urap sayuran bumbu tumis

Urap Sayuran Bumbu Tumis

Urap merupakan salah satu jenis masakan yang banyak penggemarnya namun masakan ini cepat sekali menjadi basi, karena bumbu berupa kelapa parut. nah untuk menambah daya tahan urap sayuran sebaiknya bumbu urap dari kelapa kering dan ditumis saja, yook kita coba membuatnya :

Resep :

Bahan yang diperlukan :

  • 2 ikat bayam
  • 2 buah wortel
  • 1 kangkung
  • 10 buah kacang panjang
  • 200 gr toge

Bumbu urap :

  • 200 gr kelapa kering
  • 50 cc air asam jawa
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm gula pasir.
  • kencur secukupnya
  • 3 helai daun jeruk purut
  • 5 buah cabe merah

Cara membuat :

  • bersihkan sayuran bayam dan kangkung dan toge, cuci bersih dan tiriskan.
  • Cuci bersih kacang panjang dan wortel, potong2 dan tiriskan.
  • didihkan air secukupnya, beri 1 sdm minyak sayur dan rebus sayuran secar bergantian hingga setengah masak. angkat dan tiriskan.
  • tumis bumbu halus ( cabe, bawang putih dan kencur) hingga harum, masukkan air asam jawa, gula pasir, garam dan kelapa kering. masak dengan api kecil, aduk-aduk hingga tercampur rata. masukkan daun jeruk puru, aduk kembali. angkat dan dinginkan.
  • campurkan sayur dengan sambal urap, aduk rata. sajikan.

selamat mencoba

Catatan, untuk diskusi lebih lanjut sila kunjungi blog BBM bersama Defidi (defidi.web.id).

About these ads

Posted on 14 Februari 2010, in Bisnis boga, Cerita-cerita, Keluarga, Makanan Tradisional, Masakan Rumah and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. hm…. enak nih….
    mbak, mau minta pencerahan dong…
    pengen beli mikser, tapi masih bingung..
    mau kitchen aid, sico bosch, or signora..
    pengene sih yang bisa sering untuk buat roti or donat…
    kalo bentuknya sih pengen KA. tapi katanya kalo utk bikin roti bagusan bosch. bener ga si mbak?
    punya kakakku sico bosch tapi kalo utk bikin roti katanya adonannya pada masuk ke mesinnya, jd harus dibongkar n dibersihkan. ribet kayaknya…
    mbak desi pake mikser merk apa? ok ga? bisa buat bkn roti jg?
    ditunggu ya mbak…thanks….

    • mbak ira : aku punya merk sico bosch dan signora juga akebono. kalo buat roti pake signora bisa saja dan hasilnya juga bagus tapikan mixer yg sgnora kapasitas kecil ( aku punya yg biasa ya) jadi paling bisa buat roti yg resepnya tepung terugu 200 gr saja.

      kalo mo buat agak banyakn aku pake yg bosch, yang aku punya nggak masuk ke mesin ya, dan kalo sudah kalis kan mudah sekali melepasnya dari mesin, langsung bersih kembali…

      intinya kalo mau buat kapasitas kecil ake yg signora, kalo mau yg kapasitas agak gede aku pakai yg bosch. salam

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 385 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: