Sayur daun singkong kombinasi

Ini yang kesiangan belanja aku atau tukang sayur yg kepagian. Biasanya jam 7.15 mang arip, tukang sayur langganan baru teriak-teriak, ini jam 6 sudah panggil2. Aku segera keluar dan tentu saja sepagi itu sayur mayur sangat menggoda mata, rasanya mau dibeli semua. Lihat bayam yg hijau segar, lihat genjer, lihat sawi, lihat daun singkong, nah daun singkong! sudah lama rasanya tidak buat gulai daun singkong, akhirnya pilihan jatuh ke daun singkong dan minta bumbu jadi (bumbu gule) ke mang arip.

Berberes meja makan bekas sarapan tadi, dan langsung masuk dapur dan

gulai daun singkong kombinasi

gulai daun singkong kombinasi

masak. Buka kulkas, loh masih ada 1 terung ungu, mau dibalado koq tanggung amat ya, rasanya dimasukkan gulai daun singkong cukup yummy, soale aku pernah masak terung bumbu gule campur ikan teri dan petai, wah enyak4.

Mau coba gulai daun singkong kombinasi dengan terung, yuuuuuuuuuuuuuuuuuk

bahan yg diperlukan :

  • 1 ikat besar daun singkong
  • 1 buah terung ungu
  • 500 ml air
  • 200 ml santan siap pakai
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • 3 buah cabai merah (potong kasar)
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk

bumbu :

  • bumbu gule yg sdh siap pakai.
  • 1 batang serai
  • 3 helai daun jeruk purut
  • 3helai daun salam

cara membuat :

  • Bersihkan daun singkong, cuci bersih. Didihkan air, masukkan 1 sdm minyak sayur dan 1/2 sdt soda kue,  masukkan daun singkong. Jika sdh cukup lunak angkat, tiriskan dan biarkan dingin. Potong2 daun singkong, sisihkan.
  • Panaskan 3 sdm minyak sayur, tumis bumbu gule hingga harum, masukkan serai yg digeprek, daun jeruk purut dan daun salam. Masukkan 500 ml air , santan, garam, bubuk kaldu, merica bubuk dan gula pasir kemudian biarkan mendidih sebentar.
  • Masukkan terung ungu yg telah dipotong kecil dan daun singkong. Biarkan mendidih dan sesekali diaduk supaya santan tidak pecah. Sebaiknya masak dengan api sedang saja. Sebelum diangkat masukkan cabe merah. Hidangkan hangat.

tips.

  • air untuk merebus daun singkong diberi soda kue supaya cepat lunak dan minyak sayur supaya warna daun tetap hijau dan mengkilat.
Iklan

Posted on 4 November 2008, in Bisnis boga, Keluarga, Makanan Tradisional, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. Tipsnya sangat bermanfaat mba…
    Daunnya perlu dicuci lagi ga (sehabis direbus)?

  2. duh senangnya punya sahabat seperti ummu, dengan ummu selalu bertanya ke aq jadi semakin semangat untuk selalu posting jadi aku selalu belajar dan belajar.
    Aku suka agak ada rasa pahitnya daun singkong jadi tdk aku cuci setelah ditiriskan langsung diperas lagi, tapi kalo mau dicuci silahkan saja. salam

  3. saya makan dengan sayur daun singkong sangat suka banget…….paling tidak seminggu sekali……bumbunya saya tak tahu persis….yang pasti pakai santen….terkadang plus ikan teri…….plus tambahan dengan krupuk kampung dan ikan asin en tempe garing……waaah….jangan ditanya……apalagi kalau lagi lapar…..nanti saya bilang sama asisten rumahtangga untuk mencoba resep mbak…..kayanya eksotis……

  4. malam pak, apa kabar dan semoga sehat selalu ya.
    iya pak ternyata makanan khas Indonesia itu selalu ngangeni ya.
    benar pak sayur daun singkong ditambah ikan teri medan lebih sedap lagi, juga kerupuk kampung yg putih kan pak, nyam nyam nyam.
    Bisa dimasukkan tempe juga pak, suatu waktu nanti jika Bapak berkenan mengundang kami kembali akan saya bawakan sayur ini. salam untuk keluarga.

  5. Mlm mbak, saat ini saya lg mual2nya bgt,perut rasanya gak karuan, mau mkn apa saja gak selera,maklum hmpir 2bln hamil..
    Sebelum hamil aku doyan bgt gule daun singkong,tp kLo hamil bgini mkn yg santan2 bikin tmbh eneg bgt mbak..Ada gak resep sayur yg direbus,selain sayur bayam&rebus daun singkong mbak?Biar lebih variatif makannya,habis menu yg itu2 mlulu bosan skali.
    Trims ya mbak desy..

  6. halo mbak, wah bayinya manja ya mamanya dibuat mual terus, tapi mesti dipaksa makan mbak, minum rebusan air jahe kasih gula merah sedikit mengurangi rasa mual. Buat urap aja mbak kan rasa kencur enak , atau karedok. sehat terus ya mbak.

  7. sayur daun singkong itu sayur kskaan ku
    bhnnya mda di cari

  8. waduh enak banget nih daun singkong santan pake teri medan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: