Masak kerang lagi

Kerang goreng tepung & sambal cobek

Kerang goreng tepung & sambal cobek

cewek kecil-ku lagi suka kerang tapi yg digoreng pake tepung. Sementara neneknya senang tumis kerang pake cabe hijau. Alhasil demi pemerataan di rumah beli kerang 1 kg, 1/2 kg masak cabe hijau dan 1/2 goreng tepung. Yang laris goreng tepung karena bapak-na ama alta juga lebih suka digoreng tepung dan dicocol sambal terasi masak ( minta jeruk tanaman neneknya dihalaman) kalo lagi panen cabe juga ambil dari halaman walaupun pohonnya hanya 2 batang kalo lagi panen bisa dapet cabe untuk buat sambal 1/2 bulan) . Yuuuk ikutan masak.

kerang goreng tepung

Bahan yg diperlukan :

  • 500 gr kerang hijau yg sdh direbus
  • 1sdm bumbu perendam
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 250 gr tepung terigu
  • 500 ml minyak utk menggoreng

Bahan sambal :

  • 5 buah cabe merah
  • 3 buah cabe rawit
  • 1 buah bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 1/2 adt terasi
  • garam secukupnya
  • gula pasir sesuai selera

cara membuat  Kerang goreng tepung

  • cuci bersih kerang, peras dan tiriskan.
  • siapkan bumbu perendam, beri jeruk nipis dan bawang putih yg sdh dihaluskan. Masukkan kerang ke bumbu, diamkan 10 menit.
  • Buang air perendam, masukkan terigu dan aduk2 hingga setiap kerang terbungkus terigu.
  • panaskan api, masukkan kerang, masak dgn api sedang hingga kerang mengambang ke permukaan minyak, sdh cukup kering.

cara membuat sambal

  • Panaskan 2 sdm minyak sayur, goreng semua bahan kecuali, garam, gula pasir dan terasi ( pakai terasi yg sdh dibakar terlebih dahulu).
  • Ulek cabe, bawang merah, garam dan gula pasir hingga cabe hancur, masukkan terasi ulek kembali.
  • masukkan tomat, ulek hingga tomat lumat. Peras jeruk limau diatas sambal cobek tadi. Sajikan bersama kerang dan nasi putih hangat.
Iklan

Posted on 7 Desember 2008, in Bisnis boga, Keluarga, Makanan Tradisional, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Waduh mba….bikin ngeces nih….
    Menggiurkan (sambil nelan ludah)…..
    Bumbu perendamnya apa aja yah?

    terimakasih…

  2. halo ummu, bumbu perendam aku pake yg merk crispy, biasa aku gunakan untuk buat ayam goreng tepung. Bumbu perendam itu bisa untuk semua jenis masakan. salam

  3. sepertinya kudu di coba nih…. enak…enak…enak…

  4. ‘ka u yg bikin ya, tar gw ikutan ngicip :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: