Lapis Legit toping coklat

lapis legit susu toping coklat

lapis legit susu toping coklat

Beberapa waktu yg lalu seorang sahabat memesan lapis legit susu, agak bingung sebenarnya mo buatkannya, kalo ikuti resep adat sekali ( lampung ato palembang)  khawatir rasanya nggak cocok, soale sangat manis, berminyak dan agak lembek. Akhirnya aku putuskan untuk dimodifikasi sedikit dengan penambahan telur utuh, terigu dan susu dan aku kurangi gula. Setelah selesai aku kirimkan dan aku minta komentar apakah suka, jika tidak suka akan aku ganti sesuai resep/ Alhamdulillah sahabatku suka dengan kue itu.

lapis legit susu toping coklat

lapis legit susu toping coklat

Untuk teman-teman yg ingin mencoba membuat silahkan dengan resep seperti dibawah ini :

  • 35 butir telur ayam ( 5 butir utuh, 30 butir kuningnya saja)
  • 200 gr gula halus
  • 1 kaleng susu kental manis full cream
  • 175 gr terigu protein rendah
  • 500 gr butter (400 masukkan ke dalam adonan, 100 untuk olesan pada saat melapis)
  • 1sdt bubuk kayu manis
  • 1 sdt essen lemon

cara membuat :

  • kocok butter hingga lembut, sisihkan
  • kocok telur dan gula halus hingga mengembang, sisihkan
  • campur terigu dan bubuk kayu manis, sisihkan.
  • masukkan terigu ke dalam kocokan telur, aduk rata.
  • masukkan susu kental manis, eseen lemon, aduk rata
  • masukkan margarine aduk rata.
  • oles loyang ukuran 20 x 20 dengan sedikit mentega dan alasi
  • dengan kertas roti.
  • Panaskan oven dgn suhu 160derajat, gunakan api atas.
  • masukkan 150 ml adonan ke dalam loyang/hingga menutupi loyang, oven hingga kekuningan, tekan-tekan supaya tidak menggembung, oles dengan mentega, masukkan kembali 150 cc adonan, tekan2 kembali supaya tidak menggembung. Lakukan hal seperti itu hingga adonan habis.
  • Matikan api atas, hidupkan api bawah. Oven kembali dengan suhu 160 derajat kurang lebih 15 menit supaya adonan benar-benar matang.Dinginkan.

toping :

  • 300 gr dark chocolate, lelehkan dan tambahkan 1/2 sendok makan mentega, aduk rata. Siramkan ke atas lapis legit, biarkan coklat mengeras.
  • 75gr white chocolate + 25 gr pink chocolate, lelehkan dan tambahkan 1/2 sendok teh mentega, aduk rata. masukkan dalam plastik segitiga, gunting kecil bagian ujung. Buat lingkaran2 kecil diatas dark chocolate (seperti gambar).

tips: untuk toping bisa disesuaikan dengan selera .

Selamat mencoba.

Diskusi selanjutnya silakan mampir ke Blog BBM bersama Defidi (defidi.web.id)

Posted on 23 Maret 2009, in Aneka Tips, Bisnis boga, Cake, Cerita-cerita, Dekorasi Kue and tagged , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. terimakasih banyak yaaaa buk, atas resep2nya….?
    semoga ibu slalu memposting resep2 baru…?
    saya sbg pemula,sangat terbantu sekali…
    semakin banyak resep ibu dipake orang,semakin banyak resep ibu bisa menghidupi orang lain,
    saya doakan amal jariah ibu selalu jalan,& nanti bisa sangat membantu ibu…?
    sukses slalu buat ilmu yg bermanfaat dari ibu……

    wassalam

  2. halo mas dedi. Alhamdulillah jika tulisan aku bisa bermanfaat mas, makasih atas supportnya, amin

  3. desi, aku mau angin coba resep ini… suamiku kerja di ayam.. jd suka banyak telur… moga niat kelakon ya… kalo mbuat yg namanya lapis lapis aku suka bete n gak sabar… mgkn masih inget kaya apa aku dl…

  4. yup silahkan di coba, mudah koq ni, emang ngelapisnya kudu agak sabar, ato buat lapisan yg nggak terlalu tipis aja jadi nggak terlalu lama buatnya. halo2 hasil jadinya ya. salam

  5. ini kue bikin perut keroncongan. Kapan bisa nyicipi ya :)
    Salam Bu desi…

  6. halo mas , piye kabare? moga sehat selalu ya?
    ayo kopdar lagiii ntar aku bawa kue. salam tuk keluarga

  7. lam kenal buat mbak desi, wah resep lapis legitnya , telurnya gubrak ya mbak bikin ngiler aja thanks berat resepnya.saya mau nanya mbak ,kalau ngoven roll cake harus pakai api atas bawah ya…. masalahnya ovenku yg biasa gimana donk mbak….?
    sebelumnya makasih jawabannya.

  8. halo musa, iya lapis legit telurnya buanyak, bisa juga sich buat yg telurnya sedikit, gimana pesanan ajah. Roll cake pake api atas bawah dan nggak perlu terlalu kering , dalam arti begoti adonan mengembang dan matang segera angkat saja, karena kalo terlalu kering nanti pecah saat di gulung. biasanya aku buat roll cake dengan metode hardpeak (mengocok adonan sekaligus) , hasilnya lebih halus dan lembut.

    oven musa yg ada api atas bwah tdk? kalo tidak pakai api bawah dulu, begitu adonan sdh mulai mengembang dan bagian atas sdh tidak basah, pindahkan api atas sebentar saja. untuk roll cake gunakan panas sedang saja ya, 160-170 deh.
    salam kuliner.

  9. Salam Hangat untuk sahabatku di FB….

    Wah… Kayaknya enak tuch Kue Lapis legitnyaaaa….bikin sendiri ya….boleh tuch kirimin ke rumah Faisal….Gratis Yaa… He heee

    Kamu Jago ya bikin kue…kebetulan aku suka jg sama lapis legit ini…

    (^_^)

  10. Mbak Desi, kalau buat lapis legit tapi pakai otang bisa gak ya? katanya kan harus nyalain api atas? aku pengen banget nyoba.

    Terima kasih banyak ya mbak…

  11. mbak dewi maksudnya pake otang apa ya? salam

  12. mau coba ahh.. tapi pasti tetep butuh bantuan hehehe….

  13. Salam
    Mbak maaf baru comment,lama ngak berkunjung ke blognya mbak.
    Tempo hari pesan cake ini,untuk acara selamatan keberangkatan sy tempo hari mbak.Begitu terima langsung sy kirim ke bdg.Smuanya bilang enak.Sy udah nyubit duluan emang enak.terimakasih banyak ya mbak.jangan kapok direwangin ya mbak.dan maaf terlambat ucapan terimaksihnya,tapi dach chat sebentar lwt fb ya mbak..sekali lagi makasih banyak

    • salam kembali Mbak Nin,
      Alhamdulillah senang mendengar ceritanya mbak, syukurlah keluarga mbak menyukai kue buatan saya, wah ndak direpotin koq, malah seneng. saya yang terima kasih dan salam untuk keluarga.

  14. bagi2 dunk kuenya………..

  15. assalamu’alaykum…
    mba…saya cm py oven hock biasa.. gmn tuh kl pake ukuran derajat celcius n pake api atas/bawah bs g? terimakasih atas infonya..

    • waalaikum salam mbak ika,

      dulu sebelum akau punya oven yg ada pengatur suhunya, aku pakai oven hock juga, panaskan dulu oven sebelum dimasukkan cake dengan api sedang saja, kalo api sedang ya suhu perkiraan 170-180, kalo sdh matang tinggal mengeringkan, loyang pindah ke atas untuk mengeringkan bagian atas, api kecil saja. salam

