Kaastengel Kornet

Kaastengel KornetMembuat Kaastengel rasa kornet..? Gampang kok, mau coba..?

Bahan yang diperlukan:

  • Tepung terigu protein rendah 550 gr
  • Margarine 150 gr
  • Mentega 400 gr
  • Susu bubuk full cream 50 gr
  • Kuning telur ayam 3butir
  • Keju cheddar parut 100 gr
  • Kornet sapi 100 gr

Olesan dan taburan:

  • Kuning telur, kocok lepas 2 butir
  • Keju cheddar, parut 75 gr
  • Daun seledri (cincang halus) 50 gr
  • Kemasan (toples) 4 buah

Cara membuat:

  1. Kocok margarine, mentega, garam dan kaldu ayam bubuk dengan mixer spit rendah hingga rata.
  2. Masukkan telur satu per satu, kocok perlahan hingga rata.
  3. Masukkan kornet. Aduk rata.
  4. Masukkan keju parut, aduk rata dengan spatula atau sendok kayu
  5. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk secara bertahap, hingga seluruh tepung habis dan tercampur rata.
  6. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik dan diamkan 15 menit sebelum adonan di cetak.

Penyelesaian:

  1. Giling adonan dengan ketebalan 1 cm, cetak dengan cetakan oval
  2. Giling adonan dengan ketebalan ¾ cm, cetak dengan cetakan bulat kecil
  3. Giling adonan dengan ketebalan ¾ cm ml, cetak dengan cetakan bulan sabit.
  4. Atur semua bentuk kaastengel seperti diatas (sesuai selera) ke dalam loyang, oles dengan kuning telur dan beri taburan keju & daun seledri.
  5. Panggang dengan suhu 170 hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  6. Keluarkan segera kuker yang telah matang dalam keadaan panas pindahkan ke rak pendingin, setelah dingin segera masukkan ke dalam toples.

Tips:

  • Usahakan mengaduk adonan mempergunakan spatula atau sendok kayu, apabila harus menggunakan tangan, di usahakan mengaduk secukupnya saja, karena suhu panas ditangan dapat membuat adonan matang dan lemak meleleh, sehingga hasil kuker akan keras dan tidak gurih.
  • Adonan didiamkan dulu 15 menit supaya bahan tercampur sempurna sehingga mudah membentuknya.

Ayo ayo kita coba…

Posted on 15 September 2007, in Kue Kering. Bookmark the permalink. 17 Komentar.

  1. assalamu’alaikum

    Apa kabar mbak….

    photonya baru ya..h..he…

    wassalamu’alaikum

  2. ass.wr.wb
    halo mbak mai, iya tuh suami yang ganti fotonya, kabar aku alhamdulillah baik2 saja, mulai kerjakan PR dari pembeli, doakan ya pesanan banyak tahun ini. salam

  3. nyam……. enak nih
    praktek ah…….

  4. hallo mas, dah coba belum? kalo mau crispy agak tipis aja buatnya dan tapi kalo mau prull waktu dimakan ya agak tebalan seperti buat kaastengels biasa. salam

  5. Saya suka sekali bikin kue sendiri waktu lebaran….
    tapi karena sekarang kerja di luar kota hobi itu jd terbengkalai.
    dan saat buka situs mb…
    saya semangat lagi mau nyoba bikin resep dari mb…
    lebaran nanti insyaallah saya praktekan saat pulang kampung…
    trimakasih mb resepnya…

  6. ass… halo mbk, aq pengen beli kue buatn mbk, tapi aq tinggal d dumai_riau. tlg kirimkan daftar harga_y ya mbk… kl kirimnya kdaerah bekasi ongks kirimnya brp? kl pesan banyak, bs kurang g harganya? mana tw tmn2 qu ad yang tertarik. Thx y mbk

  7. halo mbak any,tq dah buka blog aku, wah enak ya pada pulang kampung tadinya aku rencana mau pulang ke Pagar Alam-Sumatra selatan kampung ayah tapi ga jadi, lebaran di kampung kan kerasa banget ramai abiz ya.
    iya mb di coba resepnya ya, semoga sesuai harapan. salam

    untuk mb key, kirim ke bekasi bisa mbak, untuk brosur dan discon aku japri aja ya, u ongkos kirim mesti tanya ke kantor pos atau tiki dulu mb, atau kalo ada teman & saudara yg ke bogor, langsung ke rumah aja ambil kuenya. salam

  8. Assalamu’alaikum

    Mbak Def…
    aku udah nyoba kaastangelsnya, cuma pake nya 1/2 resep. Aku giling tebal 1cm x 1,5 x 5.
    Suhu 150 C kurleb 15 menitan (biasanya kuker ovenku pake suhu ini). Nah pas dimakan teksturnya kering cuma ada sedikiiit bagian yg agak lembab(nggak ikut kering banget).

    Soal rasa enak, tekstur lembut,kres2 kejunya. Udah betul belum ya mbak.
    Nah mula2 aku pake api atas bawah, begitu keju kering aku pindah api bawah aja.

    Kira2 kaastangelsku oke nggak ya. Soalnya untuk pesanan orang. Ini pesanan pertamaku..hik…Maksudku dg kondisi yg nggak 100 % garing. awet nggak sampai lebaran. takutnya mlempem, soalnya aku gak pake emplex.

    jawab ya mbak, soalnya masih sempat bikin lagi kalau menurut mbak(pakar kue) kurang oke.

    makasih

    wassalamu’alaikum

  9. perkenankan saya untuk kopi resep ini yaaa… secara istri dirumah minta dicariin resep kastangel…
    matur tengkyu

  10. halo mbak mai, memang seperti itu hasil akhirnya mbak, kalo mau crispy sekali mesti ditipiskan lagi dan oven dengan api kecil.

    Hasil yg mbak sudah buat insa Allah pembeli menyukainya. Wah kalo deket aja aku mampir pingin banget cobain, aku pernah coba kaastengel yg full pake butter wah hasilnya aku ga bisa makan banyak-2 terlalu gurih dan rapuh sekali, terus aku coba otak-atik resepnya biar rasanya pas, akhirnya dapat resep itu, mbak mai silahkan saja utak-atik resep yg aku punya, jika ada pembeli yg komentar mungkinj terlalu asin atau terlalu gurih atau terlalu rapuh atau terlalu keras, karena selera pembeli beragam mbak, selamat berjualan dan sukses ya.

    oh ya mbak, kalo bisa nonton trans TV, besok aku ada di acara goodmorning, acara mulai jam 8.30 sd 9.30 tentang cake untuk lebaran.salam

    untuk mas izoruhai, silahkan saja mas resep dikopi, selamat mencoba dan salam untuk istri.

  11. Mbak Def…

    aku nggak bisa nonton tuh….
    sebenarnya udah di Indonesia dari tgl 4 oktober..tapi nggak buka internet..jadi ketinggalan kereta….

    pokoknya sukses ya…

  12. Mbaak, resep ini aku siarin di Women Radio 94,3FM..
    makasi yaaa…

    mudah2an semakin banyak lagi kreasi kue2nya..
    thanks

    Agnes

  13. halo mbak agnes & mbak ida yg selalu ceria dan disukai anak-anak, ibu2 dan juga bapak2, silahkan mbak, Insa Allah ada waktu ke jakarta aku sempatkan mampir dan aku bawain kastengel kornet ya? tiap pagi masih setia dengerin loh, terutama yg tentang kuliner. salam untuk semua ya mbak. Salam dari alta, qila dan neneknya. sukses selalu ya?

  14. mba kalo mau pesen bisa nggak? boleh minta nomor tlp yg bisa dihubungi? thanks.

  15. halo mbak sofi, duh maaf sekali ya , aku baru sempat balas, hampir 1 minggu sakit kemudian ada order paket wedding baru sore ini bisa kembali ke dunia maya lagi.
    mbak seneng banget kalo berkenan pesan kue kering aku, bisa dihub di 0817 676 1838 atau 0888 9036 080.
    aku tunggu ya. terima kasih. salam

  16. teh desi makasih ya resep kastengelnya,bisa buat lebaran nih.aku dl tinggal di bgr tp skrng ikut suami di dumai riau.slm kenal ya teh.

  17. Hai MBA apart Akbar….sy ngak Negrit deh dgn cara pnyelesaian ya Ada cara 123 Gifu…maksudnya gimana ya mba?…

Tinggalkan Balasan

