Wirausaha skala kecil : berbagi cerita dan tips

beberapa teman bertanya seputar usaha home made yang ingin mereka jalankan sehubungan pekerjaan yang belum didapat setelah selesai kuliah, ada pekerjaan yang ditawarkan namun kompensasi yang diberikan hanya cukup untuk trasnport saja sementara hampir 16 jam waktu tersita mulai perjalanan pulang pergi + jam kerja.

kita berbagi saran dan akan segera dikerjakan adalah jualan makanan, karena ini yang paling memungkinkan dengan modal kecil.

  • Peluang pertama yang akan diambil adalah jualan gorengan. Ini dari hasil ngobrol dengan abang penjualan gorengan yang telah mempunyai 5 gerobak.
  • langkah yang diambil pertama adalah tempat dimana gerobak itu akan diletakkan, sebaiknya di dekat perkantoran dan akan lebih baik dekat perkantoran yang juga dekat kampus/ sekolah.
  • yang kedua : Jika untuk membeli gerobak dana tidak mencukupi maka jualan keliling dengan bagi hasil juga masih memungkinkan.
  • Untuk bahan baku sebaiknya membeli di pasar induk, selain harga lebih murah juga persediaan bahan umumnya selalu ada.
  • tentukan dagangan yang akan dibuat : misal bakwan sayur, risoles, martabak mie mini, pisang goreng tepung panir.
  • Dibuat sedikit berbeda dari tukang gorengan biasa , ini untuk antisipasi kalo ditempat yang dituju sudah ada penjual gorengan yang biasa.
  • sebaiknya buat jualan dalam jumlah yang cukup banyak walapun masih penjual baru, ini untuk menarik minat pembeli. Umumnya pembeli tidak mau diberikan jualan sisa, dalam arti kalo terlihat sedikit seperti sudah sisa pembeli lain.
  • Bahan baku sebaiknya yang berkualitas, jika pada akhirnya dihitung penggunaan bahan baku berkwalitas tinggi dan kwalitas rendah hanya memepunyai sedikit perbedaan dalam biaya, namun hasil akhir bentuk jualan akan cukup berbeda baik rasa maupun tampilan.
  • Survey harga terlebih dahulu, untuk menentukan harga jual , ada baiknya dijual dengan harga yang sama atau sedikit lebih murah untuk menarik minat pembeli dulu, setelah cukup punya pelanggang bisa dinaikkans edikit atau sesuai dengan kenaikan harga bahan baku.

Nah, teman2 ingin ikut mulai berjualan juga???? semoga sedikit bincang2 ini bermanfaat.

Posted on 26 Desember 2011, in Aneka Tips, Bisnis boga, Cerita-cerita, Keluarga, Makanan Tradisional, Masakan Rumah, Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: