Kue Ultah dihari yang Fitri

kue ultah

kue ultah

Menjelang hari H, Idul Fitri, aku kedatangan tamu yg meminta tolong untuk dibuatkan cake ultah untuk anaknya, sangat senang namun waktu yg diminta membuat aku berfikir sanggup tidak aku menyelesaikan kue ultah itu karena diminta jam 9 pagi, pada hari raya pertama.

Namun mau disampaikan aku tidak sanggup rasanya juga tidak sanggup, terbayang kue ultah itu sangat ditunggu, akhirnya aku sanggupi satu buah black forest dengan dekorasi agak di modifikasi sedikit, akhirnya selesai sudah kue ultah.

Untuk Harist, Selamat Ulang Tahun yang ke-13 ya? Semoga Panjang umur, sehat selalu, makin pintar dan selalu dalam lindungan Allah S.W.T. Amin

Black Forest Idul Fitri

Bahan yg dibutuhkan untuk membuat cake.

12 butir telur ukuran sedang, 200 gr gula pasir, 1 sdm SP, 200 gr mentega, 175 gr tepung terigu, 30 gr coklat bubuk-tulip, 1 sdm pasta BF-wilton, 25 gr susu bubuk.

Cara membuat :

Kocok telur, gula pasir dan sp dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental. lalu masukkan campuran tepung( terigu dan coklat bubuk)

  • + susu, masukkan secara bertahap ke dalam adonan telur, aduk rata dengan spatula. Setelah itu masukan pasta BF aduk rata kembali, dan terakhir masukkan mentega yg telah dicairkan, aduk kembali hingga rata.
  • Siapkan loyang 30 x 30, alasi dengan kertas roti. Tuangkan adonan ke dalam loyang, oven dengan suhu 170 derajat hingga adonan matang.

Bahan dekorasi :

  • Dark chocolate, white chocolate, royal icing warna hijau. lelehkan white chocolate, alasi tempat dgn plastik kemudian buat garis2 sejajar diats plastik itu kemudian buat bundaran2 tidak beraturan, masukkan ke dalam kulkas tunggu hingga white coklat mengeras. Black cery kalengan, dan 2 sdm gula pasir + selai jeli strawberry.
  • lelehkan dark choccolate, siram dan ratakan diatas white chocolate yg telah mengeras tadi, keraskan kembali coklat, potong2 empat persegi panjang ( 4×6), sipa untuk menghias cake.
  • Untuk tulisan ucapan, lelehkan dark chocolate bentuk papan kecil.
  • Untuk cream olesan, aku pakai 200 gr biobianca dari zeelandia dicampur 400 ml air dingin kocok hingga kaku dan cream siap untuk digunakan.

Penyelesaian :

  • Potong kue menjadi dua bagian, masing-masing bagian perciki dengan air buah cery yg dilarutkan dengan 2 sdm gula, hingga semua permukaan kue basah.
  • Olesi seluruh permukaan dengan selai jely strawberry hingga rata, tata buah kaleng ditasnya kemudian beri cream, ratakan.
  • Tutup semua bagian dengan cream hingga rata. Setelah itu tata dengan rapi potongan coklat dekorasi bagian samping cake. untuk bagian atas serut dark chocolate hingga menutupi permukaan. Rapikan bagian pinggir dengan cream, buat bulatan2 untuk tempat menaruh buah cery. Setelah rapi, taruh ucapan yg berbentuk papan coklat.

Selesai sudah black forest kali ini, next time aku mau mencoba buat green forest, salam

Iklan

Posted on 1 Oktober 2008, in Bisnis boga, Cake, Keluarga and tagged , , . Bookmark the permalink. 13 Komentar.

  1. Mba..
    kemarin gagal total… he he…
    ngocok telurnya kira2 berapa menit yah?…
    apinya harus besar ya?….
    penasaran skali….nanti kalo jajanan dah habis mau bikin lagi…

    pantang menyerah poko’e…

  2. halo ummu, untuk mixer aq ( akebono a signora) cukup 8menit sdh kental, tp tuk mixer biasa 15 menit-an ya, biasanya kalo sdh memakai SP akan cepat sekali mengembang dan kentalnya, kemungkinan gagal akan lebih kecil dibandingkan tdk menggunakan SP.
    Api aku pakai suhu berkisar antara 160-170 derajat, api bawah dulu, setelah bagian atas mengeras pakai api atas, tapi jika posisi cake di rak paling bawah langsung menggunakan api atas bawah nggak masalah. iya ummu dicoba lagi, cake yg gatot tadi masukkan loyang kembali, masak agar2 susu dan siramkan ke atas cake tadi secara bertahap, wah jadi bolu agar tetep enak loh. salam

  3. mbak…maaf lahir batin ya…

  4. halo mbak mia, apa kabar? moga sehat selalu ya. sama-sama mbak, aku juga mohon maaf lahir dan batin ya. salam

  5. apa kabar nya mbak des…gmn mudik nya????
    oya,maaf lahir batin y mbak..sukses terus mbak..

  6. halo mbak icha apa kabar, wah suasana lebaran dikampung emang beda ama dikota, ramai jalan penuh sesak sama sepeda motor, yg nggak enaknya tempat makanan kesukaan pada tutup jd nggak bawa oleh2 apa2. Gimana di padang pasti ramai ya? makasih support aku terus ya mbak. salam

  7. Assalamu’alaikum…
    mba…maaf ya ganggu lagi…

    habis nyoba lagi…tapi gagal lagi…
    gini stepnya…

    1. telur dan gula dikocok sampai rata, tambahkan sp. kocok lagi sampai kental dan lembut, mengembang…kr2 15 menit.(hasilnya emang mengembang banget dan lembut)
    2. masukkan tepung sambil diayak, aduk rata. (sampai disini adonan masih mengembang)
    3. masukkan margarin leleh (ga sampai seperti minyak, asal leleh ajah). Nah pas nyampai sini kok adonan langsung turun (jadinya tinggal sedikit). Yang biasanya saya pake resep ini hampir 3/4 loyang tulban,kok ini setengah loyang aja ga ada…Nyampai sini saya sdh curiga…jgn2 ga jadi lagi…tp msh berharap…
    4. dioven sampai matang dgn suhu 175′

    Padahal dulu saya pertama kali bikin bolu pake resep ini…jadinya bagus2…

    Apakah bahan2nya berpengaruh ya?
    yang saya ganti cuma margarin…dulu pake bluband sekarang pake delima…maksud hati menghabiskan stok yang ada…
    terus dulu pake ovalet skrg pake sp…

    duh panjang sekali.. maaf ya ngrepotin…

  8. halo ummu, coba dgn cara ini :
    gula,telur,sp kocok bersamaan dgn kecepatan tinggi, hingga mengembang dan kental, matikan mixer.
    Tuang adonan ke dalam wadah lain yg lebih besar dari mangkuk mixer.
    masukkan campuran terigu secara bertahap, tahap pertama 1/3 dari jumlah seluruh terigu, aduk dengan spatula karet ato platik dengan cara mengaduk dari bawah ke atas searah jarum jam hingga rata, lakukan hal serupa hingga terigu habis, masukkan pasta coklat aduk rata kembali.
    masukkan margarine leleh , tuang merata jangan satu tempat saja, aduk kembali seperti mengaduk pada saat adonan terigu dimasukkan,
    coba lagi ya ummu, semoga kali ini sukses. salam

  9. Makasih mba ….
    Ntar praktek lagi…

  10. maaf mbak…mungkin bisa di tambahin
    ummu….margarinnya ga boleh panas kali ya …setelah dilelehkan…dinginkan dulu…
    tul ga mbak des…?

  11. halo ummu, silakan.

    tuk mbak mia, bener mbak, makasih. salam

  12. mbak.. subhanallah kuenya kok cantik2 banget..

  13. Asw, apa kabar mbak nur asiah, makasih sdh berkenan mampir ke blog ini. Makasih untuk supportnya, semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan untuk menjalani hari-hari yang indah dengan pinjaman Ilmu dari Sang Pemilik Ilmu. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: