Rolade Bayam merah

Masuk ke salah satu swalayan di Bogor, langsung menuju tempat sayur mayur, emang niatnya hanya mo beli sayur dan buah aja. Ambi kangkung organik, ambil bok coy organik juga, nah ini bayam merah seger banget, kata mama : bayam merah itu bangus sekali, vitamin yg terkandung didalamnya lebih bagus dari bayam hijau. teringat Alta dan Qila suka sayur bening bayam.

rolade bayam merah

rolade bayam merah

Sampai dirumah aku masak bening, pada saat makan dan mereka mencicipi sedikit langsung komentar. Bu bayam ini warnanya merah amat jadi agak serem makannya, dan koq baunya gimana gitu ( emang agak langu) dan selesai sdh mereka makan sayur beningnya. Tapi aku sudah terlanjur beli cukup banyak, aku lihat2 bahan di kulkas untuk bekal mereka besok akhirnya terpikir gimana kalo rncana aku buat rolade tetep dilaksanakan tapi aku campur bayam merah yg aku cacah kasar, khawatir kalo dicacah terlalu halus nanti bau langunya keluar lagi, dan inilah hasilnya : sudah aku masukkan ke menu di brosur catering aku, jadi kalo teman2 yg catering rumahan mau masukkan panganan ini ke dalam menu harian boleh juga, jadi lebih variasi dan tentunya agak beda dengan yg lain kan? Bisa menjadi nilai tmabah bagi langganan cateringnya. selamat mencoba dan salam kuliner.

Bahan rolade

  • 300 gram daging sapi giling
  • 3 lembar roti tawar
  • 50 cc susu cair
  • 100 cc air putih
  • 1 ikat  bayam merah, ambil daunnya saja, cincang kasar
  • sosis 5 buah

Bumbu  rolade:

  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 sdt merica halus
  • 1 sdt kaldu sapi bubuk

Cara membuat rolade :

  • Haluskan bumbu, sisihkan.
  • Rendam roti dengan susu cair + air putih, remas hingga roti lembut dan menyatu, sisihkan.
  • Masukkan bumbu halus, garam, merica, kaldu sapi bubuk ke dalam daging giling, aduk hingga bumbu bercampur rata. Masukkan bayam merah, aduk hingga rata, sisihkan.

Bahan kulit :

  • 3 buah telur ayam ukuran besar
  • 100 gr tepung terigu
  • 200 cc air putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sdm minyak sayur

Cara membuat :

  • Campur terigu dan air, aduk rata.
  • Masukkan telur, aduk rata hingga adonan terlihat licin. Masukkan minyak sayur aduk rata.

Penyelesaian :

  • Ambil satu lembar kulit, tata campuran daging di atasnya, taruh satu buah sosis, gulung dan padatkan, lakukan hal yang sama hingga bahan habis.
  • Bungkus dengan daun atau plastik yg tanah panas, kukus dengan api sedang hingga matang, dinginkan.
  • Kocok 1 butir telur + 50 cc air putih hingga rata. Celupkan gulungan rolade ke dalam kocokan telur, celupkan ke tepung apnir, ulangi 3 kali hingga rolade terbungkus panir cukup tebal.
  • panaskan minyak, goreng rolade dengan api sedang hingga berwarna coklat.Dinginkan, dan potong2 sesuai selera.

Tips ;

  • adonan untuk dadar di campur dengan minyak sayur supaya pada saat di dadar tidak lengket dan hasil lebih lembut untuk mempermudah menggulung rolade.
  • Potongan rolade bisa bundar biasa atu serong, potongan serong terlihat lebih besar.
Posted on 2 April 2009, in Aneka Tips, Bisnis boga, Cerita-cerita, Keluarga, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Kapan ya saya main lagi ke sana
    Tuk icip-icip :)

  2. aduh bu… jangan bayam donk… saya dah unreg dari bayam… cukup waktu kecil saja saya di jejelin bayam :D

  3. bisa diganti koq, boleh brokoli, boleh wortel, boleh daun katuk. loh bukannya makan bayam bisa kuat seperti popeye heheheh

