Mari bisnis kue kering- tahap 1

kuker vanila salut kacangTulisan ini sekedar torehan untuk berbagi dengan teman-teman bagaimana aku dulu mengawali untuk mulai berbisnis kue kering. Untuk tahap pertama ini aku ulas mengenai apa yg sebaiknya dilakukan untuk memulainya, namun sekali lagi tidak setiap orang dapat memahami cara yg aku lakukan, semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Hal utama dalam setiap kegiatan akan lebih baik bila dimulai dari sesuatu   yang kita sukai/hobi, karena hal itu  sudah merupakan suatu modal untuk melakukan seuatu kegiatan yg bisa dijadikan usaha yang serius.

Contohnya : aku punya teman hobi sekali mancing sejak kecil, pulang sekolah mancing, liburan mancing, pkoknya ada waktu luang mancing. Semua orang udah mikir nich anak nggak ada kerjaan amat ya. Sampai mulai remaja dan tamat SMA hobi itu nggak berkurang tapi semakin menjadi-jadi. Dg gelar sarjana ekonomi yang dia sandang, apakah dia kerja dikantor, ternyata tidak. Lalu apa yang dia kerjakan,  apakah dia bisa hidup, ternyata sekarang dia sudah kaya raya, punya 3 toko alat mancing, punya 2 tempat pemancingan yang menghasilkan cukup banyak uang, dia punya 2 tambak ikan bandeng dan dia pun punya home industry ikan asin.

Apakah teman-teman yg dulu suka membicarakan hobi dia itu tetap bilang dia nggak  ada kerjaan. Waktu aku ketemu dan tanya kerja dimana sekarang, dia bilang : ya nggak jauh-jauh dari mancing lah des. Nah saat dia tanya juga, kamu sekarang kerja dimana, aku juga bilang : ya nggak jauh2 dari pasar dan dapur lah. Kami akhirnya ketawa sama-sama waktu cerita tentang kehidupan masing2 dan akhirnya kita bilang, untuk anak2 kita kelak biarkan mereka memilih hidup sesuai keinginan, kita support saja dengan baik, jangan memaksakan kehendak ke mereka.

Kalo ada yang bilang, wah aku tidak hobi buat kue. Sebenarnya hobi itu setara dengan senang, senang setara dengan keberhasilan, sementara keberhasilan setara dengan usaha. Jadi intinya jika kita tidak hobi, coba kita senangi dulu, jika sudah kita senangi kemudian kita jadi ingin mencoba tentu saja namanya mencoba adalah berusaha untuk berhasil dan saat mencoba ternyata berhasil akan menjadi suatu kesenangan lagi, kesenangan itu akan menjadi lebih senang jika ada nilai ekonominya walaupun di tingkat paling rendah, misal cukup untuk cemilan keluarga, ini tidak sekedar cukup tapi punya nilai ekonomi, jika kita beli cemilan sore untuk keluarga keluar dana Rp.20.000,- ternyata waktu kita buat hanya perlu modal Rp.10.000,- berarti kita sudah hemat Rp.10.000,- kan?

Nah berarti  langkah pertama kita adalah : mencoba.  Ambil salah satu resep kue kering, coba buat ½ resep dulu. Jangan pernah terpaku pada resep apapun, jadi kalo kira2 hasil resep pada saat kita coba koq rasanya kurang manis ya, ya kita harus menambah gula, mungkin saja timbangan pembuat resep beda dgn kita atau jenis gulanya beda.

Setelah jadi, coba berikan kepada keluarga dekat atau tetangga dulu, tunggu respon mereka. Saat itu sebenarnya sudah mulai jualan, kita sudah mesti bisa memberikan harga.  Kemudian coba lagi resep yg lain dengan cara yang sama, buat beberapa pilihan kue kering. Setiap kenalan yg datang ke rumah atau kita pergi kemana saja, usahan bawa sample kue. Aku juga dulu begitu, mulai tetangga, saudara, teman di sekolah anak, teman suami di kantor. Dari sana kita bisa mulai mempelajari jenis mana yang disukai oleh pembeli.

Jika ada yang bilang lagi : mesti beli alat-alat ya. Tentu saja, kita mau usaha apapun itu memang membutuhkan alat namun bisa kita minimalis. Misal beli oven yg kaleng dulu yang ukuran kecil, atau oven listrik yg sekala rumah tangga, beli mixer yang hand saja dulu.

untuk tahap berikutnya : Mental

Posted on 1 Juni 2009, in Aneka Tips, Bisnis boga, Blogroll, Keluarga, Komunitas, Kue Kering. Bookmark the permalink. 39 Komentar.

  1. mba tipsnya sangat bermanfaat terutama buat yang pemula dan yang ingin mulai belajar bikin kue kaya saya…..
    terusterang selama ini belum pernah ada yang ngasih resep dapur sendiri sampe sedetil kaya mba… makasih sebelum dan untuk selanjutnya karena saya pasti akan belajar dari resep2nya mba desi…

  2. bisa juga nih saya coba.. kebetulan, saya pengen bisnis banget.. tapi ya.. gitu deh.. bingung ini-itu

  3. mba e….tipsnya oke….dah sampai pada tahap beli 2 alat nih mbak….hehheehe…ditunggu lanjutannya ya….moga lebih seru..biar bisa langsung dipraktekkan tipsnya…

  4. Yustika Roziana

    bravo..salutoo..ada cerbung bagus ne he he

    aq tmn facebook mb desi dr sidoarjo..
    aq jg baru 5 bln bisnis kukis..tp msh via blog n tmn2 dkt aja…hasilnya lumayan..( ada aja orderan rutin walau ga banyak)
    tp gmn ya spy bs jualan cookies scr continued..maksudnya top sellingnya ga hanya pas lebaran ajah..coz selama ini aku tawarin blgnya ntar aja bu pas lebaran..
    lha saya PD nya cm jual cookies..klo kue yg laen or masakan ga PD mbak :)

    truz ntar lg kan lebaran..biasanya mb desi preparenya gmn..?? bagi2 tips ya..

    thx…

    • halo mbak yustika, punten euy ini baru ngebales….
      nah itu juga belum aku lakukan mbak, jadi masih hanya dibuat kalo hari hari besar saja, aku lihat di pasar bogor berdasarkan survey ke penjual pembelian kue kering tidak terlalu tinggi untuk hari hari biasa namun camilan lain bagus sekali, seperti aneka kerupuk, aneka keripik, kacang kacangan, kayaknya kita mesti membidik pasar yg seperti itu..

      hari hari biasa aku terima aneka kue /jajanan pasar baik u snack box, cake dekorasi dan, catering,

      dicoba kombinasi dengan menerima pesanan cake dan snack box mbak, di blog ini sdh aku posting juga, silahkan dilihat ya. nuhun

  5. Assalamu’alaikum…
    Makasih Yu tipsnya. Tapi Saya ada kendala di waktu pengerjaan.
    Kuker kan rata-rata kecil-kecil bentuknya. Agak njlimet kalo orang jawa bilang, sedangkan Nisha masih belum bisa main sendiri. Jadi gemana ya Yu?
    Wassalam

  6. makasih tips2nya mba…
    aku dah mulai bisnis kue hampir dua th ini,kalo kue kering biasanya aku hanya dapet order pas hari raya aja,tapi sehari2nya walau tidak rutin aku nerima pesanan kue basah juga,dan cake ultah yg masih biasa2 aja,cita2 pengen punya toko sendiri kalo pas di indo nanti…
    skil khusus aku ga punya ,ga pernah kursus dan sejenisnya,cuma belajar sendiri dari buku dan internet kadang ada keinginan untuk kursus supaya hasil lebih memuaskan .
    sekarang aku melayani costumer hanya baru dari temen,tetangga dan kenalan yg pernah mampir di Multiplyku saja.
    di tunggu postingan selanjutnya mba…
    mental emang sgt di butuhkan bgt kalo mau jadi bakul kue ya mba..?
    karena harus siap menerima hasil yg tidak enak di hati ,Hi..hi..

    • iya mbak tiwi benar sekali, mental itu urutan ke duasetelah hobi…kita cepat putus asa begitu mendapat komplain padahal kalo kita kembalikan lagi ke posisi kita sebagi pembeli yg juga suka komplain harusnya mental kita sdh mulai dipersiapkan….hehehe makanya sekarang aku suka mengerem diri kalo mau komplain terhadap suatu hal…

  7. Ass,,
    makasih mba, tipsnya sangat berguna sekali untuk di praktekan..
    Sukses terus mba..

  8. wah..dah mau lebaran..boleh juga di coba…:)

    • diajeng makasih udah mampir ke blog aku ya? silahkan dicoba semoga sesuai harapan, untuk resep2 yg lain pada intinya resep dasar itu sama saja mbak, tinggal kita modifikasi bentuk dan isi juga warna jika suka. salam

  9. Bunda kasih resep2 yang lain dunx… :)

  10. Sebetulnya sy hobby bgt buat kue,usaha yg menjanjikan!terakhir waktu saya lulus kuliah thn 2004 pesanan saya mencapai 300 toples buat sy itu angka yg cukup besar,tp semenjak bekerja di sebuah bank yg mengabiskan bnyk waktu,buat kue u keluarga sj malas rasanya
    Sebetulnya sy ingin berwirausaha agar anak2 bisa sy kontrol,tp keberanian itu belum muncul..bg bg tipsnya dong!thanks

    • halo mbak wina, dibeberapa artikel aku di kategori cerita cerita, ada aku posting mengenai mula pertama aku terjun ke dunia boga setelah memutuskan untuk berhenti pada sebuah bank setelah aku tekuni selama hampir 14 tahun, jika berkenan silahkan dibaca. nuhun

  11. bunda akhirnya mampir juga ke blog nya :) terima kasih tips nya

  12. hallo mbak saya juga sangat senang buat kue tapi bisa nggak kalau tidak pakai margarin untuk membuat kue nastar tapi cukup mentaga aja.makasih untuk resepnya….salam.

    • halo yans, makasih sdh mampir ya, untuk bahan tergantung ke kitanya masing masing memang, kalo untuk dikonsumsi sendiri memang mentega semua lebih enak…namun untuk jualan kita mesti lihat pasarnya, ada beberapa tingkatan harga, kombinasi antara mentega dan margarine untuk lebih ekonomis bahan sehingga bisa menekan harga jual…sami-sami ya

  13. ASSWRWB…mbak desi, tnx bgt, blog mbk ini slh satu yg jd guruku u nimba ilmu bikin kue…..ak blm prnh ikt kursus, pgn sih suatu saat ikt, tp skrg ak mau cb bljr dr internet n smbl2 praktek lgsg d rmh, itung2 bikinin anak2 cemilan jg…seneng skl singgah d blog yg sarat manfaat ini….salam…

    • waalaikumsalam, alhamdulillah senang sekali jika tulisan aku bisa bermanfaat mbak tiwi, …aku juga lebih ke praktek langsung karena kita bisa belajar bagaimana mendaptkan satu formula yg tepat bahkan kita bisa menciptakan resep baru….semakin kita sering praktek, semakin kita mendaptkan banyak ilmu. tetap semangat ya mbak…

  14. Betul sekali gan, kalo usaha mendingan yang sesuai dengan hoby. Dan pasti akan sangat bersemangat dan serius. Dan melakukan pekerjaan tersebut dengan senang hati atawa selalu enjoy. Insya Allah akan membawa kesuksesan.

  15. Salam kenal mbak Defidi,blognya inspiratif banget…seneng banget bacanya, jadi semangat mo ikut bikin juga…..semoga sukses terus mbak

  16. Hallo, mbak sy jg hobi sekali bikin kue khususnya kue kering, alhamdulillah setiap hari raya tiba banyak temen-temen kantor dan tetangga2 pd pesen ke saya, saya ingin mengembangkan bisnis kecil sy ini berkembang sprt bisnis mbak yag sukses, tolong berikan langkah2 apa agar saya bs mengembangkan bisnis saya lebih luas lg…. makasih ya mbak.

    • halo mbak henny setiawati, makasih sdh mampir ya…di beberapa tulisan aku tentang small bisnis ini sdh aku posting, silhkan ke kategori cerita cerita.nuhun

  17. Mba aq kan rencana mau jual kripik pisang…
    kira2 nich… packingan yg bagus dan murah seperti apa sih…??
    trus aq bisa tau ga cara itungannya untuk harga jualnya thx…

  18. nice article….benar2 membangun…mo coba aaaaaaaah

  19. mba aku mw bisnis keripik singkong tapi gmna cara buatnya

    • punten, aku sendiri kalo buat keripik singkong masih model tradisional : singkong dikupas, dicuci bersih dan ditiriskan, setelah itu di potong dengan menggunakan alat khusus untuk buat kripik singkong (banyak dijual di pasar tradisional) , kemudian singkong langsung digoreng dalam minyak panas hingga garing, dan ditiriskan. untuk bumbu sdh banyak yg dijual jadi, apakag rasa ayam panggang, keju, barbeque dan lain-lain. salam

  20. mbak defi thanks tipsnya bs buat masukan saya yang pengen terjun di bisnis makanan.ditunggu tips2 berikutnya

  21. salam kenal mbak.sebetulnya saya juga hobby bikin kue khususnya kue kering,tp ilmu yg sy dapat nggak dr kursus mbak tp dari buku dan juga intrnet.tapi sayang nya usaha sy ini cuma menjelang hari lebaran aja .sedangkan hari biasa itu paling pesanan cake ultah sama cake biasa aja.padahal kalo tiap menjelang lebaran itu saya bsa dpat psanan sampe ratusan toples mbak.sebetulnya saya pengen usaha saya ini gak cuma lerbaran aja.tapi saya bingung berapa persen sy harus ambil keuntungan?karena bila menjelang lebaran itu sy bisa ambil bersih keuntungan itu 20persen.tlong solusinya ya mbak.sy tunggu terima kasih

    • salam kenal kembali mbak elly dan terima kasih sudah sempatkan waktu untuk berkunjung ke blog aq.
      kue kering umumnya memang ramai pesanan untuk lebaran tapi tidak menutup kemungkinan hari hari biasa juga kita bis aberjualan kue kering.
      di kota aku(bogor) sering aku mengunjungi toko kue di pasar tradisional dan aq lihat pembeli sangat beragam, mereka juga membeli kue kering katanya untuk camilan, atau tamu yang datang, dan persediaan kue kering ditoko itu banyak sekali berarti pembelinya juga banyak, nah mungkin bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjual kue kering produksi mbak . Untuk keuntungan berkisar 30-40% karena kue kering cukup tinggi resiko rusak, patah, pada saat di timbang dan dikemas. salam.

  22. saluut buat anda terlihat enak kue nya hehehe
    semoga artikel nya bermanfaat
    :)

Tinggalkan Balasan

