Ikan Goreng Masak Cabe Hijau

Ikan goreng jika sdh dingin atau agak lama (digoreng pagi, malam sdh keras), mau digoreng lagi tambah kering dan keras. Jika sering ada kelebihan lauk ikan goreng bisa diolah menjadi masakan lain. Bisa di masak jadi ikan goreng kuah asam, ikan goreng masak santan pedas atau ikan goreng bumbu kuning cabe hijau. Rasa gurih bumbu kuning beraroma daun jeruk purut dipadu dengan pedasnya cabe hijau membuat masakan ikan ini jadi yummy, dimakan dengan nasi hangat dan lalap kecipir atau lalab daun kencur muda, nah rencana diet kacau euy…………..

Aq paling suka lalab kecipir mentah, tapi kecipir ditumis dengan ikan teri medan dan potongan cabe rawit juga segar sekali loh. Kita coba masak yg bumbu kuning cabe hijau ya? Selamat mencoba .

Ikan goreng masak cabe hijau

Ikan goreng masak cabe hijau

Bahan-bahan yg diperlukan :

  • 5 ekor Ikan kembung goreng
  • 10 buah cabe hijau
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • ½ sdt bubuk kaldu
  • 1 sdt garam halus ( secukupnya)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 ruas jari lengkuas

Jika ingin membuat bumbu kuning sendiri terdiri dari :

  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 2 ruas ibu jari jahe
  • 1 batang serai
  • 5 butir kemiri bulat
  • 2 ruas jari kunyit
  • 2 buah tomat hijau
  • Semua bahan di atas ditumbuk halus atau diblender.

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan serai & lengkuas yg sdh digeprek, daun salam, daun jeruk purut aduk hingga daun layu.
  • Masukkan cabe hijau, beri air, garam, gula pasir dan bubuk kaldu, aduk2 hingga cabe hijau layu dan bumbu mengental.
  • Tata ikan di atas piring, siramkan bumbu yg telah ditumis keatas ikan sampai semua ikan tertutup bumbu. Diamkan 30 menit sebelum dihidangkan supaya bumbu meresap .
  • Jika ikan goreng berupa potongan2 tidak utuh seperti ikan kembung goreng, ikan bisa langsung dimasukkan ke dalam bumbu bersamaan dengan cabe hijau.

Catatan :

  • Biasanya bumbu kuning halus ini tersedia di pasar tradisional, tambahkan saja kemirinya.
Iklan

Posted on 6 Februari 2008, in Keluarga, Makanan Tradisional, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. wah…mbak def..masakannya ..
    jadi pingin masak nih…

  2. Bagi dong masakannya…..
    Maklum gua gak bisa masak….. Maunya jadi aja… Tinggal nyam nyam….. :)

  3. alo mbak mai, kemana aja , aq tungguin loh di blog aku kabarnya. beberapa kali aku mampir ke blog mbak.
    Iya mbak, ikan nya bisa jenis apa aja. Nggak mesti ikan sich, udang juga bisa , ayam juga enak, malah telur direbus terus digoreng dulu baru dimasak cabe ijo juga enak. cobain ya, salam

  4. halo Tao, makasih dah mampir ke blog aq, wah boleh2, kalo ke bogor mampir ya, ph dulu loh biar disipin ikannya. salam

  5. Duh….. enak bgt sich masakannx . mao dong
    aq blum cba bikin sich tp kynx suami koe suka dech

  6. halo mbak ratna, makasih dah mampir ke blog aq. silahkan dicoba mbak, he he emang istri itu dimana-mana selalu berusaha menyenangkan suami ya, aq jg hampir selalu masak ikan karena suami nggak doyan ayam.

  7. Hallo jga mbak.aq memang senag masak daripada beli yang udah jadi yang kbanyakan rasanya kurang cocok dengan lidah qt.aq jga senag liat-liat resep baru n itu aku dapatkan dari mbak.thankssssssss ya…htng2 resepnya bisa dicoba hari libur.Apalagi di gorontalo ikannya masih segar2.heheeeeeeeeeee

  8. Pupung sampurna

    Saya pernah makan di Batam…..Ikan Katarap yang dimasak pake Jabe hujau……resepnya apa aja ya……?

    • halo pupung, sebenernya masakan cabe hijau itu sangat simple karena sifatnya cabe kan udah manis dan pedas jadi 2 rasa itu adaalh rasa utama tinggal kasih rasa asin dan gurih juga sedikit bumbu rempah supaya tidak amis.
      kalo aku masak cabe hijau : bawang merah, bawang putih tumbuk halus), jahe iris kasar, cabe hijau tumbuk kasar atau iris halus, tomat hijau iris kecil2,daun salam , garan, sedikit gula psir, kaldu bubuk. Ikannya setelah di cuci bersih beri perasan air jeruk nipis, diamkan 5 meni, cuci bersih lagi. Goreng hingga cukup kering, sisihkan. Kemudian tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan cabe hijau, tomat hijau, jahe, ber sedikit air, aduk hingga layu, masukkan bumbu yg lain, aduk2 sebentar, angkat dan siramkan ke ikan goreng. coba deh, mudah2an sesuai harapan, karena masakan cabe ijo banyak macamnya. salam

  9. masakanx enak sih ….., tpi aq g’ bsa msak ……..

    tlong buatin u/ aq yaw……… pleash

  10. aduh mau dngk masakanya enak tuh. cara msknya pun gmpang kan

  11. enak kayak nya tuuuu mau coba ahhh gampang kayak nya,,, he he he ehe

  12. uh enak niek kayanya
    tapi masalah nya aku punya mag
    tapi kayanya di singkirin dulu rasa sakit ku
    ketimbang aku kelaperan

    • reza, qeqeqeqeqe, jadi inget zaman kuliah dulu, aku juga punya mag yg cukup menganggu terutama kalo melewati jamnya makan, segala larangan untuk mag dilanggar habiz, daripada kelaperan…..setujuuu dehhhh

  13. mbak,boleh juga tuh dcoba,
    Klo g’pke tomat hijau enak g’ y?
    Ato g’pke tomat enak g’mbak?

    • mbak linda, kalo nggak ada tomat hijau tomat biasa nggak apa apa koq, nggak usah terlalu banyak…tapi tetep dipakaikan tomat untuk rasa asamnya.salam Desi Hartanto defidi.web.id – defidi.wordpress.com FB: tinyurl.com/defidi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: