amal itu tergantung nawaitunya?

obrolan ringan diberanda masjid diantara ibu2 dan seorang ustadjah. Obrolan bermula dari ke pasar, kemudian curhat seputar pasar hingga pembicaraan banyak pengemis yang bertebaran di pasar, hampir 10 pengemis menghampiri setiap kali kepasar bahkan ada pengemis yg sama yang menghampiri.

sang teman bilang : nggak dikasih koq ya kasihan, tapi kalo dikasih terus di hitung2 besar juga pengeluaran bahkan keselnya pengemis itu badannya sehat walafiat malah lebih gemuk dari saya….

nyeletuk yang satu, gimana nggak sehat dan gemuk lah saya lihat saja mereka makannya nasi padang koq…

akhirnya teman yang satu menoleh ke ustadjah dan bilang : us, gimana seeh kalo kita memberi tapi kita mengupat ke pengemis itu, nggak ada pahala ya?

dengan bijak sang ustadjah menjawab dengan nada rendah : bu, amalan itu tergantung niatnya. Jadi ibu memberi uang ke pengemis itu tetap ada pahalanya, tapi ibu mengumpat juga ada dosanya…nah untuk pengemis sendiri, selamanya akan mejadi orang yang sia-sia sampai akhir zaman karena dia tidak mau berikhtiar di jalan Allah SWT dengan cara2 yang telah ditunjukkan melalui perbuatan Nabi Muhhammad SAW, bagaimana Rasul berikhtiar, dengan berniaga.

Pengemis itu termasuk orang2 yang  tidak bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan Allah, seharusnya mereka bisa bekerja tidak terus mengemis seumur hidup dilanjutkan ke generasi berikutnya…apakah nikmat makan sesuatu yang isinya sumpah serapah dan doa jelek dari orang lain?

Jadi bersyukurlah kita sebagai pemberi bukan peminta-minta…

  • akhirnya kami terdiam meresapi kata2 ustadjah yang bijak tadi….

Posted on 9 Maret 2010, in Aneka Tips, Cerita-cerita, Keluarga, Komunitas. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: