Satu jam di Kotak Ajaib

Acara pembukaAwal Ramadhan, hampir dua minggu yang lalu, sore hari saat aku lagi ngobrol dengan suami dan anak-anak di rumah, hp berdering. Agak aneh juga terdengar di telinga kalo itu dari TransTV dan bermaksud ke rumah pada hari Selasa (2 Oktober) untuk meliput aneka cake lebaran.

Katanya mbak Mega (TransTV) mereka tau hal ini dari internet, blog ini. Saat itu aku langsung iyakan saja. Tapi, setelah telpon ditutup sempat terpikir bener ga sich…

Paralatan siapSebelum hari H-nya dari TransTV intensif komunikasi dan akhirnya hari Selasa kira-kira pukul 11.30 kru TransTV sampai di rumah aku dan mulai meliput. Tanya punya tanya katanya akan ditayangkan hari Sabtu 6 Oktober, aku iyakan juga walaupun sempat bertanya lagi, secepat itukah ditayangkan? Pada saat diliput aku sudah membuat 6 cake: Cake buah dengan dekorasi anak-anak, Cake Mocacino, Black Forest, Cake Pandan dengan dekorasi lebaran, Roll Cake Black Forest dan Tiramisu.

Selang beberapa hari TransTV telpon kembali katanya aku diundang untuk acara live di Good Morning On The Weekend (GMOTW) hari Minggu 7 Oktober jam 8.30 sd 9.30 dan diminta mendemokan cake dekorasi yang unik. Saat itu yang terpikirkan hanya satu: Cake Kukus Ketan Hitam. Biasanya Cake Kukus Ketan Hitam aku dekor minimalis saja, bagian atas diberi selai dan parutan keju, tapi kali ini aku coba seperti dekorasi cake lebaran.

Saat shootingMinggu pagi setelah shalat Subuh kami siap-siap berangkat karena disarankan jam 7 sudah sampai di Studio TransTV. Jam 6.45 kami sudah sampai di gedung TransTV dan menunggu di Ruang Artis Besar. Wah sempat grogi juga tapi sang komandan bilang bahwa aku adalah orang yang kesekian ribu yang masuk TV, so ga ada yang perlu dikhawatirkan alias PD aja lagi…

Pengarah meminta peralatan yang dibawa segera ditata di lokasi shooting, yaitu di bagian luar Coffee Bean Café. Ruang terbuka (beratap) ini terletak di sisi kiri gedung TransTV. Semua peralatan ditata di meja demo yang sudah disiapkan. Setelah siap, aku diminta ke ruang hias, wah disana sedang dihias mbak Maudy Kusnaedi dan selang dua menit masuk mas Ferdy Hasan, dua pembawa acara GMOTW, sempat bersalaman dan memperkenalkan diri kalo aku yang akan demo kue pagi ini, tapi sebelumnya aku ga menyangka kalo yang mendampingi demo ini adalah mereka.

Tayangan liputan Alhamdulillah, mereka-nya welcome banget jadi mbuat aku tenang, juga semua kru TransTV memberikan pengarahan yang simple sehingga mudah aku memahaminya, walaupun ini pengalaman pertama membuat kue dengan begitu banyak kamera diarahkan.

Setelah dirias, aku diminta kembali ke ruang yang telah diset seperti teras rumah untuk segera bersiap-siap karena acara akan segera dimulai, sang produser memberi skenario kilat aku mesti ngapain, akhirnya acara dimulai pada 8.30.

Dimulai dengan obrolan ringan antara Maudy dan Ferdy di teras rumah. Kemudian setelah percakapan menyinggung masalah kue lebaran, tanyangan segera berganti ke rekaman saat tanggal 2 Oktober lalu. Disana ditampilkan hasil kue kering dan juga cara menghias cake lebaran yang aku peragakan di rumah Selasa lalu.

Saat breakLalu seolah Maudy telpon aku untuk mampir ke rumahnya. Tak berapa lama aku masuk ke teras mereka.

Ferdy dan Maudy seolah sudah meyiapkan banyak bahan tetapi bingung mau buat apa, dan menanyakan ide ke aku. Saat itu aku bilang, buat Cake Kukus Ketan Hitam aja.

Lalu segera aku lakukan peragaan pertama yaitu menyiapkan bahan dasar (aduk telur, gula, tepung ketan hitam, dll). Saat peragaan, Maudy dan Ferdy selalu berkomentar banyak tentang pembuatan cake tersebut sambil terus bercanda, menghidupkan suasana. Ini sangat menolong menghilangkan rasa grogi…

Saat akhir sesiKemudian terjadi break untuk penayangan iklan. Saat break ini dibicarakan kembali detil apa yang harus dilakukan berikutnya.

Terjadi beberapa kali break, dan akhirnya tahap akhir adalah menghias cake, dimana proses menghias akhir (meletakkan satu-dua hiasan pada cake) dilakukan oleh Maudy.

Alhamdulillah, hingga acara selesai semua berjalan dengan lancar. Puji syukur kepada Allah S.W.T karena ridho-Nya aku diberi kesempatan menjalani sesuatu yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan.

Hasil akhir demoAku coba tampilkan dekorasi Cake Kukus Ketan Hitam, resep nya sudah ada kan (atau sila klik disini).

Terimakasih untuk mbak Milly dan mbak Mega atas arahannya selama pengambilan gambar berlangsung. Arahan yang pas dan santai sangat membuat nyaman dalam melakukan demo ini.

Salam…

Tambahan (21 Okt 2007):

Slide beberapa foto selama acara berlangsung dapat dilihat di bawah ini.

Iklan

Posted on 8 Oktober 2007, in Cake, Cerita-cerita, Keluarga and tagged , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. Aku nonton acaranya, Minggu lalu. Selamat Mbak Desi!
    Tapi ketahuan banget loh mbak Desi masih nervousnya… biasa pengalaman pertama… bikin deg-degan!!

  2. promosi lewat blog boleh juga

  3. wah.. asyik ya..
    congratz deh..

  4. ass…
    mas arul tq dah buka blog aq dan tq juga dah sempatkan waktu nonton acara tsb, doakan rencana untuk membuat buku resep bisa terlaksana ya. salam

    Mas gizin, makasih dah sempatkan nonton acara tsb, iya mas beda kalo lagi ngajar di kursus walaupun peserta aktif sekali tapi kagak banyak kamera euy, itu teh kamera jadi buat grogi , mudah2 an kalo diundang lagi dah gak grogi ya. salam

    untuk add, tq juga. Iya add , suami yg support sekali, dari buatkan blog terus berikan saran2 untuk terus menulis dan karena dia emang kerjaannnya keliling indonesia juga beberapa belahan dunia lain, maklumlah sang peneliti setiap kali pulang dari bepergian tidak lupa bawa oleh2 foto2 tentang masakan di daerah yg dia kunjungi, dan saat ini media ini bagi aq cukup bagus untuk promosi. salam

    mbak reheza, terima kasih. salam

  5. Subhaanallaah….
    Selamat, ya… dan semoga diberkahi Allah.
    Mudah2an buku resepnya sukses pula.
    Amin.

  6. assalamu’alaikum wr.wb

    Terima kasih atas supportnya, semoga kita semua selalu mendapat ridho dan berkah Allah dalam beraktifitas. amin

  7. selamat…moga lebih berhasil dari yang sekarang

  8. ass. mbak desy..wah..wah..selamat ya mbak..gak nyangka deh, sayang aku gak liat mbak desy, abis mbak desy gak ngabar2in siy, kalo ngasih tau aku sebelumnya kan bisa aku pantengin trus tuh good morning trans tv..hehehhehehe :)
    ok deh sukses selalu ya buat mbak desy..n maju terus kuliner indonesia !!

  9. Halo ra, lagi sibuk silaturahim ya, wah lebaran di daerah emang nyenengin banget ya,

    Ra, waktu mo tayang di trans aq halo2 loh, m be rara lagi sibuk ya?

    oh ya aku kemarin buka blog rara, ooooooooo ternyata alumni moestopo toh, he he he waktu masih jadi mahasiswi Perbanas aq sering maen loh ke kmpus km, kebetulan temen aku punya temen deket di kampus rara en tuh rumah temen di Hang Tuah Raya, so jadi deket kan ke Moestopo.

    Oceh met lebaran. salam

  10. Des, aku orang yg plng telat ngucapin slamat yaaa??? pokoke.. SLAMAT…

    Des, kalaw ada wkt buka : dgrcake.indsa.com ya..sapa taw bs nambah temen…

  11. aww.
    pa kabar mb,moga sehat selalu ya.
    makasih infonya, salam u keluarga dan tetangga lain. insa’Allah mama pulang dari palembang kita main ke depok. salam

  12. Assakamu’alaikum

    Mohon maaf lahir Batin….
    Mbak Def…Pertama selamat dulu ya..sekarang udah makin terkenal. semoga bisnisnya makin maju. Sayang banget aku nggak nonton, padahal aku pulang ke Indonesia lho. Itu akibat dari nggak Ol internet..nyesel deh…guruku tampil di TV tapi nggak sempat nonton..hi..hi..

    Yang kedua, wajah baru blognya, makin fresh…tetap biru..warna faf ku juga lho…

    satu lagi…aku liat foto waktu syutingnya..mbak def makin cantik lho..he..he..

    salam manis

    wassalamu’alaikum

  13. aww.
    pa kabar mbak? wah ke indo ya? ke daerah mana? koq ga bilang2 seeh kan aq bs kirim kuker loh.
    he he he makasih supportnya, iya neeh kutak katik wordpress terus ganti cover deh, sekarang masih di indo ato dah di malay lagimb, salam tuk keluarga ya?

  14. Ke jawa tengah mbak….

    wah sebenarnya aku juga ada niatan pingin sms mbak Def…tapi kuatir kalau mbak Def kirim kuker..kan nanti jadi rugi …wakakak…pe de banget niy…

    sekarang si udah balik malaysia…
    Tahun depan Insya Allah.semoga berkesempatan nyobain kue2nya mbak Def….siapa tau belajar ke bogor sekalian…

  15. halo mb mai, dah deket loh jawa tengah ke jawa barat he he ,koq ga telpon or sms aq seeh.

    ok deh, selamat bekerja kembali, salam

  1. Ping-balik: Good Morning Selamat Pagi « Catetan kecil httsan

  2. Ping-balik: Mengudara dipagi yang cerah « Sajian Defidi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: