Yang qu-tahu tentang masakan tahu

Ini tulisann banyak gara-garanya, gara-gara emang suka makan tahu, gara-gara lihat tahu selalu ada di penjual gorengan, gara-gara banyaknya variasi aneka masakan tahu, dan lain sebagianya mengenai tahu jadi lah tulisan ini :

Tahu goreng

apa sich susahnya buat tahu goreng, wow jangan salah. Pernah aku lihat hasil tahu goreng yang keras, berkulit dan berminyak, pokoke tampilan tuh tahu goreng nggak enak banget deh…

bahan makanan yg sifat dasarnya lunak, sebaiknya digoreng dalam minyak yang cukup banyak, api yang cukup panas, jangan terlalu sering dibalik dan masak sebentar saja. Hasilnya lebih enak, tampilannya mengugah selera.

Tahu berontak

Saat aku kecil tinggal disuatu daerah, tahu berontak itu namanya tahu bunting…kenapa ? karena isi tahu dikeluarkan, dicampur dengan sayuran iris halus seperti kol, wortel, toge dan dimasukkan kembali kedalam tahu, dicelup ke dalam adonan terigu dan di goreng. hasilnya tahu jadi gendut seperti orang bunting (bunting =hamil tua)

Pepes tahu

Malas ah, ribet. Sebenarnya sangat tidak ribet, lah wong tahu di hancurkan, diberi telur, santan, potongan jamur merang , daun bawang, sedikit garam, sedikit merica, sedikit penyedap, kalo ada sedikit daging giling atau kornet, lalu dibungkus dan dikukus…

Tahu gejrot

ehm menu ini kesukaan anak sulungku…kalo dilihat cara membuatnya simple banget, tahu yang sudah digoreng dipotong cukup kecil, lalu dibuatkan kuahnya yg terdiri dari : cabe rawit hijau, bawang merah, bawang putih, gula merah, garam dan belimbing wuluh…gitu keduanya dipadukan, ehmmm seger banget…rasa tahu yg digurih dengan kuah yang pedas, manis, asam…

tahu balado

Kalo tahu goreng kemarin tidak habis jangan buru2 dibuang , bisa dipanaskan kembali dan dibumbui balado, kasih petai dan daun bawang, nah dapat menu baru kan…

tahu semur

ini kalo dibuat semur kering dijadikan lauk pendamping nasi uduk- wew yummy, jadi ingat jaman kuliah, ada satu tempat nasi uduk yang tahu semurnya khas banget….

ini juga bisa dari daur ulang tahu, tahu yang tidak habis dibuatkan bumbu semur, masak dengan api sedang hingga kuah asat dan siap jdi lauk baru

Tahu masak cabe hijau

yang ini aku suka banget, potong kotak kecil tahu, goreng sampai berkulit, kemudian ditumis pedas dengan cabe hijau dan sedikit tauco…dengan bumbu minimalis yang diiris saja, bawang merah, bawah putih, lengkuas, daun salam, sedikit, garam, sedikit kaldu bubuk, sedikit merica, sedikit gula dan kalo ada tomat hijau

Nah teman-teman ada yang ingin menambahkan ???? silahkan loh…

Posted on 16 Maret 2010, in Bisnis boga, Cerita-cerita, Keluarga, Makanan Tradisional, Masakan Rumah, Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. tahu telur : tahu dipotong kotak2 kecil masukkan ke telor yg dikocok jgn lupa kasih garam trus digoreng. makannya pake sambel kecap….nyam…nyam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: