ssssttttttttt, kue tampah lagi

kue tampah

kue tampah

hari sudah siang menjelang sore, sms masuk ada teman minta dibuatkan 3 buah kue tampah untuk besok. O lala, cuaca pun sdh mendung sekali, mesti ke pasar cari tampah khusus untuk isi 50 karena nggak disetiap tempat jualan tampah ada ukuran tampah yg kecil.

Akhirnya hujan turun juga, nggak mungkin berangkat naik angkot dgn keadaan seperti ini, kalo nunggu mobil pasar tradisional dan toko bahan kue langganan aku pasti sdh tutup karena mobil baru akan tiba sekitar pukul 17.40 sementara jarak rumah ke pasar paling sedikit 30 menit . Coba nunggu mobil saja berharap lebih cepat sampai rumah. Benar adanya mobil hari ini sampai jam 17.30 , aku langsung tancap gas bawa mobil ke pasar, tutup rek sing dodolan tampah wis mbali neng umah. Kejar lagi toko kue langganan, eyalah wis tutup juga. Duh kemana ini, mobil meluncur ke toko bahan kue lain yg aku tahu pasti baru tutup jam 8 malam.

bahan kue yang dicari ada namun tampah tidak ketemu, akhirnya pakai tampah sintetis dalam arti memang sekarang banyak dijual tempat untuk kue tampah namun hiasan pinggir pakai kertas warna bukan daun pisang.

daripada, daripada lebih baik beli saja, besok aku akan bilang kalo tampah yg biasa tidak ada karena pesanan mendadak. Kalo pesanan dadakan seperti ini dan pembeli tidak menentukan jenis kue, ada baiknya kita buat pakai bahan jadi yg banyak tersedia di toko bahan kue, hasilnya tetep enak namun harga bahan emang agak jauh lebih mahal dari kalo kita buat by resep biasa. Tapi jangan khawatir untuk yg mau mencoba bisnis kue tampah ini walaupun dgn bahan agak sedikit mahal masih 35% keuntungan ditangan loh dan lebih praktis. Yuuk kita coba intip hasilnya :

untuk kue lapis tepung beras yg warnanya putih hijau, aku pakai produk pondan dan santan kental dari kara , buat sesuai anjuran resep di kotak, sebaiknya santan kental + susu bubuk, rasa yg muncul lebih gurih.

Untuk kue mangkok aku pakai kemasan pondan juga, kita tinggal menambahkan 200 gr tape singkong (pilih yg matang sekali) dicampur dengan air matang 400 cc, aduk rata kemudian saring. Campur dengan tepung dalam kemasan dan harus segera di kukus karena fermentasi kurang bagus kalo didiamkan terlalu lama.

Untuk makaroni scotel pakai resep yg sederhana saja, dan aku pakai kornet. cetak di cetakan kue mangkok, kukus hingga matang, baru dioven dengan api atas sebentar, sekedar menimbulkan kesan panggang.

Kue tampah peluang bisnisnya masih terus terbuka luas, beberapa waktu yang lalu aku datang ke tempat pesta pernikahan, ada menu kue tampah namun dibuat sangat mini, kesannya mungil dan imut sekali namun aku belum bisa membuat yg mini seperti itu. Untuk kue mangkok bisa sebesar ibu jari, dimana ya dapat cetakannya? Info ke aku ya kalo ada yg tahu cetakan kue2 tradisonal yg mini2 banget.

selamat mencoba bisnis ini. salam

Posted on 24 November 2008, in Bisnis boga, Cake, Keluarga, Makanan Tradisional, Uncategorized. Bookmark the permalink. 28 Komentar.

  1. comot kuenya, kaburrr …

  2. wah, puss juga suka makaroni panggang ya? kabur juga

  3. mbak desi, waktu temenq nikahkan anaknya kue tampahnya mungil2 banget. kebetulan yang buat kue juga temenq nanti saya tanyakan cetakkankue mangkoknya beli dimana. kayaknya bisnis kue tampah semakin ok mbak, kakakku kalo rapat2 dikantor sekarang dapat kuenya juga kue tradisional, ada tiwul, gatot, dll tapi emang dikemas mungil n cantik. selamat berkarya n berkreasi, sukses selalu.

  4. halo mbak wuri pa kabar, senang mau mampir lagi.
    iya ya sekarang kembali ke kue2 yg sangat tradisonal, emang agak repot buatnya diabndingkan kue2 modern, tapi disana seninya ya. makasih supportnya.

  5. Mbak Di,kyknya suka sekali dgn masak memasak ya,mbak.
    kapan2 boleh yah,saya minta resepnya.

  6. halo mas langit jiwa, selain suka juga emang pekerjaan aku mas setelah tidak jadi orang kantoran lagi, ya bakul kue lah. salam

  7. dulu waktu aq nikah ada seserahan kue2 ketan putih, hitam, kue thok (yang merah itu)…semuanya mungil2, cantik sekali…
    makannya juga lebih enak, praktis…
    smoga cepet nemu cetakannya ya mba…

  8. halo mbak rani, mbak dipertengahan bulan desember tgl 19,20,21 aku gabung dgn IPB mengadakan acara gemar makan ikan dan expo, diacara itu ada lomba menggambar dan mewarnai u anak-anak, mohon izin cerita diemail aja detail acaranya , semoga mbak berkenan bergabung. salam

  9. pengen comot satu biji nihh

  10. Bun makaroninya mengingatkan suasana rapat talkshow kemaren hiks.. jadi pengen lagi.. (kuenya :)

  11. email aq di ranialdo@yahoo.co.id ya mba…pengen ikut gabung ni, dah lama nggak keluar kandang hehe…

  12. nyam nyam nyam, aku paling banyak tuh macarani panggangnya..!!

    nyam nyam nyam,,
    masih ekrasa bu..
    hehehehhe

    oh iya yang warna pink itu juga mantaf sekali rasanya..!!
    heheh

    nanti pesen lagi boleh dunk bunda desi..

  13. halo mbak Vina, wow menyenangkan berkunjung ke blognya, aku mau coba yg roll ya, aku copy paste resepnya mbak. makasih sdh berkenan berkunjung ke blog aku. salam kuliner.

  14. what ikan ! …
    kayaknya harus di tulis di kalender supaya ga lupa hehehe

  15. halo dyena en falla, saat kita mancing bareng nanti , aq bawakan lagi kue ya. salam

    halo mbak rani, segera aku japri.terima kasih atas waktunya.

    halo kang iman, hahahahah ingat ya dikalender tgl 33 jangan dilewatkan (emang ada?????)

  16. Hmmm….dr penampilannya aja dah bikin ngeces/ngiler pa lagi rasanya yaa. Yummyyy!!!

  17. halllo mbak…kangen nih…mo ada arisan nih mbak dirumah…bagusnya bikin apa ya mbak…
    mo bikin masakan and makanan apa yah…?
    kasih saran doooong….

  18. halllo mbak…kangen nih…mo ada arisan nih mbak dirumah…bagusnya bikin apa ya mbak…
    mo bikin masakan and makanan apa yah…?
    kasih saran doooong….

  19. halo eleven11, makasih daj mampir, salam kenal

  20. Kue tampah kalo untuk 1 tampah isinya berapa macam mba..n berapa harga 1 tampah..

  21. halo mbak rina, 1 tampah isi 50 terdiri dari 4 jenis kue harganya 75 ribu, 1 tampah isi 100 kue harganya rp.140ribu jenisnya 5sd 7 macam. salam

  22. mba desi wah uuenak tenan ibu pesan ya mau coba deh

  23. mba defidi salam kenal ………… ibu mau coba deh kue tampahnya kayanya uenak kalau bisa pesan sekalian

  24. boleh tidak saya dikirimi resep kueh kering yang lengkap dengan foto-fotonya

  25. memang Mbak, skarang bnyk yg beralih ke kue2 basah lagi, tp ya mungil2 itu.
    Jd mengingatkan saya utk kembali pd tujuan brows td, cr info kue basah sebanyak2nya, krn ada twaran utk usaha ini.
    Aku mau coba bnyk2 resep dl, ntar diposting ah..

    • halo alfi, tren kue seperti tren baju, berputar2 itu saja, tapi yg tradisonal dan klasik tetap disukai walaupun yg modern bermunculan. salam

Tinggalkan Balasan

