Road Show Internet Sehat – SMK Cibinong Bogor

Masih seputar belajar berbagi, pada kesempatan ini menjadi relawan untuk Road Show ke sekolah2 dalam rangka sosialisasi internet Sehat. hari ini sekolah yang menjadi tempat tujuan adalah sebuah SMK di Cibinong.
Saat sampai di sekolah aku disambut 2 satpam yang ramah, lalu disambut oleh ibu dan bapak guru yang welcome sekali, setelah bincang2 sebentar aku diajak ke sebuah ruangan kelas yang sepertinya memang dijadikan aula untuk pertemuan2.
Segera siapkan materi dan aku mulai sampaikan apa yang disebut internet sehat.
Cukup Banyak siswa/siswi yang berkumpul, suara2 ceria mereka berkumandan di ruangan itu, celetukan2 mereka mengingatkan aku saat masa2 SMA dulu, celetukan ala anak2 remaja, dan bagi aku sebagai nara sumber hal ini bukan suatu masalah justru semakin membangkitkan semangat untuk berbagi dengan mereka. Semakin materi dilanjutkan lagi semakin hening raung itu, mereka menyimak dengan baik, terkadang tertawa bersama saat ada penayangan gambar2 yang lucu atau materi itu memang mengena pada pengalaman mereka masing2.
Terlihat beberapa siswa tersenyum , tersipu bahkan , menggoda temannya.

aku katakan kita disini adalah frend seperti kita didunia maya hanya ada 2 kategori frend dan un frend, sebagai frend yuuk kita berbagi bersama, aku berharap teman2 menyerap materi ini dan aku juga mendapat ilmu dari kalian, dari pengalaman kalian selama didunia maya, apa saja yang sudah didaptklan baik sisi positif dan sisi negatifnya.

Selesai memberikan materi, siswa bertanya seputar identitas yang dicuri pihak lain, dan aku coba jelaskan kenapa dimateri yg aku sampaikan tadi bahwa jangan memberikan identitas yang sangat lengkap dan detail di media social, ini untuk menghindari pencurian data tadi.

karena ini sebuah sekolah kejuruan, sedikit aku singgung mengenai wirausaha yang saat ini promosinya sangat bagus jika dimedia Blog, aku berikan beberapa contoh usaha yang cukup berhasil karena ditulis di media blog, termasuk usaha kuliner yang aku jalankan.
Dijelaskan pula mudahnya menulis di blog, karena media ini milik kita, namun tetap ada etika yang terjaga.

Setelah selesai materi yang aku sampaikan, dilanjutkan dengan fasilitator lain yaitu Unggul Sagena memberikan materi seputar BLOG,teman yang satu ini sudah merasakan dampak postif yang diolahnya di social media Blog, banyak penghargaan dan haidah2 berharga yang telah diterima.Ini juga kita singgung dalam acara tadi,untuk membangkitkan semangat teman2 yang lain untuk menulis positif di blog mereka.
Selesai materi yang diberikan Unggul Sagena, beberapa siswa langsung mendekati dan bilang ingin mengatifkan kembali blog mereka.

Alhamdulillah, kegiatan kami berbagi hati selesai dengan baik dan lancar, ada 2 buku yang menjadi hadiah bagi teman yang bertanya.
Kami dijamu makan siang bersama dan dibawakan oleh2 buah oleh pihak sekolah.

Berbagi itu indah.

Posted on 1 Desember 2011, in Aneka Tips, Blogor, Blogroll, Cerita-cerita, Keluarga, Komunitas, lingkungan. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. sami-sami kang, siap road show lagi

Tinggalkan Balasan

