Ada Badak di Radio Bahana 101.8 FM

FBI di Radio Bahana 101.8 FM

FBI di Radio Bahana 101.8 FM

Say hello ama Mbak Agnes (teman di women radio), oh lala ternyata udah pindah di radio Bahana dan Mbak yg smart ini bilang nanti aku undang FBI (komunitas Forum Badak Indonesia) yang alhamdulillah aq salah satu anggota forumnya untuk sosialisasi  ke radio Bahana ya. Realisasinya cepat sekali (makasih ya mbak). Rabu aku dapat telpon dari Mas Dwi – sang produser.

Info yg aq terima jumat kita diundang untuk talk show di acara Pelangi – untuk sosialisasi FBI itu apa sich, apa perannya dalam pelestarian badak dll, ealah mendadak sekali berhubung nggak bisa secepat kilat dapat jawaban bisa ato tidak karena pihak yg terlibat kan buanyak. Tapi ikhtiar tetep harus kan?

Langsung hub mas Yangky YABI (Yayasan Badak Indonesia) dimana FBI bernaung, konfirmasi undangan ini dan mohon segera ditindaklanjuti. Setelah berkring2 ria akhirnya diputuskan oke kita bisa isi acara itu.

Jumat pagi aku masih harus selesaikan pesanan , setelah supir antar pesanan ke Yasmin, jam 4 sore meluncur ke kantor YABI tuk jemput mas Yangky. Dalam perjalanan janjian lagi ama mas koen – sang pelukis dan pendongeng yang always smile dan laugh ini di Jl. Dewi Sartika . Lihat peta lokasi radio bahana rasanya bisa sampai dengan aman, ternyata dan ternyata kesasar euy, berapa lama ya aku tidak telusuri jalan ini ya? Tepat jam 19.00 tiba dab langsung disambut hangat oleh Mas dwi, Mbak tanti dan mas Ruri.

Talk Show di Radio Bahana 101.8

Talk Show di Radio Bahana 101.8

Karena sudah saatnya acara dimulai segera masuk studio dan mulailah siaran, emang sudah diberitahu ini acara fun tapi yang terjadi bukan fun lagi, dah penuh tawa tergelak (hahahahahaah) sang penyiar yg pandai sekali membawa suasana jadi fun dan belum lagi para tamunya yg fun abis, seru-seru-seru. Namun misi kita untuk menyampaikan pesan pelestarian tetep terjaga dong. Aku kebagian pertanyaan bagaimana bisa jadi anggota forum dan apa sich yg unikdari badak. Banyak sekali yang unik sebenarnya tapi sdh dijawab oleh beberapa rekan, giliran aku nich.

Aku ceritakan awal bergabung dengan forum ini. Kami sekeluarga membuat rutinitas ke toko buku, walaupun mungkin anak2ku belum sangat mencintai buku paling tidak mereka berteriak gembira dan bersemangat kalo dibilang aka ke toko buku (untuk saat ini senang ke toko buku pun sdh cukup dulu). Saat itu di botani square di atrium sedang ada pameran, kesan pertama kayaknya nih pameran yg berhubungan dengan lingkungan karena panggung dihias seperti hutan. benar adanya ternyata pameran tentang pelestarian badak, dan melihat lokasi di lampung aku langsung menghampiri (aku hapal daerah Lampung 16 tahun disana) wow ternyata di Lampung ada suaka untuk badak (sedihhhhhhhhhhhhh) koq aku baru tau ya, selama ini hanya gajah dan gajah yg aku tahu.

Keliling arena pameran, kemudian qila dan alta lihat ada pembuatan patung badak dari tanah liat dan kami langsung bergabung, banyak hal-hal yang menarik di pameran itu. Kamipun akhirnya mengisi buku tamu.

Setelah beberapa lama dihubungi oleh pihak YABI (Yayasan Badak Indonesia) untuk kumpul2 lagi, setelah kumpul beberapa kali para pemerhati akhirnya sepakat untuk membuat forum yg intinya kita mencoba untuk membantu pelestarian badak ini dari berbagai sudut, dalam arti kami pemerhati bukanlah pakar yg mengetahui detail seluk beluk tentang badak tapi paling tidak dengan mengetahui hampir punahnya bdak di Indonesia dan kenapa sampai hampir punah, dengan sedikit pengetahuan itu cukup untuk kita sampaikan ke semua pihak dan mengajak semua pihak untuk membantu pelestarian badak.

Salah satu yang aku sampaikan di radio bahana kemarin (Jum’at 31 Oktober 200) bahwa badak membantu proses reboisasi, bagaimana caranya ? Badak adalah jenis hewan yang sangat suka berkubang di lumpur, sangat suka berjalan-jalan dengan daerah jajah yang sangat luas, keluar dari kubangan dia akan berlari-lari kesana kemari, alhasil banyak berbagai jenis biji-biji yang menempel di tubuhnya, dan biji2 akan menjadi cikal bakal pohon. Jika saja 10 badak yg berbuat seperti itu berapa banyak jenis pohon yg sdh disebarluaskan oleh badak, kalo ada 100 badak dan kemudian 1000 badak, akan kita temui lagi hutan2 yg indah dan lebat, namun sayang sang reboisasi makin hari makin berkurang jumlahnya, bahkan sekarang tidak lebih dari 300 ekor untuk di sumatra dan 60 ekor untuk di jawa (itupun jumlah yg mungkin sdh berkurang sekarang).

Kenapa mereka diburu, kalo kita dengar alasan manusia memburunya sangatlah memalukan, cuma karena mitos cula badak bisa menjadi obat kuat ( para lelaki) mungkin melihat postur badak yg demikian gagah dan berotot, karena mitos itu pula harga cula badak menjadi tinggi dan sangat menggiurkan untuk sebanyak mungkin memburu badak untuk diambil culanya.

Dan setelah di teliti ternyata mitos itu salah besar, kandungan zat2 yang adalah dicula badak sama dengan yg ada di kuku jari kita, namun apa mau dikata beribu2 badak sdh menjadi korban.

Badak adalah jenis hewan yg perkembangbiakannya sangat lamban, saat betina badak bunting memakan waktu 18 hingga 2 tahun baru anak badak lahir dan diasuh dulu oleh induknya hingga 3 tahun. Badak bunting hampir setiap 5 tahun sekali jadi tidak seperti sapi atau kerbau.

nah teman-teman jika ingin mengetahui lebih detail tentang badak, Yayasan Badak Indonesia, dan Forum Badak Indonesia beserta berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan dan akan dilaksanakan ( bahkan kita bisa loh datang ke SRS-tempat badak Sumatra di kembangbiakkan di daerah Lampung), klik di forumbadak.wordpress.com selain itu bisa mendaftar sebagai anggota forum badak .

yook kita sama-sama menyebarluaskan tentang pelestarian badak ini, hutan tidak hanya milik badak tapi juga milik kita dan anak cucu kita kelak. Salam Lestari

Iklan

Posted on 3 November 2008, in Cerita-cerita, Keluarga, Komunitas and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: