masakan praktis untuk yang kost

masakan anak kostSaat kuliah dan bekerja, hampir 7 tahun menjadi anak kost, julukan untuk anak-anak yg terpaksa menyewa kamar untuk sekolah atau bekerja yang jauh dari keluarga.

Pola makan yang biasa teratur, makan masakan rumah, tiba-tiba harus segera beradaptasi dengan makanan apa saja yang tersedia di warung dekat tempat tinggal dan terjangkau harganya sesuai dana kiriman dari ortu. Jika sudah bekerja pun tetep harus menghitung biaya makan.

mie instan menjadi menu favorit, tidak ada yang salah dengan mie instan jika di konsumsi sebagai selingan, atau dijadikan lauk dengan diberikan variasi, jadi status mie tetap sebagai karbohidrat ditambah pelengkap lainnya seperti daging ayam, daging sapi , telur dan sayur mayur untuk memenuhi standar gizinya.

Praktis dan malas itu sering disejajarkan, padahal beda jauh loh.

beberapa menu masakan yang pernah aku buat saat menjadi anak kost di bawah ini semoga bisa bermanfaat :

  • Biasanya aku belanja untuk 3 hari terdiri dari : ayam 1/2 kg, ikan 1/2 kg, tempe dan tahu, cabe campur ( cabe, tomat, bawang), garam, bubuk kaldu, lada, beras. Untuk sayur beli harian saja titip dengan mbak pmbantu di kost. Apakah bayam, kangkung, atau sop. Oh ya terlupa, bumbu dasar jadi : bumbu kuning.
  • dengan satu bumbu jadi yaitu bumbu kuning atau bumbu kare, empat lauk sdh bisa kita dapatkan :
  • ikan biasanya sdh dalam keadaan bersih dan dipotong2 ( bis aminta tolong tukang ikan)
  • bumbui ikan dengan bumbu kare, beri sedikit garam dan simpan did alam box kecil, taurh di freezer. saat akan di konsumsi jadi tinggal menggoreng.
  • ayam , tempe dan tahu diungkep pake bumbu kare juga, sampai ayam matang dan meresap juga bumbu mengental. Pisahkan tempat menyimpanm antar tempem tahu dan ayam. Saat kita ingin mengkonsumsi tinggal di goreng saja.
  • Dengan bahan-bahn itu sudah bis akita variasikan menu :

senin :

  • Pagi : cukup sarapan dengan Omelet dan tahu goreng
  • Siang : biasanya di kantor atau kalo di rumah juga bisa buat menu :
  • Tempe goreng + ayam goreng + sayur bening dan sambal.
  • Malam : Biasanya sambal tidak langsung habis, kita jadikan saja ayam balado + kerupuk + buah (banyak tukang buah siap santap di sekitar kampus atau kost)

Selasa :

  • Sarapan : mie instan goreng , pakai bumbu minimalis dans ehat saja.
  • Mie direbus lalu ditiriskan, 1 siung bawnag putih di geprek. Buat orak arik telur, masukkan bawnag putih, irisan daun bawang dan sayuran caisim, aduk hingga layu, masukkan mie, garam, kecap, kaldu bubuk, aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dan siap disantap bersama sedikti nasi hangat.
  • Untuk siang bisa : ikan goreng dan cah kangkung pedas + kerupuk
  • Malam : Nasi goreng sayur + kerupuk + buah

Posted on 30 April 2010, in Aneka Tips, Cerita-cerita, Keluarga, Makanan Tradisional, Masakan Rumah, Uncategorized. Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. haduuuuuuuuuuh… laper euy… btw kok ada mienya bu… bukannya mie gak baik..masalahna saya kalo makan mie gak bisa di rem euy… hehehehehehe

    • heheh kang anka kumaha, di atas kan udah dibilang nggak ada yg salah dgn mie loh, mie tetep bisa jadi makanan sehat tinggal kita variasi saja, mie yg kandungannya karbohidrat bisa kita penuhi gizi lain dengan telur, dan sayur. so tetep bisa konsumsi mie dan tetep sehat.

  2. Tu masih termasuk makanan super-mewah buat anak kost macam saya bu T.T

    • atauh kumaha kang miftah, eit masih bisa di minimalis koq, tempe diganti oncom goreng tepung, ayam diganti ati ampela, tetep enak dan sehat koq.

  3. eunakk…posting buat anak ngekost lagi yach, yang banyak.

  4. mbak aku kan co
    kalau buat kayk gitu terlalu ribet,hehehe

    • halo galih, wah temen-temen aku cowok dulu di kost pada suka belajar masak koq, pertama sich bantu ngerecokin, terus bantu bersihin sayur-sayur akhirnya mereka malah bisa masak..dan kita suka makan bareng…lumayan jadi irit

  5. iya jg ci mba msh trbilang mewah he….tapi tar di coba byar bljr mask jg he….

  6. enak bgt tapi buat anak kosan cowo kya saya mah susah bner bkin gnian bu…huhuh
    tapi makasi ya ilmunya.. n_n

  7. haduh2 di kost saya gk ad kompor bu..

    apalagi mw k pasar.. banyak kegiatan kampus.. T_T”

    tp mksih bgt ilmuny niie..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: