Hari ulang tahun Alta

cake coklat double buah

cake coklat double buah

Kamis, bapaknya elang (alta) baru kembali dari belahan dunia lain , ngobrol2 mengenai ultah alta yg ke 10 akhirnya ada rencana ke puncak, lumayan ada vila milik kantor bapaknya yg bisa disewa cukup murah. Akhirnya rencana terlaksana, sabtu setelah beres2 kami berangkat ke puncak, tidak terlalu jauh sebenarnya di ujung cisarua namun puncak tetap puncak, week end selalu padat.

SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE 10 ELANGKU
SEMOGA KELAK ENGKAU BISA TERBANG SETINGGI-TINGGINYA MENGEJAR CITA-CITAMU. Amin

Sampai juga akhirnya di cisarua, mampir beli sayur mayur dulu langsung mengarah ke vila. Sampai vila masak ala tarzan akhirnya tersedia menu yg cukup untuk membuat tidur nyenyak di tambah udara yg sangat-sangat cukup dinginnya, ikan mujair goreng, sambal terasi dengan rebusan kecipir dan genjer ( nyam-nyam-nyam).

Esok pagi bangun cukup pagi, setelah sholat subuh, keluar vila, niatnya mau jalan-jalan ke kebun teh (lokasi vila tepat di belakang gunung mas) nggak terlaksana ingat mesti buatkan Alta kue ulang tahun. Cake sudah aku buat dari rumah tinggal dekorasinya saja.

Cake sudah dikeluarkan, rencana mau buat cake black forest saja, pada saat mau buat cream, oh lalalala mixer terbawa tapi gerombolan plastik yg isi kocokan, spuit dan dekorasi nggak ada. Wah gimana jadinya ini, mau nangis beneran rasanya. Duduk dulu sambil minum teh hangat ditemani pisang goreng , dan aku bujuk pikiran sendiri (tadinya udah mau ngomel2 sendiri), aku adalah tukang kue dalam keadaan terdesak harus bisa melakukan sesuatu. Balik ke dapur buka kulkas, ada jeruk dan strobery dan ada buah kaleng yg semula untuk buat es buah, ada sirup sarang sari. Oke akan aku buat cake coklat vla buah saja dengan dekorasi buah, karena nggak ada kocokan mixer nggak jadi buat cream, aku buat ganache aja semoga bisa.

Alhamdulillah cake itu selesai juga. manisnya cake coklat dipadu dengan vla buah yang segar dan buah sensasi segarnya jeruk dan stroberi membuat cake ini cukup pantas untuk dihidangkan di cara special.

Sebagian dimakan dengan keluarga dan sebagian di bawa ke pertemuan blogor di LPPK Purnawarman. Terima kasih ya tamu undangan yang sudah berkenan hadir dan terima kasih untuk teman-teman blogor untuk ucapannya ke Alta dan kuenya juga bersedia di makan ramai-ramai, semoga membawa berkah.

Ini resepnya :

Aku pakai telur 10, sp 1sdm, gula 200 gr, kocok dulu bahan2 ini sampai mengembang dan mengental setelah itu masukkan campuran tepung ( 150 terigu + 50 coklat bubuk ) tambahkan 1 sdm pasta coklat , aduk rata. Masukkan 150 gr mantega yg sudah dilelehkan, aduk rata. Masukkan adonan ke loyang ukuran 24 x24, oven dengan suhu 170 derajat hingga matang. Dinginkan.

Vla buah

Buah kaleng yg coctail ukuran 345 gr beserta airnya campur dengan 150 cc susu cair dan tambahkan 100 gr gula pasir, panaskan. Masukkan 50 gr maizena yg sdh dicairkan dgn 50 cc air, didihkan hingga meletup-letup. Dinginkan.

simple syrup

100 cc air larutkan dengan 4 sdm gula pasir dan tambahkan 3 sdm sirup sarang sari, aduk rata.

Dekorasi buah :

buah jeruk kalengan dan stroberi belah 4.

Ganache :

  • 250 gr dark chocolate
  • 250 gr white chocolate
  • 200 gr biobianca
  • 400 cc susu cair dingin.

Cara membuat ganache

Campur biobianca dengan susu cair dingin aduk rata, sisihkan. lelehkan white chocolate (  sisihkan u membuat papan ucapan dan dekorasi ).  Lelehkan dark chocholate (sisihkan sedikit untuk membuat tulisan ultah).

Campur white dan dark chocolate, aduk rata. Tuang ke cream biobianca, aduk rata. sisihkan.

Penyelesaian :

  • belah dua cake coklat, sisihkan bagian atas cake.  Beri simple sirup seluruh permukaan cake hingga rata.
  • Kemudian taruh vla buah  vla hingga semua permukaan kue tertutup dan ratakan.
  • Tutup dengan bagian cake yg lain. Basahi seluruh permukaan kue dengan syple sirup kembali. ratakan semua bagian cake dengan ganache, jika ada ratakan dengan pisau kue yg bergerigi bagian samping sehingga membentuk garis yang manis.
  • Beri buah berseling seputar pinggiran cake, taruh papan ucapan selamat dan lilin ultah. selesai dan selamat mencoba.

Untuk pemesanan 2 hari sebelumnya dengan harga Rp.250.000,- untuk cake ukuran 24x24cm dan  Rp.175 u ukuran cake 20 x 20cm

Iklan

Posted on 27 Oktober 2008, in Bisnis boga, Cake, Cerita-cerita, Dekorasi Kue, Keluarga. Bookmark the permalink. 16 Komentar.

  1. hheeiii..Alta sudah 10 tahun ya,..?
    iya siih Rifki juga udah 9 thn..12/10 kemarin..
    ga’ kerasa yaa..Des, ternyata waktu cepat skali berlalu..
    berarti kita tambah tuwir doong..xixixi..

    SELAMAT ULANG TAHUN ALTA SEMOGA JADI ANAK SOLEH DAN BERTAQWA..AMIIEN..

  2. halo mbak, iya mulai terasa tuwirnya heheheh, dah suka cepat lelah gitu.
    Terima kasih ya mbak untuk doanya ke Alta, salan untuk keluarga.

  3. salam kenal mbak, blognya saya link boleh ya mbak, mau belajar masak dan bikin kue nih. Btw, biobianca tu apa ya mbak? Terima kasih

  4. tuk putri, salam kenal kembali, silahkan di link dengan senang hati. Biobianca itu bubuk untuk buat cream u dekorasi cake, keluaran dari zeelandia, selain rasanya enak, harganya cukup ekonomis dibandingkan produk yg sama, merk berbeda. salam

  5. To mba emma & mba desi : tuwir ga papa yang penting tetep keliatan mudir….he he :)

  6. untuk raja, terima kasih ya.

  7. Selamat ulang tahun Alta. Semoga jadi anak yang soleh. Amin

    Rajin juga Ibu yang satu ini…

  8. halo om khresna, terima kasih ya. amin. salam

  9. halo silo, amin-amin, mudah-mudahan gitu (mudir terus). salam

  10. salam kenal mba…rasanya pernah masuk tv ya? TVRI kalo nggak salah…saya suka sekali buat kue, minta ijin untuk nge link blognya ya mba…terima kasih..

  11. Dua jempol lah buat mba desi :)

  12. halo mbak rani, alhamdulillah mbak bisa muat di TV walaupun ukuran XL, heheheh. silahkan mbak dengan senang hati jika berkenan ngelink blog saya. salam kuliner

  13. duh ummu, doakan aq kuat terus untuk menerima cobaan yang senang maupun susah ya, karena katanya kesenangan juga cobaan. terima kasih selalu support aq ummu. salam

  14. walau terlambat,Selamat Ulang Tahun buat;Alta.
    salamku.

  15. halo om langitjiwa, terima kasih untuk ucapannya. salam-alta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: