Sayur Asam Kaldu daging

sayur asam kaldu daging

sayur asam kaldu daging

Sudah 2 hari ini buat sup karena banyak kaldu daging, dua elang-ku sudah mulai terdengar suaranya, kayaknya sayur sup terus ya? hahahahah anak tukang nasi hapal aneka sayur. Kalo mereka sudah bilang begitu berarti menu sudah harus diganti tapi kaldu dagingnya masih ada, sayang juga ya.

Siang itu aku masak sayur asam tapi kuahnya kaldu daging tadi, didampingi tahu goreng dan dadar telur. Aku tunggu respon mereka dannnnnnn berhasil dua elangku makan dengan lahap, mudah-mudahan karena enak bukan karena mereka lapar setelah main sepeda ya hahahahah.
kalo lihat resep memang agak sedikit lain, karena sayur asam in i memang untuk anak-anak  jadi biar sekalian agak kombinasi sayurnya, aku masukkan wortel tapi tidak aku beri melinjo berhubunga aku ada asam urat dan juga  anak-anak tidak begitu suka melinjo di sayur asam.

Mau coba? jadi kalo buat empal kuahnya bisa untuk sayur asam atau lodeh. Yukkk masak lagi.

aku suka memakai paprika di hampir di semua makanan karena dari beberapa literatur yang aku baca, kandungan vitamin C di dalam paprika tinggi sekali ( mudah2an info ini benar adanya), makanya paprika masuk dalam golongan buah/sayur yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pencegah kanker.

Resep :

  • 1000 ml kaldu daging
  • 1 buah labu siam ukuran sedang
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 1 buah paprika ukuran kecil
  • 50 gr kacang tanah
  • 1 buah jagung manis
  • 5 buah jagung putren
  • 1 ikat kecil kacang panjang ( 6 buah)
  • 50 gr daun melinjo ( satu genggam)

bumbu :

  • 4 buah bawang merah + 2 siung bawang putih + 4 butir kemiri ditumbuk halus
  • 2 ruas jari lengkuas di geprek, 5 helai daun salam dan 5 buah belimbing sayur dibelah 4 ( jika tidak ada bisa diganti 1 sdm air asam jawa), ditambag lagi 1 buah gula merah ukuran kecil, garam sesuai selera.

cara membuat :

  • Potong ukuran kecil labu siam, wortel, jagung manis, jagung putren, kacang panjang dan paprika. Sebaiknya cuci bersih semua sayuran baru dipotong supaya kandungan vitamin yg mudah larut dalam air tidak banyak berkurang.Buang tangkai daun melinjo , cuci bersih.
  • Rebus labu siam, jagung putren, kacang tanah, wortel dan jagung manis hingga cukup lunak, kemudian masukkan bumbu halus aduk rata, masukkan bumbu yg lain aduk rata. Untuk rasa asin manis dan asam sesuaikan selera .
  • Masukkan kacang panjang, dan paprika, masak sebentar masukkan daun melinjo cukup sampai layu saja. Hidangkan hangat.

Posted on 3 November 2008, in Keluarga, Makanan Tradisional, Masakan Rumah, Uncategorized. Bookmark the permalink. 14 Komentar.

  1. salam kenal …
    wah penggemar kuliner lokal rupanya…
    good…:)

  2. salam kenal kembali mas rusle, tq dah mampir ke blog ini, salam

  3. Salam kenal Ibu.
    Nuhun resepna. Ini pas buat saya yg gi ngontrak, masakan murah meriah ^^. Yah terpaksa musti blajar masak nih kayak lagu “Masak2 sendiri Cuci baju sendiri” he3x (Dangdoet is de best).

  4. halo mdram, di blog aku sdh beberapa aku posting masakan yg praktis dan ekonomis, mohon di klik makanan rumah/tradisional. selamat masak ya, yakin deh masak sendiri lebih ekonomis juga higienis.

  5. Ga pakai cabe ya mba?
    Ntar nyoba ah…anakku juga pengemar sayur asem..
    ditambah ikan asin… hmmm….sedaap… :)

  6. kalo berkunjung ke blognya bu Desi bawaannya jadi laper…. tapi isinya bisa buat panduan masak bagi anak kos seperti saya ini…

  7. halo ummu, aku masukkan paprika aja jadi pedasnya masih bisa untuk anak2 . salam

    halo mas fajar, hahahah, jadi ingat 7 tahun jadi anak kos, tahun ke 1 aku langsung kena pra types, biasa makanan rumah terus berubah jadi makan seadanya dan mie instan jadi menu utama, dah gitu nggak teratur, lapar baru cari makan di warteg. akhirnya tahun ke 2 paksain beli alat masak dan akhirnya masak terus. salam

  8. salam kenal,
    Kuliner lokal memang bikin selera banget…..
    Trims ya.

  9. halo unikzone, salam kenal kembali dan makasih banyak ya dah sempatkan waktu berkunjung ke sini. salam kuliner

  10. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://kuliner.infogue.com/sayur_asam_kaldu_daging

  11. aslkm,wah..resepnya ok2..murah meriah,praktis n bergizi pula…makasih ya

  12. aslkm mbak alfirdausi. silahkan dicoba, semoga sesuai harapan. salam

  13. wauw, resep murah meriah, tapi gedhe lho gunane kanggo kite-kite. Dengan resep ini aku jadi pinter masak nich. Kasih resep lagi dong. jangan lupe… tak tunggu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: