Laporan Food Festival

Cake Mom\'s Kycen ForumMbak Diah dan teman-teman seperjuangan, inilah laporan selengkapnya acara food festival kemarin.

Alhamdulillah acara demi acara berlangsung dengan lancar, ada event yang memenuhi target ada juga yang tidak, tapi itulah seni dari suatu usaha, jika semua selalu berjalan lancar tidak ada pembelajaran bagi kita kan, kita tdk akan tahu mana kelemahan kita. Dan akibat fatal lebih jauh sifat sombong yang memang ada disetiap sisi sifat manusia akan muncul, merasa memiliki sesuatu yang melebihi orang lain tanpa diimbangi oleh kesadaran tinggi bahwa apa yang ada pada kita hanya pinjaman saja akan membuat kita menjadi manusia yang sombong, mudah-mudahan kita semua dijauhkan dari hal demikian. Blog defidi ataupun Mom’s Kycen Forum adalah wadah tempat kita saling bersilaturahim, saling mengingatkan, saling memberitahu, saling mengisi dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Namun wadah, forum atau apapun namanya tetap mempunyai aturan main dan etika sesederhana apapun wadah itu, demikian blog ini, mohon maaf untuk pertanyaan dan pernyataan yang tidak sepantasnya akan kami masukkan ke dalam kategori spam.

Kembali ke laptop ya…,

Untuk mempersiapkan event hari ke-2 aku dan team keluar dari Botani menjelang jam 12 malam karena persiapan untuk tempat acara baru bisa dimulai jam 10 malam setelah toko tutup. Sampai rumah, langsung istirahat untuk siap-siap tempur besok.

Pak Sahak memulai acaraBangun subuh setengah berlari menyiapkan sarapan pasukan dan komandan, juga bekal mereka selanjutnya mengantar mereka ke mobil jemputan dan dadah ama komandan, langsung berlari masuk rumah, persiapan perang dikeluarkan, ditulis dan dihitung jangan sampai ada yg tertinggal, setelah beres tinggal nunggu mobil untuk antar ke Botani. Sampai disana sebagian team sdh datang dan mulai mempersiapkan segala sesuatu, dan… mulai.

Dimulai dengan dekorasi cake dengan fondant, kali ini Pak Sahak Pribadi (kalo milis Bogor mah dah kenal dong dengan Bapak satu ini), beliau salah satu tenaga pengajar di Toko Bahan Kue Titan, Jakarta. Tetep dibantu ama Mom’s Kycen Forum, setelah aku bacakan resep membuat brownies kukus dan speak-speak ama peserta (duh seneng peserta aktif sekali), yes kali ini kata suhu kudu pake cake yg tegar karena dekorasi pake fondant, kalo nggak bisa-bisa amblas euy, fondant tuh kan berat.

Digawangi dengan MC Mas Mbay yg emang dah asik banget deh bawain acara, suasana langsung berubah meriah. Belum lagi icip-icip dari sponsor bertebaran, ini Cooking Class apa pesta ya? Mulai martabak manis, nasi haiman yg dibagikan oleh Mas Herry dari Signora dan jamuan minuman aneka rasa yg disuguhkan dari produk Indocafe yg dilayani oleh Mbak yg manis dan mas yg ganteng, lengkap sudah pesta kecil siang itu.

Cake sudah jadiDiantara kesibukan wara-wiri, ga mau kalah ama peserta aq juga ikut icip sana icip sini, nggak kerasa kenyang juga euy.

Satu cake selesai sudah, lihatlah cantik kan. Sekarang giliran peserta yg praktek, cup cake brownies di bagikan, fondant dan pernak-perniknya juga sdh diberikan, dan mulai serbuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu. Wow rame, fondant mulai digiling tipis, diletakkan di cup cake dan mulai dibuat ornamennya, dah lihat hasilnya, tradaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……………

Selesai acara tentang cake, langsung serbuuuuuuuuuu, team dengan cekatan membersihkan panggung untuk selanjutnya diisi oleh Pak Wied Harry Apriaji dengan gaya beliau yang santai, energik dan full smile suasana tambah meriah, sembari diselingin hasil karya beliau, bagi-bagi karedok sehat, juice buah dan minuman beras kencur, ruang yg cukup dingin oleh AC mendadak hangat begitu air beras kencur masuk ke tenggorokan. Belum lagi door prize dan hadiah-hadiah menarik dari sponsor dengan MC Mas Mbay yg dah oke banget deh bawain acaranya, suasana sore itu semakin semarak.

Pak Wied HariSelesai acara baru terasa badan lunglai tapi tetep smile dong, kan huruf o di logo Mom’s Kycen Forum always smile. Melakukan sesuatu dengan nawaitu yg baik, ikhlas disertai kerja keras semoga membawa kebaikan bagi semua.

Pulang dari Botani kira2 jam 7 sampai rumah, segera berberes dan melepas kangen dengan 2 kurcaci yg ditinggal seharian, biasanya ibunya hampir selalu stand by setiap kali mereka pulang sekolah, tapi beberapa hari ini agak beda dari biasanya. Sang kakak nggak gitu protes, dia lagi asik dengan mainan barunya membuat games sendiri dengan gambar-gambarnya yg lucu dan antik, aku lihat hampir penuh satu buku tulis.

Yang protes berat si bungsu, dia tanya kapan selesai ngajarnya (dia taunya ibunya ngajar), dan rupanya sdh seambrek berita yg mau disampaikan, mulai cerita teman-temannya, dia mau main bulu tangkis di sekolah minta dibawakan raket sampai minta masukkan kursus musik. Selesai mengantar Alta dan Qila tidur, segera perlengkapan perang disiapkan, besok mesti siapkan 40 buah sponge cake ukuran kecil untuk peserta belajar langsung menghias dgn coklat dan 3 sponge cake ukuran besar.

Mas Iting beraksiEvent ke-3 yaitu tanggal 26 Mei 2008 dimulai dengan aneka cake coklat dengan kreasi coklat, acara ini digawangi oleh Mas Iting (master baking) dan Mas Irawan dari Mercolade, juga nggak ketinggalan dong, duo Mom’s Kycen Forum, aku dan mbak Mika (berhubung mbak Indry tdk dapat hadir) .

Wah banyak sekali tips yang sangat berguna seputar coklat terutama produk Mercolade yang beraneka ragam coklat yg tdk saja menarik warna-warninya juga rasanya yang ehhhhhhhhhhhhm delisius abizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz, rusak deh program diet, setiap kali mas Iting selesai buat aneka campuran coklat apalagi ganache, langsung colak colek, dah nggak keitung deh lemak dan kalori yg masuk, tapi nggak mau pusing kapan lagi, ya nggak mbak mika?

Step by step diajarkan bagaimana membuat ganache, kemudian mendekor cake dengan cara yang sangat praktis namun hasilnya luar biasa, yuk kita lihat (foto terlampir). Nggak mau rugi banyak sekali pertanyaan yg diajukan peserta seputar coklat, aku nggak mau ketinggalan, sembari jadi pendamping mas Iting juga jadi fotografer juga sambil catat-mencatat, wah melihat mas Iting begitu trampilnya berkreasi dengan coklat rasanya sudah pingin beli coklat yg banyak terus praktek langsung, kagakkkkkkkkk tahan lihat cake-cake coklat yg tdk saja cantik tapi juga lekeeerrrr abiz.

PralineMaster baking yg satu ini selain ramah juga komunikatif sekali, nggak perlu ditanya dia dengan lugas menjelaskan bagaimana perlakuan untuk coklat supaya mendapatkan hasil dekorasi yang cantik, kata peserta nggak rugi bayar 30 ribu. Nah loh untuk saudara-saudara dan teman2 seperjuangan jika ada yg ingin ketemu dengan coklat dan teman-temannya kita bisa buat cooking class loh, japri ke email aku aja dan begitu terkumpul 20 orang, tarikkkkkkkkkkkkkk kita bermain-main dengan coklat. Tapi biaya ya gak iso 30 ribu lohhh, soale nggak pake sponsor, sekitar 100-200 deh.

After lunch kita mulai siap-siap untuk menyambut Ibu Peni Respati pengarang buku Kreasi Coklat, semua alat dipersiapkan dan acara di mulai, dibuka oleh mas Mbay, kembali mas iting ngobrolin tentang coklat dilanjutkan dengan Ibu Peni mulai beraksi dengan praline-nya

Peni Respati beraksiAlhasil, praline yg cantik-cantik terbentuk sudah, kata peserta seperti batu zamrud, ini dia foto-fotonya. Selain itu Mbak Peni juga ngobrolin bagaimana bisnis rumahannya bisa berhasil, bagaimana mencari dan memanage pembeli, wah seru deh, walaupun saat itu kondisi kesehatan mbak Peni agak terganggu namun Ibu cantik ini tetep semangat menjawab pertanyaan peserta.

Akhirnya acara hari itu selesai sudah, aku dan team kumpul, meeting sebentar untuk persiapan event terakhir, dan langsung pulang. Sempat istirahat dan panggil tukang urut kamis siang, sore mulai perang lagi u siapkan sponge cake, aku buat 3 loyang sponge cake ukuran 40 x 40 untuk peserta cooking class membuat kue-kue cantik dalam mika, ada tiga kreasi yg akan dibuat.

Mas Irawan dan mas ItingEvent terakhir ini aku agak pagian datang ke Botani, niatnya mau ketemu Mas Iting dan mas Irawan dulu untuk konfirmasi acara berhubung hari ini tdk memakai MC, Mas Irawan aq daulat jadi MC dan emang oke punya team dari Mercolade serba bisa euy.

Wah semakin seru hari ini, peserta yg ikut melebihi target so agak kaget soale foto copy resep kagak cukup, setengah berlari aku minta tolong utk perbanyak resep. Hari ini para juru masak bergabung, mulai Pak Sahak, Mas Iting, Mas Irawan dan 3 srikandi Mom’s full hari ini, senengnya akhirnya mbak Indry bisa bergabung setelah 2 event terpaksa absen.

Tugas dibagi dengan oceh, resep aku bacakan separo2 kemudian diperjelas lebih detail oleh mas Iting dan komunikasi 2 arah dengan peserta dibantu oleh Mas Irawan. Meja demo disbukkan oleh Pak Sahak, mbak Mika dan Mbak Indry yg sedang buat mouse dan ornament coklat.

Ornamen CokelatInilah hasil kerja bareng, hup…………………. blaaaaaaa

Setelah itu giliran peserta yg membuat, wah rame pada berebutan ornament coklat, hasil karya peserta cantik2 loh. Kembali icip-icip dari sponsor bertebaran, juga door price.

Selesai cake cantik dalam mika, kembali serbuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu dapur kudu bersih. Siap-siap untuk Pak Sahak demo membuat ayam goreng tepung dan ayam panggang kalasan, juga beef burger.

EH… mas Mbay, sang MC datang, langsung cari mic dan cuap-cuap, wah siapa yg sangka dapat tambahan MC, kalo rezeki mah kagak kemana. Emang kalo dah hobi mah susah dibendung ya’, namanya MC kagak tahan liat mic nganggur langsung diambil, gitu juga aq en temen2 kagak bisa liat toko bahan kue langsung mampir padahal dirumah stock masih penuh.

Ayam goreng tepungSemua peralatan siap, ayam mulai dibumbui, minyak dipanaskan, kemudian ayam mulai diobrak-abrik sama Pak Sahak, akhirnya sudah terbalut tepung semua, langsung digoreng, dan yg bakar dipresto dulu dengan bumbu, ditiriskan dan siap-siap untuk dibakar.

Emang peralatan dari Signora oke banget, hasil gorengan bagus, minyak nggak cepat gosong, ayam nggak lengket dan asap tidak bertebaran kemana2, sampe management botani tanya, pake alat apa koq gorengnya bisa gitu, soale waktu kita bilang mau ada goreng menggoreng dan bakar membakar mereka agak was-was karena tdk disediakan exhaust fan.

Begitu juga dengan alat untuk panggang ayam, karena anti lengket, penyebaran panas merata dan ada tutup maka nggak ada asap sampai membumbung seperti kita bakar ayam biasa.

Kalo berminat dengan alat-alat nan praktis modern dari Signora, bisa japri ke email aku ya.

Ayam siap dihidangkanBegitu lihat hasil ayam goreng tepung dan ayam panggang peserta langsung pingin cobain, tapi sabar ya, nanti dibagi koq, berhubung masih panas sekali, aq nggak berani langsung bagi-bagi ayamnya. Pak Sahak emang oke deh, hasil masakan ayam ini bisa untuk jualan loh, sdh beberapa muridnya pak Sahak bisnis masakan aneka ayam ini, nah ada yg berminta kembali hub aku diemail, kita panggil lagi Pak Sahak ke Bogor.

Terakhir, Pak Sahak kasih bonus bagaimana buat daging isian untuk burger, kalo buat burger dengan isian yg siap pakai mah aq jamin dah bisa semua, tapi buat isian sendiri dengan daging giling segar, pasti penasaran kan? Untuk resep aku izin sama yang punya dulu ya, kalo boleh dibagi ke teman2 aku buat diblog ini kalo nggak, kita bisa buat cooking class.

Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada :

  • Pak Sahak Pribadi, Bu Peni Respati, dan Pak Wied Harry Apriaji atas waktu dan kesediaannya berbagi pada kita semua.
  • Botani Square yg telah mendukung penuh acara ini
  • Giant Hypermarket yg selalu memberi dukungan baik dalam bentuk goody bag untuk doorprice maupun bahan-bahan untuk mendekorasi cake dan bahan2 untuk membuat aneka masakan ayam dan burger.
  • Signora yang telah mensupport peralatan yg kami gunakan untuk demo.
  • Mercolade yang mengirimkan aneka coklat dan juga master baking, dan menghadirkan dapur coklat Diva dengan aneka bentuk coklat yg cantik, indah dan Lux, juga Toko Bahan kue Yoeks Bogor.
  • Gramedia yg mengirimkan souvenir untuk door price, dan menjadi penghubung dengan penerbit sehingga kami dapat menghadirkan berbagai pakar untuk Talk Show dan demo makanan dan minuman.
  • Indocafe yg dengan setia mendampingi selama event berlangsung, berbagi minuman aneka rasa dengan service yg oke sekali.
  • La-Fonte yg berkenan berpartisipasi dengan icip-icipnya dan menghadirkan paket murah (habis diserbu peserta ya, aku saja ambil ½ paket)
  • Ibu-ibu peserta dan semua yg telah berkenan mensupport acara ini yang tidak dapat disebutkan satu-persatu.

Alhamdulillah, mohon doanya untuk acara-acara lain yang sudah menunggu dapat terlaksana dengan baik dan lancar juga. Amin.

Foto-foto empat hari yang seru ini dapat dilihat pada album dibawah ini:

Food Festival 2008 – Hari-1
Food Festival 2008 – Hari-2
Food Festival 2008 – Hari-3
Food Festival 2008 – Hari-4
Iklan

Posted on 1 Juni 2008, in Bisnis boga, Cerita-cerita, Dekorasi Kue, Keluarga, Makanan Tradisional, Masakan Rumah and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 14 Komentar.

  1. makin sibuk aja ya mbak mbagi-mbagi ilmu, (pingin berguru ke mbak nich, sayang jauh)selamat ya mbak, mudah-mudahan mbak desi n kelg dilimpahi rahmat dan berkat Tuhan. Jangan lupa banyak minum ya…..

  2. halo mbak qutilang, pa kabar, moga sehat selalu.makasih supportnya, iya mbak kemarin seharian di mall karena udara yg sejuk itu emang agak lupa minum banyak alhasil tenggorokan mulai meradang, makasih diingatkan. salam

  3. mbak def…

    wah komplit nih….laporannya sekalain promo produk he..he..

    ngiri aku lho….kapan bisa ikutan demo2 masakan, murah2 lagi..banyak doorprize nya..he..he..

    o,ya aku di invite di kycen forumnya dong. aku udha ikutan NCC tapi pingin juga ikut kycen forum….

    ok mbak sukses selalu ya…

  4. Assalamualaykum… Senengnya berbagi ilmu, semoga jadi amal jariyah, makasih banyak cerita2nya, lumayan bisa mengobati rasa kangen, memang nikmat ya saling bersilaturahim dan berbagi ilmu itu,
    Aku juga mau lho ikutan kycen forum..
    Sukses selalu ya mbak Desi…

  5. halo mbak nieniek dan mbak Diah, duh senangnya dapat tambahan anggota baru,
    kirim aja email kosong ke alamat kycenforum-subscribe@googlegroups.com, nanti akan terdaftar otomatis. aq tunggu ya

  6. Waah,.. sukses acaranya yaa,..
    selamat,..

  7. halo mbak, pa kabar? moga sehat selalu. Alhamdulillah mbak, acara berlangsung dengan lancar walaupun sdhnya 3 hari belum kebayar capeknya. salam untuk semua keluarga di depok.

  8. assalaamu’alaykum mbak…
    congrat ya mbak..
    sayang bgt gak bisa ikutan..
    dr tgl 17 mei aku pulang kampung sama anak2.
    ibunda sakit di rumah sakit. n meninggal tgl 6 juni.do’ain ya mbak moga diberi tempat yang terbaik di sisi-Nya.
    aku baru balik ke bogor tgl 14 juni.
    ditunggu ya event2 berikutnya..
    moga bisa ikutan.
    salam

  9. assala’mualaikum wr.wb
    Aq turut berduka cita, semoga Allah SWT memberikan tempat yg terbaik disisi-Nya amien.
    Yang tabah ya mbak, Allah SWT mengambilnya karena menyayanginya. Aq dulu ditinggal ayah umur 11 tahun, tapi itulah hidup tetap harus dijalani dgn ikhlas. amin. salam untuk keluarga

  10. Saya tertarik produk SIGNORA, mohon konfirmasi untuk Head Office perusahaan tsb. Thanks.

  11. halo mbak.
    thanks ya pertanyaanku yg kemarin dah di jwb.

    kycen forum apaan sih, boleh gabung?

    trims to mbak desi yg penuh prestasi nan baik hati.

  12. halo mbak nia, moms kycen forum itu, forum yg aku buat untuk berbagi tentang kuliner, siapapun boleh masuk anggotanya, kita bisa berbagai apa saja diforum ini, niat aku ingin mengajak semua ibu2 menjadi ibu yg kreatif, inofatif dan produktif. Berhubung aku masih sedikit sibuk di 2 komunitas lain, forum ini jadi agak sedikit terbengkalai, mudah2an di tahun 2009 bisa lebih fokus lagi di forum ini. Untuk gabung bisa kirim email kosng kealamat yg sdh aku sebutkan diatas ya mbak nia, selamat bergabung dan terima kasih sdh berkenan untuk bergbaung. salam kuliner.

  13. Assalamualaikum mbak, mau tanya nich. Tau gak alamat untuk service peralatan merk Signora? thanks ya

  1. Ping-balik: Album Foto Food Festival 2008 « Mom’s Kycen Forum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: