Masakan rumah : ikan saus tiram kombinasi

ikan saus tiram kombinasisudah 2 hari ini menu serba ayam, pasukan sudah mulai komplain, rasanya masih ada stock ikan, lihat bahan lainnnya masih ada paprika hijau & merah (hadiah dari tukang sayur), ada nanas, dan brokoli, lihat bumbu masih ok semua, minyak wijen, saus tiram, bawang putih,jahe, jeruk nipis. Ikan goreng sebagai lauk tapi sayurannya apa ya? masak macam2 agak capek, maunya sekali membuat masakan tapi lengkap ada lauk ada sayurnya, yg penting ikan di goreng dulu supaya tdk bau.

Selesai sdh ikan goreng, brokoli dah dipotong juga paprika, wah rasanya buat ikan saus tiram kombinasi dgn sayur sekalian aja ya. Tambah nanas di potong, bawang putih di cincang dan sedikit jahe dimemarkan, akhirnya mulai masak, bumbu ditumis, masukkan ikan goreng dan bumbu, tambahkan air, biarkan bumbu meresap dan air tinggal 1/3-nya, buka lemari stock oh la la maizena habis untuk mengentalkan kuah, tapiiiiiiiiii tunggu dulu aq sempat baca kalo tepung bumbu oleh2 dari budenya- alta bisa untuk pengental,coba baca dulu , duh ternyata komposisi bahannya oke, bumbu dasar di tambah herbal.

Akhirnya selesai sudah ikan saus tiram kombinasi sayur, cicip sebentar, wah seger, kombinasi paprika, brokoli dan nanas dipadu ikan goreng, yumy ………jadi oriental banget. Yokkkkkkk temen2 dicobain ya, kalo mau coba tepung bumbu siap pakai, bisa pesen ke aku loh, atau bisa klik langsung ke bude Ning, di http://www.mahkotadewa.com

Bahan yg diperlukan :

  • 500 gr fillet ikan kakap a gurame
  • 1 buah paprika hijau
  • 1 buah paprika merah
  • 10 potong kecil nanas
  • 10 kuntum brokoli
  • 1 ruas jahe iris tipis
  • 3 siung bawang putih memarkan
  • 1 sdm minyak eijen
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm myak wijen
  • 2 sdm minyak sayur u menumis
  • 250 gr minyak sayur u menggoreng
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 200 cc air + 50 cc air
  • 1 sdm tepung bumbu

Cara membuat :

  • potong sedang fillet ikan, lumuri jeruk nipis. Goreng dalam minyak panas hingga matang, tiriskan.
  • Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan air, garam , kecap manis, minyak wijen, saus tiram, merica  dan ikan, masak sampai bumbu meresap dan air tinggal 1/3 bagian.
  • masukkan brokoli, paprika, nanas, masak sebentar.
  • larutkan tepung bumbu ke dalam 50 cc air, masukkan ke dalam ikan, aduk hingga mengental, angkat sajikan.
Iklan

Posted on 25 Oktober 2007, in Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Assalamu’alaikum

    Mbak Def apa kabar…
    lagi sibuk bikin kue ya…

    sukses selalu…

    wassalamu’alaikum

  2. aww. pa kabar mbak mai, moga sehat selalu ya?
    Alhamdulillah mbak, kasih sayang Allah SWT tiada henti2nya, aq lagi siapkan buku resep, jg ada tawaran demo masak dan menjadi juri masak . mudah2an aq selalu diberi kekuatan dalam menhdapi cobaan , kan kata AA Gym, kesenangan, rezeki juga cobaan ya.

    mbak, dicobain masakan dan kue sehatnya ya? salam

  3. Assalamu’alaikum

    Mbak Def…mo nanya tapi nggak ada hubungannya dg kue..he..he..

    aku coba berjinak2 dg wordpress. tapi bingung kalau mau utak-atik side bar , caranya bagaimana? ajarin dong…..

    makasih semoga makin laris ya…

    wassalamu’alaikum

  4. Mbak Maisara, kalau tentang wordpress (WP), ada yang mbuat blog tentang panduan menggunakan WP. cukup bagus untuk kita pengguna WP.
    sila akses http://panduan.wordpress.com

  5. Pak Hartanto…

    terimakasih infonya,,,,membantu sekali…

    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: