Martabak mini isi telur puyuh

martabak mini isi telur puyuhHampir setiap sore hujan, terkadang deras sekali tapi tak jarang hanya rintik-rintik namun lama. Mau keluar rasanya enggan sekali, dan yg menambah keengganan biasanya jika hujan abang ojek ga ada, mau pakai mobil lebih enggan karena jarak yg cukup dekat dengan pusat jajanan di komplek, akhirnya kembali ke dapur buka kulkas, masih ada kulit lumpia, telur puyuh, daun bawang, tahu putih, toge dan kornet.

Rasanya cukup enak jika dibuat martabak mini, coba diberi variasi dengan memakai telur puyuh. Setelah jadi, ditemani cabe rawit dan teh panas diberi jeruk nipis, wah seru euy, pedas kena teh hangat jadi wuah wuah wuah. yuk kita coba buat sama-sama.

Bahan yg diperlukan :

  • 10 lembar kulit lumpia besar
  • 4 butir telur
  • 1 sdm penuh kornet
  • 5 buah daun bawang
  • 50 gr toge ( satu genggam)
  • 1 buah tahu putih uk sedang ( uk kecil 2 buah)
  • telur puyuh rebus 10 butir
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/2 sdt bubuk kaldu ayam
  • 1/2 sdt lada halus
  • 500 ml minyak u menggoreng

Cara membuat :

  • Campur telur ayam, kornet, garam, bubuk kaldu ayam, dan lada halus, aduk rata.
  • Daun bawang diiris kasar, kemudian tahu potong kotak-kotak kecil, kupas telur puyuh rebus.
  • Masukkan daun bawang, tahu dan toge ke dalam adonan telur, aduk rata.
  • Panaskan minyak dengan api sedang.
  • Ambil satu kulit lumpia, letakkan 1 sdm penuh adonan isi dan 1 telur puyuh diatas kulit lumpia, lipat seperti amplop, goreng hingga kecoklatan.
  • Lakukan hal yg sama sampai adonan habis.

Catatan :

Jika kulit lumpia pecah, ambil satu kulit lagi dan langsung dibungkus tanpa membuang kulit yg pecah.

Posted on 6 Januari 2008, in Makanan Tradisional, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. aduh mbak jadi ngiler nih, sayangnya dit4q gak ada telur puyuh, kalo ada juga mahal sekali.

  2. halo mbak wuri-kutilang, pa kabar. Ga papa koq mbak tanpa telur putuh tetep yumy koq, atu bisa diganti sosis juga boleh, bahkan kalo di kulkas bahan dah tipis banget , aku isi ama tahu dan telur aja loh tapi tetep enak soale kalo sore laperrrrrrrr. dicoba ya mbak. salam

  3. Buat kulit lumpia tuh gimana ya bu biar bisa tipis. Saya buat suka tebal jadi kalo dilipat susah :-)

  4. Halo mbak olive kemana aja, sehat selalu kan ?
    Mbak, untuk kulit lumpia biasanya aku beli di pasar tradisional atau kalo terpaksa sekali karena ada pesanan dadakan aku beli di swalayan, jadi belum pernah coba buat mbak? Yang selalu buat kulit risoles.
    Salam

  5. mbak tolong dung, resep n cara membuat kulit pisang karamel karena aku buat selalu gagal dah coba pk terigu, tapioka, tepung beras, di mix pun sudah tapi gagal, rencanamau buat usaha pingir jalan, makasih ya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 387 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: