Cake ketan hitam Idul Fitri (dekorasi black en white chocolate)

cake ketan hitam

cake ketan hitam

.Ketika siang itu kegiatan rutin mengecek email yang masuk, ada email yg cukup menarik perhatian aku, datang dari Mbak Susi dari Austria, ingin memesan kue dan menanyakan bagaimana cara pengiriman barang dan pembayaran.

Duh, jadi bingung mau kirim ke Austria? Ternyata ngobrol punya obrol, mbak Suzi ingin mengirimkan cake dan ku-ker tuk ibunda tercintanya yg juga tinggal dibogor. Setelah alamat aku terima, langsung tersenyum, ternyata rumah ibundanya hanya berjarak 1 km dari rumah aku.

Mbak Susi, kue kering dan cake ketan hitam tuk ibunda tercinta sdh aku kirimkan, terima kasih tuk pesanannya.

yukk kita sama2 coba resep ini, ukuran yg lebih besar dr resep yg pernah aku sajikan di blog ini juga, berhubung untuk hantaran.

Cake ketan hitam dekorasi black en white chocolate.

Bahan yg dibutuhkan :

  • 9 butir telur ukuran sedang
  • 1 1/2 gelas gula pasir
  • 1 sdm SP
  • 3/4 gelas minyak sayur a mentega yg dilelehkan
  • 3 gelas tepung ketan hitam, jangan dipadatkan
  • 3/4 gelas tepung terigu protein rendah a sedang
  • 75 gr susu bubuk full cream

Bahan dekorasi

  • 100 gr white chocolate
  • 100 gr dark chocolate
  • 200 gr jelly strawberry

Cara membuat

  • kocok telur, gula pasir dan sp sampai mengembang dan kental, masukkan campuran tepung dan susu, aduk rata. masukkan minyak sayur atai mentega cair ke dalam adonan, aduk rata.
  • siapkan loyang diameter 24 dengan dialasi plastik tahan panas.
  • Panaskan kukusan dan kukus adonan secara bertahap ( buat tiga tahap), terakhir masak lagi 10 menit atau hingga matang.

Penyelesaian

  • Dinginkan cake dan keluarkan dari loyang.
  • belah dua cake, beri jely atau selai stroberi, tutup kembali.
  • Olesi lagi permukaan cake dengan jely a selai stroberi, parut kasar dark dan white chocolate hingga seluruh permukaan tertutup coklat.  selamat mencoba
Posted on 7 Oktober 2008, in Bisnis boga, Cake, Dekorasi Kue and tagged , , . Bookmark the permalink. 30 Komentar.

  1. mbak…cake ini tahannya berapa lama ya..bisa sampe berapa hari? aku lebaran kemarin bikin cake ini tapi ga tau bisa tahan sampai berapa lama…

  2. Nanya mbak…
    Kenapa ngukusnya harus sampai 3 tahap, pdhal gak dikasih filing? Klo dikukus saru tahap boleh gak? (biar praktis gitu…:D).

    Thx before…

  3. halo mbak mia, kalo diudara terbuka, paling bertahan 2 hari karena cake kukus tingkat kelembaban tinggi, kalo mau bertahan lama, dibungkus dengan alumunium foil masukkan ke kulkas pada saat akan dikonsumsi dikukus kembali mbak, rasanya tetep yummy. salam

  4. halo mbak hanum, sebenarnya kalo sdh sering membuatnya sekaligus dikukus bisa saja, namun banyak teman yg mendapatkan hasil nggak maksimal, ada yg bilang tengah masih mentah, bergelombang, nah untuk pemula aku sarankan 3 tahap seperti resep jadi tingkat kegagalan lebih kecil, mau dikasih filing seperti buat brownies kukus boleh aja mbak, bahkan pernah aku beri filing rice coklat dan fruit, rasanya tetep okem bahkan pernah aku buat seperti lapis legit, dibuat berselang antara ketan hitam dan ketan putih, hasilnya cantik sekali. salam

  5. Nah… ini dia “jangan merokok” tapi kapan KUEnya..
    Salam

  6. Lum pernah nyoba yang ini…

  7. halo pak Limpo, salam kenal, saya sdh berkunjung ke blog bapak, silakan mampir ke bogor pak untuk mencicipi kue2. salam

  8. halo ummu silakan di coba ya, ada sensasi lain lho di cake ini. salam

  9. Mba kalo nuang adonan biar permukaannya tetep cantik dan ga bergelombang gimana?

    tetep diatas panci ato loyangnya di keluarin dari panci?
    pernah baca katanya jangan sampai nuang adonan di luar kukusan…tapi…
    kemarin saya praktek eh kok malah jelek ya…
    jadinya malah dalam cakenya yang bergelembung…

  10. halo ummu, permukaaan kue bergelombang banyak penyebabnya, bisa api terlalu besar, bisa ada tetesan air masuk ke adonan, untuk amannya buat 3 tahap saja ummu, kalo aku biasanya loyang dah aku taruh dalam kukusan, waktu uap air sdh banyak a air sdh mendidih, api aku kecilkan adonan aku masukkan 1/3 bagian, kukus sebentar sampai permukaan adonan mengeras supaya bisa menaruh 1/3nya lagi, kukus kembali, kemudian masukkan adonan terakhir, kukus hingga matang.
    atao ada cara lain, adonan masukkan ke loyang 1/2 bagian, ratakan adonan dengan cara membanting loyang yg sdh berisi adonan ke lantai (jangan dibanting terbalik lho), ini gunaya untuk mengeluarkan udara yg ada dalam adonan, kukus adonan dengan api besar sedang hingga setengah matanag, masukkan kembali sisa adonan dan kukus hingga matang.
    mudah2an dgn cara ini hasil tdk bergelombang. terkadang kalo hasil akhir bergelombang dan waktu sdh tdk mungkin tuk kukus adonan yg baru, ratakan saja bagian atas dengan cara di potong tipis kemudian beri topping ( beri selai kemudian parutkan keju, atau siram dengan coklat leleh) hasilnya jadi cantik ( dah nggak kelihatan kalo tadinya dia seperti permukaan bulan, gradakan ( heheheh), tetep semangat ya ummu.

  11. mba’, ketan itemnya diapain?kok g da di dalam resep??thank’s

  12. mbak cake ni apa memang ga kembang2 banget ya…?maksud aku naiknya cuma sedikit?trus apa rasanya memang padat gitu? kayak brownies? padat?

  13. halo mbak rini, dicara membuat kan ada kata2 masukkan tepungnya, itu berarti teung ketan hitamnya , umumnya jika kita membuat cake yg sejenis seperti tepung maizena, tepung terigu, susu itu dicampur jadi satu tujuannya supaya tidak terlalu banyak mengaduk aneka bahan tersebut, begitu juga diresep ini tepung terigu dan tepung ketan dicampur jadi satu, boleh diayak boleh tidak, gitu ya mbak. salam

  14. untuk mbak mimi, cake ini naik cukup tinggi namun tidak setinggi bolu kukus biasa karena berat jenis tepung ketan lebih berat dibandingkan terigu, memang agak padat, kalo yg ringan dibuat sponge cake mbak tapi dipanggang. salam

  15. Mbak skrg aku kan udh dipalu,kotanya lbh besar drpd gorontalo,tp tetap aja kLo cri bhn kue trutama tepung ketan hitam agak sulit,sbnarnya yg jual ktn hitamnya bnyk dpasar,tp yg lngsng jd tepung itu gak ada..Prnh aku mnta gilingkan ketan hitam ke tkng gilingan tepung(tepung beras&tepung ketan putih) mreka blng susah,mesin gilingannya gak bs krn ketan hitam lbh keras drpd ketan putih/tepung beras, tp stlh aku paksa2 akhrnya mrka mau(jg dbri tambhan lebih upah giling tepung).
    Namun hasilnya kyany krg maksimal mbak,tpung ktan nya msh grundel2 gak halus dan trcampur dg bekas gilingan tepung beras..Jd warna tepung ktn hitamny ada serbuk putih2nya..Hiks..
    Pdhl pingin bgt buat cake ketan hitam yg enak dg bhn yg brkualitas psti akan mghasilkan rasa yg lbh yummy…

  16. halo mbak rara, pa kabar ibu yang cantik? lebaran kemarin pulang ke jakarta ga? hehehe ternyata masih penasaran ama di ketan hitam ya?
    Kapan pindahnya ke Palu mbak? seperti apa kota Palu? aku masih berkutat seputar kue dan nasi terus, mulai merambah EO tapi masih tahap belajar. tetep semangat ya mbak. salam

  17. hihihi mbak…aq kan kemarin bikin cake ini…tapinaiknya ga tingg mbak?apa mungkin yang aq bikin bantat ya? apa cake ketan item bisa bantat juga?
    makasi ya mbak….

  18. Ternyata ada Daeng Limpo ya… di Blogroll.
    Namaku percis itu… entah beliau dari daerah mana… pernah kutanya tak membalas.

  19. duh mbak mimi, sory waktu aku balas ternyata send nggak berhasil ya.
    heheheh untuk cake ketan hitam tetep naik tapi memang nggak setinggi kalo buat cake kukus pakai terigu karena berat jenis bahan emang beda, lebih berat ketan hitam. Tapi rasa tetep oke kan, coba lagi ya mbak mimi, salam

  20. iya limpo50. mungkin satu daerah ya kalo nama sama, salam

  21. yuyun yulianti

    ass mbak…mau tanya ..kalo ketan hitamnya diganti ketan putih, hasilnya akan samakah?

  22. Ass mbak desi, kemarin aku dah coba buat cake ketan hitam, alhamdulillah nggak bantat dan rasanya juga enak.duh senengnya apalagi anakku, langsung bilang besok buat bawa ke sekolah.ternyata betul ya mbak,walaupun kue yg kita buat sederhana tapi nilai non materialnya tidak terhitung.terima kasih ya mbak desi yang sudah memotivasi aku dan memberi resep-resep yang ok punya. Btw aku kan penyelesaiannya pakai white coklat dan selai blueberry. aku nyampur white coklat yang sudah mencair dengan selai blueberry nggak di atas kompor, takut hangus coklatnya.hasilnya agak bergumpal2.trus waktu ngukus loyangnya aku alasi kertas roti, sebenarnya dialasi plastik aman ya mbak?oya loyangnya memangnya harus yg bolong-bolong??? ini kata tanteku.

  23. halo mbak nisa, pa kabar ? moga sehat selalu ya? wah asik dunk udah coba, senang sekali mendengar ceritanya.
    melelhkan white coklat mesti agak lebih sabar, sebaiknya memang tidak dgn api menyala di kompor mbak, biasanya aku didihkan air kemudian api dimatikan, baru taruh wadah yg berisi white coklat yg sdh dipotong kecil2, diamkan hingga melelh sendiri baru diaduk2 gingga tercampur rata. baru dicampur selai dan aduk lagi, usahakan selai tidak dalam keadaan dingin karena white coklat akan segera membeku dan menggumpal. memang akan mengental dan segera ditaruh di cake supaya mudah meratakannya. selamat berkereasi ya mbak. salam

  24. halo mbak yuyun maaf baru balas, kalo munurut aku dengan perlakuan yang sama, hasilnya agak beda, mungkin cara pengerjaan tepung ( menumbuknya) beda kali ya antara tepung ketan putih yg sdh dikemas dgn tepung ketan hitam, sekilas tepung ketan putih dalam kemasan halus sekali dan ringan, sementara tepung ketan hitam dalam kemasan tidak terlalu halus dan agak berat. jika ingin mencoba , silahkan mbak, jangan takut berkreasi ya. salam.

  25. mbak, pertanyaanku yg satu belum dijawab lho..kalau kita ngukus dialasi plastik yang tahan panas, aku udah beli cuma ragu mau pakai.aman ya mbak??soalnya kalau pakai kertas roti kurang mulus.makasih ya mbak yg baik.
    namaku nina mbak, bukan nisa.wassalam.

  26. Mbak, aku baru belajar bikin kue, aku seneng bikin bolu kukus soalnya belum punya oven. Besok anakku ultah, aku pengen bikin kue untuk dibagi ke temen-temennya tapi aku belum bisa hias, aku mau bikin cake coklat kukus, enaknya dihias pake apa ya mbak biar kelihatan menarik?
    oya untuk resep cake ketan hitam, ukuran gelasnya tuh kira-kira setara dengan berapa gram ya mbak?

    Thanks
    Dewi

    • Mbak dewi, jawaban sudah aku kirim by email ya, oh ya untuk cake ketan hitam 1 gelas belimbing setara dgn 100 gr mbak, jadi 1 resep 250 gr tepung ketan hitam. salam

  27. salam kenal mbak…
    mbak aq ijin mo coba resepnya yach mbak:)
    mks

  28. Defidi thanks ya sy terbantu nih dg keterangan 1 gls tp ketan setara 100 gram nya. Boleh tanya lagi ga ttg takaran2 ini? Saya msh sulit nemu site ttg kesetaraan ini pdhal buat saya lbh praktis n bhubung ga punya timbangan juga:). Yg mo sy tanya; 1 gelas tepung terigu, 1 gls tp maizena,1 gls tp sagu, 1 gls tp beras, 1 gls gula pasir, 1 gls mentega, masing2 setara dg berapa gram? Makasih sblmnya,n kalau ada site yg mjelaskan ttg ini boleh dong di sharing. Salam kenal dr inggris:D

Tinggalkan Balasan

