Silaturahim yang apik adalah marketing yang handal

bingung baca judul diatas? pagi ini terlintas ingin sekali menulis tentang silaturahim . Gara-garanya suatu jalinan silaturahim yang baik dengan pihak luar sehingga mendapatkan hasil yang baik pula namun disalahartikan bagi segelintir orang2 yang merasa kalah sebelum berperang? wuah tambah bingung ya mengartikan sekelumit ulasan diatas?

begini men temen, waktu masih jadi orang kantoran dan ditempatkan di bagian marketing, siapapun adalah target kita karena kita tidak tau orang itu siapa, bisa saja dia target yg top tp karena penampilan dari sononya kucel kita anggap ga masuk hitungan, ato ada yg penampilannya necis abis tapi tenyata jauuuuuuuuuuh dari target kita. Karena setiap orang adalah target kita maka selayaknya kita harus memperlakukan mereka sama baiknya, sama ramahnya sama diperhatikannya. Nah jurus jitu dari suhu aku inilah selalu aku pakai hingga sekarang.

dahulu kala saat masih ngantor office boy dan office girl bagi aq adlah bagian yg sangat penting krn dari dulu aq sudah gang dagang di kantor dan mereka adalah sales aq yg nomor satu , kadang kala keberadaan mereka tdk diperhatikan oleh sebagian orang yg katanya dan merasa pejabat dikantor namun sebenarnya jauh lebih mengerti mereka setiap sisi dan inci suatu gedung perkantoran beserta isinya, mulai orang2nya, posisinya, spesifikasi pekerjaannya,  sampai sifat orang perorang mereka hampir paham. Dengan polosnya mereka bisa berceloteh”jangan tawarin yg itu mbak, susah bayarnya, jangan yg itu mbak, cerewet orangnya, jangan yg itu mbak cuma liat-liat doang dan itu suatu informasi yg sangat penting bagi seorang pedagang kan? dengan menjalin salaturahim yg baik dgn mereka, hal-hal kecil coba diperhatikan, bagi orang lain mungkin sepele tapi bagi mereka hal yg luar biasa, mulai menanyakan kenapa 2 hari tidak masuk? , sakit apa, atau berbagi makanan, atau saat mereka melahirkan diberi hadiah, kala hari-hari besar diberikan bingkisan , atau saat berjumpa dimanapun disapa. ini awal  membangun nerwork yg luar biasa, hingga kini setiap tahunnya sales aku untuk kue kering di beberapa perkantoran adalah mereka, hampir 700-900 toples setiap tahunnya mendapat pesanan dari mereka, suatu simbiosis mutualisme yg sangat bagus. Kenapa aku pilih mereka? karena mereka punya waktu yang lebih banyak jika dibandingkan kalo aku titipkan dengan teman yang staff.

di salah satu komunitas aku berada ( hik ga berani sebutkan nama komunitasnya, maaf ya) karena jalinan silaturahim yg baik akhirnya aku mendapat kesempatan untuk mengais rezeki disana, kasarnya aku dikasih pekerjaanlah  hingga sekarang. Karena pekerjaan itu terus berkembang akhirnya dibagi ke beberapa rekanan, nah masalah mulai muncul dimana pada saat pembagian jatah pekerjaan, orang yg baru masuk dan bergabung protes berat karena merasa dapat porsi yg kecil dibandingkan aku, dan kata-kata yg keluar dari mulut kecil yg bisa menjadi pisau besar  ( repot ya kalo tukang masak, urusannya mesti aja nyerempet ke dapur)  sangat2 tidak pantas, wek wek wek wek namun sesabar apapun aku ya tetaplah manusia penuh khilaf (ya mas achoey), terlontar satu kata dari mulutku yg juga bisa setajam samurai :” makanya baik-baiklah dengan orang lain, jalin silaturahim yang bagus dan network yang hebat karena darisana orang bisa mempertimbangkan memberikan sesuatu kepada orang lain.

wow kata-kata aku itu ternyata tambah menyulut kemarahannya, karena sisi negatif nya makin muncul, dia merasa aku menganggap dia tidak baik, wualahhhhhhhhhhhh. Kicauannya semakin nyaring berkumandang seantero teman2 yang lain, semakin aku diam semakin menyebar kicauan itu sampai pada satu titik tanpa dia sadari dia berkicau dengan teman yg lain padahal aku ada dibelkangnya, teguran keras langsung aku lontarkan dan mengajak selesaikan masalah ini. Tapi payah jika berhubungan dengan orang yg memang sdh menaruh rasa iri ( penyakit hati yg lebih gawat dari kanker stadium 4) penyelesaian ada dengan menjulurkan tangan tanda minta maaf dan damai( ga sempat pakai bendera putihnya tom& jery sich). Tapi apakah sampai disitu?????? jalinan silaturahim terputus, setiap kali bertemu aq, dia seperti malu hati, cepat2cepat menghindar walaupun senyum tebar pesona sdh aku kirimkan, padahl saat itu aku bawa kue-alhasil nggak kebagianlah dia kue itu, ini kiasan terkecil jika kita tidak menjalin silaturahim yang baik. Jika saja tadinya yg mau dibagi adalag bisnis atau proyek yang bagus berarti dia tidak kebagian juga dong?????? artinya rezeki yang seharusnya didaptkan jadi hilang. Inti cerita ini ya seperti itu men-temen.

Namun suatu kalimat yg juga pernah aku tanggap dari teman milis:”kita tidak mungkin memuaskan keinginan semua orang/orang lain semaksimal apapun kita kerjakan, karena sifat manusia memang tidak pernah puas” kemudian sang teman juga pesan” inilah dunia semakin kita berusaha untuk sempurna semakin orang lain yang memang sedang iri dengan kita akan semakin merasa kita tidak sempurna-dicari-cari kesalahan kita, yang kecil dijadikan besar dan yg cukup be3sar semakin dibuat besar.

kata demi kata bijak yang berhasil aku kumpulkan membuat satu kesimpulan” sebaiknya aku tidak terpancing dengan permainan si iri tadi” untuk apa aku merusak sel-sel syaraf yg sudah mulai tua dengan kemarahan ” akhir kata aku pesan kepada semua men temen “jalinlah silaturahim yang baik dengan siapapun, karena silaturahim yang baik merupakan salah satu pintu rezeki dan itu sudah aku praktekkan berkali-kali” salam

Posted on 22 Juli 2008, in Bisnis boga, Cerita-cerita, Keluarga. Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. betul sekali mbak, terkadang emang orang kecil yang dijadikan Tuhan untuk memberi rejeki ke kita, dan orang2 kecil itu justru punya ketulusan yang besar.

  2. Assalamu’alaikum

    halo mbak Def….

    sudah mulai promosi kah?
    kayaknya aku tahun ini gak bikin promo kuker mbak, mengingat keterbatasan peralatan. tar malah gedubrakan,lagian tenaganya cuma satu, bulan puasa lagi. mo bagi-bagi antara ibadah dan kerja. Insya ALlah kalau sudah ada fasilitas yg lebih baik.

    Raya ini, kalau ada yg pesen kuker aku layani, jadinya order yg datang aja, nggak buat promo.

    sukses terus mbak…

  3. halo mbak kutilang,moga sehat selalu. Iya mbak pengalaman adalah guru yg baik, jadi dari pengalaman yg ada kita bisa terus belajar berempati kepada yg lain , makasih mbak. salam

  4. waalaikum… mbak ninie.
    promo dan buat sample belum mbak, sdh banyak yang tanya tapi lagi hitung biaya produksi berhubung biaya bahan setiap hari selalu berubah.
    pekerja khusus bulan ramadhan sdh menanyakan order kue kering tapi aku sendiri baru menyelesaian sample dan resep kueker untuk satu majalah muslimah dan belum bisa buat sample untuk jualan.
    salam

  5. Salam persahabatan buat sahabat defidi, blog yang luarbiasa, saat saya membuka blog ibu, tiba-tiba saya merasa laper sekali [hehe]…

    Prinsipnya saya setuju 100% dengan artikel silaturahim yang anda ulas tadi, tapi kemudian timbul pertanyaan saya, bagaimana memanajemeni silaturahim tersebut sehingga mempunyai nilai benefitas tinggi untuk perkembanagan diri kita dan juga yang kita silaturahimi itu?. Tidak sedikit yang melakukan silaturahim seperti geng motor, kemudian komunitas-komunitas yang anti kemapanan malah kok menjadi tidak baik ? mohon pencerahannya…. oh ya silahkan sahabat jalan-jalan ke gubuk saya di jundul.wordpress.com, dan kalau bisa tinggalkan puding atau cake yang bermanfaat bagi gubuk saya, nah konsep ini apakah konsep silatrurahim juga yah… (hehehe)

  6. halo mas jundul, salam persahabatan kembali dan makasih ya sdh bersedia mampir.
    kalo saya sendiri mas, masih say hello aja dgn yg disilaturahimi, tapi makna say hello ternyata luas sekali mas, dari tanya apa kabar dan sekarang bisnis apa obrolan jadi panjang dan terkadang jadi mendapat bisnis baru.
    ya setiap komunitas menurut saya pasti ada positif dan negatifnya, kita ambil sisi positifnya aja mas, yg kira2 bermanfaat kita lanjutkan yg kira2 mengarah merugikan segra kaburrrrrrrrrr. maaf loh mas jika pencerahan ini kurang berkenan. sukses selalu ya mas, salam

  7. bagi tman tman yang ingin membeli kendaraan beroda dua (motor) SUZUKI,bisa hubungi yoga di (021) 94273678….HARGA DIJAMIN DI BAWAH PASARAN,,,PT MITRAINDO SEJAHTRA UTAMA
    salam bisnis untuk teman teman…sukses buat semua

Tinggalkan Balasan

