Olahan aneka cake gagal

banyak sahabat yang mengeluh membuat cake gagal, ada yg bantat , ada yang gosong, lalu merasa kesal cake itu dibuang..aku juga pernah alami hal yang sama, namun tidak cepat cepat aku buang, terpikir, masih bisa tidak ya di sulap jadi bentuk yang lain, toh untuk rasa yakin tetep enak, lah bahannya  telur, mentega,susu, terigu..tapi diolahnya tetep ada nilai jualnya.

setiap pembuat kue pernah mengalamai hal seperti ini, yg lebih memebuat tidak nyaman sebenernya bukan saja gagalnya tapi terkadang waktu yang sdh dead line membuat kita panik.

jika sangat darurat dan daripada tidak terpenuhi sejumlah pesanan, ada baiknya katakan jujur dengan pembeli, misal : bu kurang 10 kotak, tapi kue saya yg terakhir ini kurang maksimal hasilnya, jika sedikit saya olah apakah berkenan, biasanya kalo teman atau pembeli langgangan akan maklum.

Untuk cake gosong :

  • jika gosongnya tidak parah masih bisa kita buat variasi, buang bagian yang gosong, hati hati usahakan bentuk cake tidak berubah. taruh cake ke dalam loyang kembali. Ambil satu kaleng buah kaleng yg jenis coctail. masak agar agar susu dengan air dari buah kaleng, tambahkan air biasa jika air dalam kaleng tidak mengcukup takaran. taungkan larutan agar agar kedalam loyang yang berisi cake hingga menutupi cake , taburi buah kaleng diatasnya dan biarkan agar agar buah mengeras. keluarkan cake agar agar dari loyang, potong kecil 3×4, beri hiasan butter cream atau whipped cream diatasnya.

Untuk cake bantat (1)

  1. hancurkan cake hingga rata, tambahkan 1 sdm mentega, 5 SDM kental manis full cream, aduk rata.
  2. bulatkan dengan daiameter 3 cm.
  3. lelehkan dark cooking coklat, celupkan bulatan cake setengah bagian saja, taburi dengan aneka meisi, atau parutan keju, atau kelapa kering. Untuk coklat leleh bisa variasi aneka warna dan rasa coklat.

Untuk cake bantat (2)

  • Potong kecil cake bantat sisihkan.
  • buat adonan pie, cetak dan panggang.
  • tata potongan cake diatas mangkok pie, taburi kacang tanah cincang, dan siram dengan coklat leleh.

 

Posted on 11 April 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Assalamualaikum….
    Mbak masih ingat saya yang berminat kursus cake ? Tgl. 6 April kemarin putri sulung saya ultah,saya nekat nyoba bikin cake,saya pakai tepung siap pakai merk Donan. Ga tau apanya yang salah,hasilnya bantat. Karena udah ga sempat bikin yang lain akhirnya cake bantat itu tetap saya hias sebisanya pakai buttercream ditambah hiasan spongebob dari plastik. Anak saya cukup senang,meskipun gara-gara cakenya bantat dia jadi ga bisa ngebagi kue itu ke tetangga. Jadi ga sabar pengen segera kursus ke Mbak Desi biar bisa bikinin anak kue yang enak dilihat dan enak dimakan…

    • halo mbak…wuihhh aku salut lohh nawaitu saja sdh modal yg utama mbak, aku yakin si kecil pasti bilang kalo itu buatan bundanya dengan rasa bangga. Yuk kapan mo buat kue bareng, tgl berapa mbak bisa, aku agendakan dehhh…sendiri aja nggak apa apa koq…aku tunggu ya

Tinggalkan Balasan

