Camilan Anak-anak

Martabak Telur keju & Pisang arema keju

Hari Sabtu dan Minggu adalah hari berkumpul dengan keluarga. Sabtu dan Minggu biasanya bangun agak siang, tapi kali ini tidak seperti biasanya, dik Qila pagi2 sudah bangun dan tentu saja dengan suaranya yg nyaring membangunkan semuanya. Setiap pagi begitu bangun tidur, yang pertama dia bilang, SUSU, he he he… Dua anakku doyan sekali dengan susu dan produk olahannya, melihat mereka minum susu & makan keju terkadang aku terheran-heran karena aku tidak suka dengan susu, bisa 5 sampai 6 kali minum susu, bahkan waktu mereka masih minum dengan dot bisa 10 botol setiap hari. Juga melihat mereka makan keju, satu piring kecil keju yg sdh diparut langsung dilahap dengan cepat, bahkan terkadang minta bawakan nasi dengan lauk keju slice ke sekolah.

Martabak Telur Keju dan Pisang Goreng Keju merupakan makanan kecil kesukaan mereka, biasanya kita buatnya seperti pura-pura di cafe. Aku dan Qila yg buat terus kita pura-pura jual sama nenek, Bapak dan kakak alta. Seperti minggu pagi ini, aku dan Qila buat martabak telur dan pisang arema (pisang goreng bungkus kulit lumpia). Dik Qila bawa catatan, nanti dia tanya ke nenek mau pesan apa, bapak pesan apa, dan kakak pesan apa. Pesanan dia bilang ke aku, dan setelah jadi pesanan dia antar ke pemesan. Dan dia catat berapa jumlah uang yg mesti dibayar.

Kalo dilihat sekilas kegiatan ini ya biasa saja, tapi efek buat anak-anak sebenarnya banyak sekali, yg pertama kebersamaan, ke-2 mereka belajar menulis, ke-3 mereka belajar berhitung, ke-4 mereka belajar IPA karena kakak suka menghubungkannya dengan pelajaran IPA-nya tentang energi panas dan bagi dik Qila dia bisa belajar memasak dan berbisnis dagang.

Yang lucunya setelah kita selesai kegiatan ini ternyata uangnya diminta Qila beneran hahahaha, sampai sekarang bapak masih hutang 7 ribu dan kakak 3 ribu.

Ini resep Martabak Telur Keju ala dik Qila jadi bumbunya minimalis sekali.

Masakan Rumah- camilan anak-anakBahan-bahan:

  • 20 lembar kulit lumpia
  • 1 buah tahu putih uk sedang
  • 5 batang daun bawang
  • 50 gr kecambah
  • 50 gr daging ayam cincang yg sdh ditumis
  • 4 butir telur
  • 1 sdt peres garam halus
  • ½ sdt peres merica halus
  • 50 gr keju parut kasar.
  • Minyak untuk menggoreng, secukupnya.
  • ½ sdt peres kaldu ayam bubuk.

Cara membuat:

  • Potong halus daun bawang, sisihkan.
  • Potong kecil halus tahu putih, sisihkan
  • Masukkan daging ayam, daun bawang, toge, tahu , keju parut ke dalam sebuah mangkuk dan telur ayam, aduk rata.
  • Masukkan garam, merica, keju parut, dan kaldu ayam bubuk, aduk rata.
  • Siapkan satu lembar kulit lumpia besar, taruh satu sendok adonan isi ke dalamnya, lipat seperti amplop, segera goreng .
  • Hidangkan hangat dengan sambal botol
    .

masakan rumah-camilan anak-anak

Pisang Arema Keju

  • 10 lembar kulit lumpia
  • 1 sisir pisang raja atau pisang uli matang.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Keju parut secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng, secukupnya.

Cara membuat:

    • Kupas pisang, belah dua jika ukuran pisang besar.
    • Siapkan 1 buah kulit lumpia, tata pisang diujung kulit lumpia taburi bagian pisang dengan gula pasir dan keju parut, gulung kulit lumpia hingga menutupi semua bagian pisang. Goreng dengan api kecil hingga matang
    • Lelehkan coklat masak, hias bagian atas pisang dgn coklat leleh. sajikan

    Posted on 26 Maret 2008, in Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 10 Komentar.

    1. wah.. kayaknya enak nih mbak…
      pengen nyoba ah…

    2. halo mbak Ira pa kabar? moga sehat selalu ya.
      Oh ya si kecil jadi masuk TK_At Taufiq kan?
      Janjian ketemuan yok?
      silahkan dicoba ya mbak, moga senang. salam

    3. alhmd baik mbak….
      si kecil akhirnya daftar ke tk al munawwar di jl pemuda. pdhl sebenere pengen baget ke attaufiq (ortunya…). tp dah dibujuk2, si kecil gak mau. maunya di almunawwar.. yo wis to..
      mbak desi pa kabar?
      tambah sukses ya mbak…

    4. alhamdulillah mbak, aq baik2 saja. lagi sibuk dgn 2 krucil minggu ini mereka ujian tengah semester. Syukurlah putra mbak sdh di terima di TK, he he he memang anak2 sekarang kreatif, imajinatif dan demoktaris.Ga papa mbak, sekolah dimanapun sama saja, tinggal bagaimana kita selaku ortu yg mengarahkan. Alta dulu TK-nya di Kartika, mula2 waktu masuk SD agak tertinggal dlm segi Qiroaty, tapi alhamdulillah bisa mengikuti sesuai standar di sekolahnya. Aku coba beri pengertian ke alta, bahwa tidak perlu alta selalu mendapat nilai tertinggi tapi yg sebaiknya alta lakukan adalah alta mengerti apa yg diajarkan ustad dan ustadjah, alhamdulillah dgn pendekatan seperti itu nilai2 alta baik2 saja.Banyak ortu yg memberikan tekanan luar biasa ke anaknya supaya menjadi yg terbaik, tapi terkadang terbaik menurut ukuran kita tdk demikian dgn anaknya, yg ada si anak tertekan, kasihan kan jadinya. Kata salah satu psikoloq anak, sekarang banyak oertunya yg sekolah bukan anaknya, si anak dimasukkan ke berbagai pusat latihan dari les bhs inggris, les matematika, kumon,belum lagi les musik, berenang, futsal wah segala macam les, sampai si anak kelelahan, dan pernah aku baca masalah ank yg terkena liver karena kelelahan, sedih sekali baca cerita itu dan itu dialami oleh anak SD, aku bayangkan perjalanan anak itu masih panjang, belum SMP, SMA, S1,S2,S3 dan sederet titel lain yg menunggunya.salam untuk putra2nya mbak. salam

    5. La kenal ya mbak ……
      Duh resepnya uenaaaaaaaaak bgt mbak…. udah dicobain lho…. hehehe

    6. lam kenal kembali mbak ita, wah senengnya kalo resep aku dicoba dan digemari, makacih tante ita nanti qila buatkan lagi yg lain ya, sekarang lagi liburan dan banyak saudara. tante mampir ke blog qila ya, salam

    7. promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!http://www.infogue.com
      http://kuliner.infogue.com/camilan_anak_anak

    8. numpang ngintip resepnya, bu…

    9. BLOGNYA BAGUS MBAK….MAMPIR JUGA DONK DI BLOG KU…”CAMILAN UNIK CAH SOLO”..
      PENASARAN????
      BURUAN ORDER DARI KAMI…

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: