Bola-Bola Bakso Cryspi Aneka Rasa

bakso lapangan samber

bakso lapangan samber

Subuh yang mendung, tidak lama hujan deraspun turun. Aku mulai pagi ini dengan minum air putih segelas, dilanjutkan satu potong roti dan diakhiri satu gelas the hijau tawar panas. Cukup untuk membangkitkan semangat untuk memulai pagi ini. Mau mulai apa ya, mau mencuci jelas nggak bisa menjemur, pakaian yg dicuci kemarin pun belum kering, akhirnya terdampar di depan TV, berita yg disuguhkan ada yg menyenangkan, katanya BBM akan turun lagi, namun ada yg buat aku deg-degan, harga cabe dan beberapa sayur akan segera meroket akibat hujan yg terus menerus, dan ada yg unik, dibatam ada satu pondok makanan namanya Pondok cinta, apa yg dijual disana? Yg dijual bakso cinta, uniknya bakso ini dicetak-cetak bentuk lovek kata sang penjual tadi.

Bakso, salah satu makanan dengan tren yg tidak pernah turun, selain enak dimakan dengan cara direbus saja baksopun dapat divariasikan dalam berbagai masakan bahkan bisa divariasi untuk bekal anak sekolah, yuk kita coba buat variasi aneka makanan bakso. Untuk teman2teman yg punya resep atau pengalaman mengolah aneka bakso bisa posting diblognya ya, atau yang belum ada blok, jika berkenan bisa kirim ke alamat email aku nanti aku coba posting di blog aku supaya teman2 yg lain bisa coba, kalo ada gambarnya juga boleh.

Aku coba bagi satu resep mengolah bakso, tapi maaf ya gambar yg aku hadirkan ini bakso favorit aku di kampung halaman bukan yg di resep.

Bola-bola Bakso Cryspi Aneka Rasa

Bola-bola bakso ini kulit luarnya memang jadi cryspi, bisa untuk cemilan anak-anak, bekal anak2 ke sekolah atu disajikan pada acara keluarga , arisan atau sekedar makanan sore hari.

Buatnya simple banget,

Bahan yg diperlukan :

  • 5 buah bakso sapi
  • 5 buah bakso ikan
  • 5 buah bakso ayam
  • 5 buah bakso udang
  • 250 gr tepung roti
  • 1 buah telur kocok hingga tercampur
  • ¼ sdt merica
  • ½ sdt bubuk kaldu ayam
  • ¼ bubuk cabai kering (jika suka)
  • Garam, sedikit saja karena umumnya bakso sdh asin.
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya.

Cara membuat :

  • Kocok lepas telur, masukkan garam, bubuk kaldu dan merica, aduk rata.
  • Celupkan bakso ke dalam kocokan telur, lalu celupkan ketepung panir, lakukan beberapa kali hingga terbentuk kulit yg cukup tebal.
  • Goreng bakso dalam minyak panas sedang hingga kulit kecoklatan. Hidangkan hangat dengan sambal botol.

Tips.

Untuk variasi bisa dibuat sate bakso crypsi, satu tusuk cukup 3 buah bakso dgn aneka rasa, missal bako ikan, bakso daging, bakso ayam atau bakso udang, bakso daging, bakso ayam.

Posted on 13 Januari 2009, in Aneka Tips, Bisnis boga, Blogroll, Cerita-cerita, Keluarga, Komunitas, Makanan Tradisional, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. halo mb,,lam kenal,,
    mbak tinggal dibatam ya?? deket dunk,,aku di tanjungpinang,,kapan2 maen kesini mbak,,aku mo belajar masak,,boleh ga?? hehe

  2. halo mbak duwee, aku tinggal di bogor mbak, batam dan tanjung pinang tempat yg pingin sekali aku kunjungi, yoook masak yoook

  3. Boleh juga nie resepnya
    apalagi kalau dimakannya masih hangat dengan saus botol
    jadi pengen nie…
    trims infonya

  4. wahhh….kebetulan sekali nih…aku lagi cr resep model bakso yang berbeda, mau di coba ahhhh, makasieh yuah mbakkkkkkk, mbak apa buk ya…hehehehe

Tinggalkan Balasan

