Selamat Hari kebangkitan Nasional

Sudah bukan hal yang aneh jika  anak-anak sekarang banyak yang tidak hapal lagu-lagu wajib Nasional , jangankan yang memang kurang sering terdengar, lagu kebangsaan Indonesia Raya saja banyak yang tidak hapal. Kalo ditanya kenapa, jawabannya akan banyak sekali, banyak factor yang membuat keadaan itu.

Yang paling sederhana adalah kurangnya pembiasaan untuk selalu mengumandangkan lagu itu. Saat-saat tertentu untuk mengumandangkan lagu itu saat ini tidak lagi dibuat suatu hal yang ditunggu-tunggu, yang menjadi kebanggaan sekolah, kebanggan, orang tua, kebanggaan temena-teman juga yang pasti kebanggaaan sendiri.

Saat masih duduk di bangku SMP, 1 bulan sebelum Hari Kemerdekaan 17 Agustus, berbagai persiapan untuk mengikuti  aneka lomba sudah dipersiapkan. Yang paling bergensi untuk ukuran daerah saat itu adalah lomba baris berbaris. Juara lomba itu seakan sudah mewakili suatus ekolah yang berkwalitas, makanya setiap sekolah sangat sibuk berlatih dan berlatih.  Saat Hari Proklamasi tiba, setiap sekolah mengirimkan satu regu untuk mengikuti Upacara Besar yang biasanya akan dihadiri oleh pejabat setempat, dan merupakan kebanggaan yang luar biasa saat sekolah mendapat piala bergilir sebagai juara umum dalam berbagai lomba.

Selain itu, yang membuat harus hapal lagu-lagu wajib karena setiap kelas akan mendapat giliran untuk menjadi team upacara bendera setiap hari senin. Saat itu sebagai ketua kelas yang umumnya akan memimpin upacara bendera. Rasa bangga merayap di hati takkala memimpin hampir 300 siswa untuk upacara bendera. Saat mulut berucap” kepada Sang merah Putih Hormattttttttttttttttttt grak” bendera langsung dinaikkan untuk dikibarkan diiringi lagu kebangsaan , membuat seluruh raga bergetar. Setelah selesai pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dengan diiringi lagu yang begitu menggugah rasa di hati dan ditutup dengan lagu-lagu wajib lainnya.

Saat dirumah tiang bendera cukup kokoh dibuatkan oleh ayah. Teringat aku dan adik-adik suka main upacara bendera di rumah, bergantian menjadi petugasnya, terkadang jadi pemimpim, terkadang jadi petugas pengibar bendera, terkadang seolah jadi Pembina upacara. Kegiatan yang terlihat seperti sebuah permainan itu sadar tidak sadar akan merasuk ke dalam memori, ke dalam hati betapa indahnya sebuah upacara bendera.

Setiap hari besar nasional hampir selalu di rayakan dengan upacara bendera dan berbagai lomba yang akan selalu mengingatkan akan hari-hari nasional itu, seakan ditunggu kedatangannya.  Merupakan suatu kebanggaan sendiri takkala mewakili sekolah  dan daerah dalam berbagai lomba tersebut.

Selain itu, berbagai lomba nasional maupun Internasioal yang ditayangkan di TV seakanI wajib ditonton, selain sering keluar dalam ujian di sekolah juga umumnya akan menjadi cerita yang hangat disekolah, akan menjadi rendah diri jika teman-teman membahas hal tersebut sementara kita tdk dapat mengikuti. Rasa solidaritas berbangsa dan bernegara tumbuh subur takkala mengikuti pertandingan tingkat dunia di TV terutama, bidang olah raga bulu tangkis, tenis lapangan, sorak sorai membahana takkala team nasional kita bisa menang dan menjadi juara, saat menerima piala dan hadiah, lagu Indonesia Raya berkumandang dengan gagahnya, ikut bernyanyi dan merasakan haru yang dalam.

Kebiasaan –kebiasaan itu membuat rasa cinta tanah air dan bangsa tumbuh subur dengan sendirinya.

SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL 2010

Posted on 20 Mei 2010, in Cerita Anak, Cerita-cerita, Keluarga, Komunitas, Uncategorized. Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. Kalau menurut saya, rasa kecintaan tanah air dan bangsa itu harus termanifestasikan dalam bentuk karya. Karena hanya dengan hal-hal konkretlah perasaan itu benar-benar terbukti kebenaran dan kekuatannya.

  2. Terlalu banyak kuis2 yang mengharuskan menghafal lagu terbaru ini-itu seh bu.. T.T

  3. semoga jadi moment tepat mengembalikan citra bangsa ini, :)

  4. saya pingin tau nih, gimana caranya sy bisa gabung di blog bersama rekan2, sy emang sdh punya blog tapi maaf sy masih pemula membuat blog, gimana supaya blog sy juga bisa di akses oleh rekan2 semua sesama blogger, trim’s

    • salam kenal mas suyadi, untuk menjadi member bloger bogor bisa langsung ke …. blogor.org senang sekali jika berkenan bergabung, bogornya dimana mas. salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: