Nastar, Langkah Pembuatan

Nastar KejuPembuatan kuker Nastar sudah pernah ditulis pada Nastar Keju. Kali ini saya coba tampilkan langkah demi langkah proses pembuatannya dalam slide. Pastikan browser mempunyai plugin untuk flash.

Silakan simak berikut ini:

Slide dapat diunduh, sila buka halaman DOWNLOAD.

Selamat mengikuti…

Posted on 7 September 2007, in Kue Kering and tagged , , , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. saya minta resepnya dong kayanya enak tuh nastarnya

  2. mbak lina,
    resepnya kan ada link nya tuh… hehehe… atau langsung ke:
    https://defidi.wordpress.com/2006/10/21/nastar-keju/

  3. mb, resep2 kukernya pake maizena ga sih? ko baca di katalog jualan ada maizenanya tp di resep ko ga ada. jd bingung nih. mentega diganti margarin semua enak ga ya mb? resep sempritnya cara nyetak ama gambarnya sama ga sih mb? ko kayanya lain ya. bingung nih. semprit coklatnya ditambah DCC 50gr atau 100 gr sih? makasih ya

  4. halo mbak ira, maizena digunakan boleh aja, biasanya aku tambahkan maizena jika pakai terigu yg kiloan untuk menambah renyah, tapi kalo pakai terigu kemasan ga perlu di tambah maizena lagi ga papa koq.

    mentega diganti margarine semua rasa kue tetap enak tapi tidak seenak jika mentega semua atau campuran mentega dan margarine, jika mau memakai margarine semua tambahkan susu bubuk full cream agak banyak ya supaya aroma susunya terasa, atau sekarang sudah ada margarine yg beraroma susu dan vanili sekaligus, merknya margarita.

    untuk semprit sama mbak, ini semprit nastar kan ya?

    untuk semprit coklat di tambah 100 gr aja, coklatnya akan lebih terasa.

    selamat mencoba. salam

  5. hai nastarmania, tq banget dah jawabin temen kita yg butuh resep tapi ga ketemu.
    salam

  6. maaf mb desi..
    mau nanya lagi nih… maklumlah lag belajar..
    aku mau beli butter di yoek. tapi bingung.. merk apa ya yg halal dan enak? yang kiloan..
    sx lg makasih…

  7. halo ra, wah aku juga baru mau berangkat ke yoek nich, aku pake anchor yg baker mix ra, jadi sudah merupakan campuran antara margarine dan butter tinggal kita kasih vanili aja, atau kalo mau butter full ada yg kiloan, duh merknya lupa aku, ada di rak bagian belakang banget deh dekat tempat bermacam2 kacang-kacangan. selamat belanja ya.

  8. Mba , untuk nastar keju , bahan dasarnya sama kan ? hanya pada adonannya ditmbahkan keju saja ? keju nya itu , Edam ato kraft , thanks

  9. bener mb, untuk bahan dasarnya sama, keju boleh ditambahkan dalam adonan, edam boleh kraft juga oke, ato keju untuk taburan bagian atas saja.
    untuk isi boleh divariasi, aku pernah lihat nastar isi selai durian, selai strawberry .
    selamat mencoba. salam

  10. mba kue nastarnya uenaaak tenan. lebaran kemarin sy dah nyoba…berhubung ga ada cetakan sempritnya, kubikin aja bola2 trus ditaburi keju…dari lebaran sampe sekarang dah 3x bikin…yang 2x pake selai strawbery…menghabiskan stok…yang pertama pake margarin+mentega, kedua ketiga pake mentega semua.

    sekilas info dari ummurifqi.

  11. Aww.
    Apa kabar aburifqi, semoga sehat selalu. alhamdulillah beritanya membuat saya semakin semangat untuk terus belajar, belajar dan berusaha untuk terus membuat resep-resep baru. salam untuk keluarga. wass.

  12. Assalamu’alaikum
    mb aku dah nyoba bikin nastar keju dan kuker2, tapi cuma nastar keju yang bentuknya gak bisa bagus kayak punya mbak ya?
    apa kebanyakan tepung?tapi udah sesuai resep tuh..
    btw mentega dipasaran yang bagus mereknya apa ya mbak?
    gimana biar rasa kue keringnya lebih gurih? boleh susu bubuk tak ganti susu kental manis tapi gula tak kurangi?
    biar gak cepet melempem gimana ya? tak masukin toples plastik trus tak segel koq gampang mlempem?padahal udah dingin waktu masukinnya. apa harus di oven 2x?
    masih penasaran nih…
    aku tinggal di jogja, baru aja berkeluarga.
    tapi aku pengen mulai usaha dirumah.,aku pengennya gak kerja kantoran lagi, abis waktu tersita banget….pengen dapat penghasilan tapi tetep bisa ma keluarga dirumah.jadi ni dalam rangka ngebuktiin ke suami kalo usaha sendiri juga masih bisa keren dan dapat uang haha… kan udah ada contohnya yang sukses mb desi hahaha…
    maaf tanyanya kebanyakan….
    tetep semangat ya mb, keren bangeeetttt…..!!!!and tq buat inspirasinya^_^
    moga kelak aku juga bisa punya ilmu yang bermanfaat kayak mbak

  13. halo mbak, duh maaf ya baru balas. aku coba jawab satu-satu ya:
    buat kue kering menurut aku dibilang susah ya mudah dibilang mudah ya susah.
    mbak untuk membuat kue kering semkasimal mungkin jangan terlalu banyak mengaduk atau terkena tangan langsung karena suhu tangan berpengaruh terhadap adonan, adonan jadi matang istilahnya. jika kit amati setiap resep cara pengadukan berebda disesuaikan dgn jenis kuker yg akan dibua. membuat lidah kucing akan jauh berbeda dgn membuat nastar ato kastengel, membuat lidah kucing butter ato margarine dikocok hingga putih dan mengembang, sementara untuk nastar ato kastengel cukup rata saja. perlakuakn terhadap butter dan margarine juga berbeda, butter titik lelehnya lebih cepat dibanding margarine.
    coba sekali lagi buat step by step seperti resep aku, pengadukan setelah mixer aku sarankan memakain sendok kayu saja.
    untuk pengemasan, sebaiknya kuker dipanggang pada suhu 150 dengan api atas bawah, jika api atas terlalu dekat dengan adonan sebaiknya pergunakan api bawah dulu setelah cukup keras pindahkan api atas. setelah kelihatan kuning kecoklatan segera angkat kuker dari oven, biarkan dingin, dalam keadaan panas itu kuker juga masih melakukan pemanggangan walaupunsdh keluar dari open, maka sebaiknya sebelum coklat sdh dikeluarkan dari oven setelah cukup hilang uap panasnya segera pindahkan kuker ke rak-rak supaya panas bagian bawah kuker ikut hilang tdk mengendap dibagian bawah dan menimbulkan uap air sehingga melembabkan kue. setelah cukup dingin segera masukkan ke dalam toples. usahakan tidak ada udara keluar masuk terlalu sering. biasanya dengan perlakukan seperti ini kuker bisa bertahap 3 bulan tetap renyah.
    untuk bentuk nastar yg bagus jenis ini adonan harus pas , tdk terlalu lembut dan tidak terlalu keras.
    coba lagi ya mbak, aku juga masih sering gagal mbak, tetap semangat ya.

  14. Assalamu’alaikum wr wb

    Mbak makasih tipsnya. aq dah coba buat, alhamdulillah sukses.. tnyt yg ptama aku salah cetakan, bukan pake semprit yang lebar kayak yang mbak pakai, jd bentuknya aneh. kedua aku pake butter semua jd mungkin agak sangat lembek dan mudah sekali hancur ^_^
    walo yang keempat aku nyoba kekerasan lagi, karena iseng nyoba resep yang tepung disangrai dulu, mungkin aku kelamaan sangrai tepungnya.

    btw maaf belum dijawab yg soal susu bubuk diganti susu kental manis dengan mengurangi gula bisa?

    ada saran kira-kira putih telur dimanfaatin buat kue kering apa lagi ya mbak selain buat lidah kucing?. abisnya stok lidah kucingku jadi okeh buanget eh banyak banget.

    aku dah dapat pesanan perdana, cuma satu loyang sih hehehe…. tapi udah bisa buat nambah semangat belajar.

    TQ ya mbk…

    wassalamu’alaikum wr wb

    Dewi Hernanto

  15. halo mbak dewi h, mengenai susu ya, saran aku tetep pake susu bubuk yg full cream aja mbak, karena beda komposisinya, susu bubuk mudah mengukurnya selain itu rasa gurih yg ditimbulkan dan aroma kue jadi lebih kuat, sementara susu kental manis cukup banyak mengandung air, untuk kue kering sebaiknya hindari pemakaian cairan jika tidak tepat penggunaaanya bisa membuat adonan berubah komposisi dan ku-ker jadi keras.

    wah selamat ya, pesanan sedikit apapun terima aja mbak, anggap saja kita belajar membuat kue dibiayai oleh pembeli.

    untuk putih telur ya mbak, biasanya aku buat cake putih telur untuk kue-ker bisa buat sagu keju putih telur ato ku-ker utih telur apa ya bahasa belandanya kalo nggak salah sctjuimpes, itu loh putih telur dikocok kaku bersama gula halus tapi dengan cara di tim, beri pasta ato pewarna jika suka.

    wass,

  16. eee kasi tau resep nastar dong

  17. aku mautau cara bikin nastar keju uenak apalagi pake teh beeeeeeh

Tinggalkan Balasan

