Masakan rumah – Kerang masak tomat

Dari subuh hujan sudah turun sampai jam 8 belum juga berhenti, para penjual yang biasanya ramai teriak-teriak kali ini hanya satu dua yang terdengar. Rencana mau ke pasar terpaksa ditunda dulu, masuk rumah kembali dan menunggu hujan berhenti. Tidak lama terdengar langganan ikan memanggil, aq langsung keluar rumah, oh lala hari ini jualannya sepi amat ya, cuma ada ikan patin, gurame, ikan mujair dan kerang hijau rebus. Kata sang penjual susah ikan karena ombak besar, nelayan pada nggak berani melaut. Akhirnya diputuskan beli kerang hijau saja. Untuk anak-anak kerang bisa digoreng tepung, untuk aq, sang komandan dan mama bisa dimasak yang lain. Untuk bumbu rasanya masih cukup, kalo kurang bisa ambil di pekarangan rumah cuma butuh pamit dari mama untuk minta hasil tanamannya.Dipekarangan rumah, ada jahe, sereh, salam, lengkuas dan cabe merah/hijau. Kita coba buat kerang masak tomat yook. selamat mencoba

kerang masak hijau Bahan yg diperlukan :

  • 350 gr kerang hijau rebus
  • 5 buah tomat cery/ 1 Tomat sayur
  • 3 siung Bawang merah
  • 3 siung Bawang putih
  • 1 buah bawang Bombay uk sedang
  • 5 buah cabai hijau
  • 5 buah cabai merah
  • 1 sdt garam halus
  • ½ sdt gula pasir
  • ½ sdt bubuk kaldu ayam
  • 1 ruas jari jahe
  • 3 lembar daun salam
  • 50 ml minyak sayur

Cara membuat:

  1. Cuci bersih kerang, tiriskan
  2. Iris tipis bawang merah, bawang putih dan iris kasar bawang Bombay, sisihkan.
  3. Potong kasar cabe merah , cabe hijau dan tomat , sisihkan
  4. Geprek jahe, sisihkan
  5. Panaskan minyak, masukkan kerang goreng kerang hingga agak kering, sisihkan
  6. Panaskan sisa minyak, goreng bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan bawang Bombay dan kerang aduk rata, masukkan jahe, daun salam, cabe merah,cabe hijau, tomat, garam dan gula masak hingga bumbu meresap. Masukkan bubuk kaldu ayam dan gula, aduk -aduk hingga rata.
Iklan

Posted on 11 Februari 2008, in Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Mba …gimana kabarnya?

    itu kerangnya direbus dulu apa langsung digoreng?

    saya belum pernah makan kerang….pingin coba2…

  2. ass, kabar aq alhamdulillah baik2 saja ummu, untuk kerang aku beli di tukang ikan sudah direbus kemudian tumis bawang merah dan bawang putih halus hingga harum baru kerang dimasukkan, minyaknya agak banyak sedikit supaya hasilnya seperti digoreng tapi tidak kering.
    silakan ummu, kerang salah satu makanan favorit anakku.

  3. mba…kemarin masak kerang….rencana sih nyoba resep ini…e.. pas mau masak mati lampu….padahal resepnya belum ke hapal…he..he…
    ga jadi deh…akhirnya ditumis biasa aja…standar masakanku…rifqi ternyata suka juga…

    Lain kali pasti saja coba lagi…

  4. halo ummurifqi he he he ternyata sama aja ya dikomplek aku juga hobi tuh lampu mati terutama kalo hujan, makanya kalo musim hujan aku berikan pilihan kue tradisional untuk sanck box, pernah ummu, lagi mixer untuk cake dgn banyak telur lampu mati , mau nangis rasanya, untuk yg beli mau tukar menu akhirnya jadi kue sus deh.
    salam u rifqi ya

  5. senang caranya mudah bagi saya yang masih belajar ayo dong buat ibu2 semua ajarin aq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: