merebus tempe dan tahu yang nantinya akan menghasilkan bacem tempe & tahu yang legit. Atau masukkan telur ayam atau telur puyuh.

Kali ini aku masak semur daging yang cukup banyak, setelah masak semur daging itu aku bagi 2, yang sebagian untuk di konsumsi hari ini dan sebagian rencana untuk dikonsumsi besok, tinggal sayurnya saja yang diganti. Hari ini semur daging, bening katuk toge, sambal , perkedel jagung dan kerupuk. Ternyata anak-anak sdh tidak mau jika esoknya semur daging lagi, aku lihat di kulkas ada tahu kuning , ada toge jepang, ada cabe hijau. Nah bisa divariasikan semur daging tadi dengan penambahan tahu kuning yg digoreng sebentar . cabe hijau dan toge jepang, dengan sedikit tambahan saus teriyaki.

Nah jadi efisiensi di waktu memasak, bumbu tapi mendapaatkan dua menu yang berbeda, selamat mencoba.

Posted on 16 Januari 2012, in Aneka Tips, Bisnis boga, Cerita-cerita, Keluarga, Makanan Tradisional, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. hahaha.. kalau menurut saya sih bukan malas masak, hanya saja kurangnya variasi bumbu masak. jadi jika hilang (ga ada) satu ada bumbu masak jadi kebingungan seolah ga ada varian bumbu masak pengganti. Kayak asam jawa kan bisa diganti dengan tomat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: