Masakan praktis untuk ibu bekerja

Sahabat-qu bertanya :

Masakan apa yaa yang kira2 cocok untuk ibu hamil muda dan sibuk seperti saya,sedangkan suami saya juga tidak mau kalau makan makanan yang tidak berasa atau rasanya hanya gurih atau malah manis??sedangkan saya juga harus sibuk menangani masalah pekerjaan,juga harus menyiapkan makanan untuk suami saya??kalau ada resep yang praktis namun cocok untuk ibu hamil dan juga buat keluarga.makasih yaa…

Mbak, pada saat aku hamil muda semua makanan rasanya tidak enak, bahkan wangi nasi saja membuat aku sangat tidak nyaman. Namun motivasi bahwa yg aku konsumsi bukan untuk aku saja tapi dgn bayi maka aku berusahan untuk makan makanan yg full gizi, dan masakan rumahlah yg bis afull gizi karena dapat kita sesuaikan.

Saat hamil muda sampai saat mau melahirkan aku juga tetap masak terus padahal saat itu aku juga bekerja yang brnagkat subuh dan pulang malam.

semoga ketikan pagi ini bisa bermanfaat :

  • siapkan bumbu jadi yang tradisional bisa didapatkan di pasar tradisional atau hypermarket , misalnya : bumbu opor, bumbu semur, bumbu ayam goreng, bumbu rendang, bumbu pepes ikan, bumbu gulai ikan.
  • Beli dalam jumlah yg sedikit saja mbak, biasanya aku minta per bumbu harga 4000 saja, ini pun bis auntuk 3x masak.
  • Setelah itu, bumbu-bumbu tersebut kita tumis dulu sampai airnya asat supaya tidak mudah basi, dinginkan dan masukkan wadah kecil-kecil bertutup. Simpan di kulkas.

Nah tinggal kita variasi saja :

Buat ayam goreng :

  • bersihkan ayam dan sebaiknya buang kulitnya, potong sesuai selera, ungkep ayam hingga matang.dinginkan. Simpan dalam wadah tertutup. Saat mbak ingin ayam goreng tinggal goreng saja.
  • Sisa bumbu berkaldu itu bisa untuk merebus tempe dan tahu. Juga tempe dan tahu yg sudah diungkep bisa disimpan dalam wadah tertentu dan siap digoreng sewaktu-waktu.
  • Menu itu sudah bisa untuk sarapan pagi, tinggal di tambah 1 gelas kecil susu dan 1 gelas juice buah.

Menu makan malam

  • Untuk daging juga bisa diperlakukan sama, buat empal. Jika tidak suka manis, jgn diberi gula. Jadi saat pulang kerja, bisa buat menu empal goreng dan untuk sayurnya yg praktis saja : Cah Bok Coy + tahu, atau bisa buat cap cay minimalis.

Menu sarapan :

  • Daging empal yg untuk makan malam jika masih bersisa, bisa dibuat empal pedas untuk sarapan pagi. Bumbu balado yg kita simpan ambil saja sedikit, tumis sebentar , masukkan daging empal.
  • Untuk sayurannya bisa buat orek telur +wortel + toge

dari literatur yang aku baca, ikan laut dalam yang mengandung banyak  omega 3 sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika bosan digoreng bisa dibuat gulai ikan atau sup ikan.

Selamat memasak ya, semoga ibu dan baby sehat selalu.salam

Posted on 8 April 2010, in Aneka Soup, Aneka Tips, Bisnis boga, Cerita-cerita, Keluarga, Makanan Tradisional, Masakan Rumah, Uncategorized. Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. klo saya, yang jadi masalah menyiapkan bumbunya itu loh bu desi..
    maklum namanya juga bujangan apalagi petani kadang cuma bisa metik di kebon tetangga buat bumbu seadanya..
    hahahah.. :0

    • kang hangga, kan sdh banyak bumbu siap pakai di pasar tradisional, tinggal kita bilang bumbu apa, misal bumbu opor, sampai rumah di tumis hingga agak kering, masukkan wadah tertutup, simpan di kulkas, bis adipakai berkali-kali…yookmasak aku juga 7 th jadi anak kost loh

  2. Nah kalo saya cuma bisa nyodorin piring kosong :D

  3. Trisna Wijayanti

    wahhh…, seru… ada tambahan resep baru ga bu?
    saya mahasiswa semester akhir. waktu semester awal., saya masih sering beli makan diluar. tp berhubung saya ga tahan vetsin, jd saya menyempatkan masak sendiri selagi ada kesempatan. sampai semester lalu saya masih sering memasak sendiri, hampir setiap hari. tapi sekarang saya kembali disibukkan dengan aktivitas di kampus yg non-stop dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. belum lagi klo malam saya harus menggarap tugas akhir. saya cukup kewalahan untuk mulai mengatur waktu memasak lagi.kira2 bagaimna solusinya?

  4. You actually make it appear so easy with your presentation but
    I to find this matter to be actually something
    that I feel I might by no means understand. It seems too complex and
    extremely large for me. I am taking a look forward to your subsequent put up, I will attempt
    to get the grasp of it!

  5. This is my first time pay a quick visit at here and
    i am genuinely pleassant to read all at single place.

  6. Wow, this paragraph is fastidious, my sister is analyzing such things, therefore
    I am going to convey her.

  7. Very descriptive post, I enjoyed that bit.
    Will there be a part 2?

  8. nice post defidi… update terus yah….

Tinggalkan Balasan

