Kuker Corn Flakes

Kuker Corn FlakesKali ini nyoba mbuat kuker dengan bahan utama adalah Corn Flakes.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Margarine 125 gr
  • Mentega 250 gr
  • Tepung terigu 400 gr
  • Gula bubuk 200 gr
  • Susu bubuk 50 gr
  • Garam halus ¼ sdt
  • Vanili bubuk 1 bungkus kecil
  • Kuning telur ayam 3 butir
  • Corn flakes 100 gr

Cara membuat:

  1. Kocok margarine, mentega, garam, gula bubuk, vanili dengan mixer spit rendah hingga rata.
  2. Masukkan telur, kocok perlahan hingga rata.
  3. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk secara bertahap, hingga seluruh tepung habis dan tercampur rata.
  4. Masukkan corn flakes, aduk rata.
  5. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik dan diamkan 15 menit sebelum adonan di cetak.

Penyelesaian:

Bentuk adonan bulat-bulat dengan mempergunakan 2 sendok, taruh dalam loyang, beri jarak 2,5 cm untuk setiap kue. Tekan setiap permukaan kue memakai punggung garpu hingga pipih. Panggang dengan suhu 170 hingga matang dan kue berwarna kecoklatan.
Segera pindahkan kue yang sudah matang dalam keadaan panas ke rak pendingin. Setelah dingin segera masukkan toples.

Sederhana kan…? Yuk dicoba…

Posted on 6 September 2007, in Kue Kering. Bookmark the permalink. 14 Komentar.

  1. Seems tasty….wanna try someday

  2. aww.
    Apa kabar ummurifqi? semoga sehat selalu. silahkan dicoba, halo halo hasilnya ya ummu? salam untuk keluarga. wass

  3. Assalamu’alaikum mbak desi?Gimana kabarnya dan keluarga.aku mau tanya tentang SODA;kalaw baking soda dan soda cair yang kalengan ataw botol sama ga?seandainya sama berapa takaranya pengganti soda bubuk.Soalnya di kotaku ga yang jual,cuma ada yang soda kalaengan.Aku masih belum buat kue,males he..he…(malu deh)Mbak,trimakasih ya…

  4. assalamualaikum mbak fitri. mungkin secara global sama ya mbak, beda dicara pemakaian saja. baking soda biasanya dicampur dengan tepung yg manfaatnya untuk membantu mengembangkan adonan, begitu juga soda cair, yg umum dipakai untuk membuat bolu kukus (tapi sekarang banyak yg membuat bolu kukus tdk menggunakan soda cair).

    Jika di daerah mbak memang sulit mencari bahan2 kue, buat kue yg clasic atau tradisional aja mbak. Cake klasik resep mama tdk mempergunakan bahan 2 pembantu tapi cara pembuatannya yang beda, mentega atau margarine dikocok dengan gula hingga putih dan lembut kemudian masukkan kuning telur satu persatu hingga tercampur rata, terakhir baru masukkan putih telur yg telah dikocok hingga kaku. masukkan putih telur secara bertahap, aduk dengan spatula sedikit demi sedikit hingga tercampur rata dan siap di ove. Hasilnya cake padat namun lembut, aku sebenarnya lebih suka cake klasik ini dibandingkan cake modern.

    untuk kue tradisional lainnya aku suka buat kue pisang/nagasari, atau combro, yg paling simple dan cepat membuatnya untuk camilan sore pisang goreng tepung topping keju, pisangnya dipotong kecil2, campur dengan terigu+telur+susu bubuk+vanili dan sedikit mentega cair. Kemudian di goreng dengan ukuran agak besar, pada saat akan disajikan taburi keju parut.

    aku coba ya mbak tampilkan resep-resep cake atau kue yg klasik, salam

  5. assalamualaikum mbak fitri. mungkin secara global sama ya mbak, beda dicara pemakaian saja. baking soda biasanya dicampur dengan tepung yg manfaatnya untuk membantu mengembangkan adonan, begitu juga soda cair, yg umum dipakai untuk membuat bolu kukus (tapi sekarang banyak yg membuat bolu kukus tdk menggunakan soda cair).

    Jika di daerah mbak memang sulit mencari bahan2 kue, buat kue yg clasic atau tradisional aja mbak. Cake klasik resep mama tdk mempergunakan bahan 2 pembantu tapi cara pembuatannya yang beda, mentega atau margarine dikocok dengan gula hingga putih dan lembut kemudian masukkan kuning telur satu persatu hingga tercampur rata, masukkan terigu juga secara bertahap, terakhir baru masukkan putih telur yg telah dikocok hingga kaku. masukkan putih telur secara bertahap, aduk dengan spatula sedikit demi sedikit hingga tercampur rata dan siap di ove. Hasilnya cake padat namun lembut, aku sebenarnya lebih suka cake klasik ini dibandingkan cake modern.

    untuk kue tradisional lainnya aku suka buat kue pisang/nagasari, atau combro, yg paling simple dan cepat membuatnya untuk camilan sore pisang goreng tepung topping keju, pisangnya dipotong kecil2, campur dengan terigu+telur+susu bubuk+vanili dan sedikit mentega cair. Kemudian di goreng dengan ukuran agak besar, pada saat akan disajikan taburi keju parut.

    salam

  6. Trimakasih mbak atas saranya.memang mbak,kalaw aku lihat mama buat cake mudah dan tanpa bahan obat,hasilnya hmmm…..enak.Mbak,hari ini aku buat cake zebra,alhamdulillah berhasil senang rasanya,tapi buat percobaan aku pake 1/2 resep hasinya ga terlalu tinggi hi…hi…Aku pengen buat kue kering tapi ga kesampaian,nunggu pesan loyang ga dapet2.Aku tinggal di kota Abqaiq-Damam(KSA).Di kota ini memang sulit semua karna kota kecil kalaw di Damam kota besar semua ada termasuk toko Jawa.Aku ga bisa kemana2 suamiku kerjanya ga bisa ditinggal.Mbak,maaf ya kalaw aku slalu tanya2,aku sangat beruntung punya teman mbak Desi,jadi punya pengalaman buat kue.Aku berhasil karna pake teori mbak.Trimakasih.
    SALAM untuk anak2.

  7. Hallo mbak fitri, wah ternyata tinggalnya jauh beneran ya, aku pikir masih seputar indo :)-

    tapi tetep bisa buat kue macam2 mbak, bisa buat nastar isi selai kurma atau buat moscovis ( cake lapis buah) kan disana banyak kismis dan kurma ya mbak?
    aku pernah coba buat selai dari kurma, biasanya bulan puasa kurma banyak sekali , kurma curah harganya kan cukup murah waktu itu aku beli satu kotak isi 10 kg, aku buang bijinya terus diblender dicampur sama nanas dan dimasak sampai kental , rasanya enak antara manis dan asam nanas dengan aroma khas kurma. Aku belum berani jual ke konsumen tapi aku berikan saudara2 mereka suka dengan nastar isi selai kurma nanas, ide itu muncul karena pada bulan puasa harga nanas suka melonjak dengan dikombinasi dengan kurma jug agak irit gula :)-

    Atau coba buat kue soes tapi isi asin (rogout ayam ) nanti aku tampilkan resep kue soes ya?

    atau pie isi buah juga enak mbak, jadi kulit pie dari adonan kue kering isinya kacang, kismis, kurma, kue pie isi buah ini pernah aku dapat dari saudara dari gorontalo, agak besar memang kuenya tapi makan satu aja sudah kenyang.

    jangan sungkan tanya loh mbak, selagi aku bisa jawab insa’ allah aku akan jawab, kalo belum dapat jawaban aku usahakan cari jawabnnya.
    selamat berjuang di negeri orang ya, be carefful. salam hangat.

  8. Trimakasih bak,aku tunggu resepnya.mbak,aku suka sele kurma tapi susahnya suamiku ga suka,ga enak kalaw buat yang ga disuka.Aku ga buat kue banyak hanya karna punya oven dan aku pengen buat2 untuknya.InsyaAllah diIndo mulai coba2 lagi.Aku di Indo kota Sidoarjo desanya Sepanjang Taman.Anakku tinggal sama mamaku perempuan(19 bulan).Kalaw ke Surabaya mampir ya dekat ko’.Oh ya,kalaw oven listrik kecil loyangnya harus dari bahan tertentu ataw apa saja.Maksudnya stainless boleh.Susah,ga ada loyang seperti diIndo.trimakasih ya mbak Desi.
    Salam hangat juga untuk mbak……..

  9. Pa kabar mbak fitri? moga sehat selalu. Keluarga suami banyak di surabaya mbak, aq jg sdh pernah sampai sidoarjo, waktu sepupu suami nikah aq ke sana sempat mampir ke pusat kerajinan tas dan sepatu disidoarjo. Insa Allah jk ke surabaya lagi aq mampir ya?

    Untuk loyang biasa dari bahan apa saja mbak, stainless, alumunium atau teflon, yg penting bisa untuk di oven dengan suhu tinggi.

    Jangan takut gagal buat kue mbak, aq jg masih sering gagal koq, namanya jug masih belajar kan?. salam

  10. Trimakasih mbak,InsyaAllah aku akan mencobanya.Sukses selalu untuk mbak Desi.

  11. Ass.Mbak Desi,gimana kabarnya?Mbak, 2 hari yang lalu aku buat cake marmer.tapi lama matengnya,bagian bawah+pinggir sudah kering tapi dalamnya masih belum matang.Terus aku beri api atas ternayta gosong sedikit sih,aku ganti api bawah aja,aku tunggu+aku tambah terus waktunya ternyata ga padat juga biar cepat aku kasih api atas lagi ternyata gosong beneran sampai asap sekamar tapi matang,ha…ha…aku senang cakenya empuk enak tapi jengkel juga sich atasnya gosong pinggiranya keras.Aku pakai loyang bongkar pasang.Mbak kalaw loyangnya berjarak sedikit buat adonan menetes kan terus agar tetap caranya bagaimana,apa bisa bawah loyang dialasi aluminium foil agar tidak menetes.Oh Ya,aku pengen buat MAKMUL kue kering arab yang isinya kurma dihaluskan.tapi aku tidak pernah nyerah,aku akan coba terus.Walaupun hasilnya belum sempurna tapi senang buatan sendiri ya kan mbak?Mbak,maaf ya banyak tanya nih….Trimakasih.

  12. aww. maaf ya mbak aq sdh jawab waktu itu ternyata waktu send nggak ok, jadi nggak keterima ya jawaban aq.

    sebenarnya nggak ada masalah pake loyang bongkar pasang mbak, mungkin loyangnya saja yg kurang rapat ya? loyang bongkar pasang aku nggak netes, coba di beri alas kertas roti, mudah2an nggak netes lagi.

    he he he masih masalah oven ya? coba lagi ya, oven yg mbak punya untuk 3 rak kan ya? rak bawah sekali, kemudian rak berikutnya. Nah coba taruh loyang di rak ke dua, pakai api atas dulu dengan panas 170 derajat, jika sdh terlihat pinggiran mengeras juga bagian atas mulai keras, baru pakai api atas bawah, panas dikurangi jadi 150 derajat. mudah2an hasilnya nggak gosong lagi ya.

    aku mau dong resep makmul kue kering arab, makasih. salam

  13. Mbak..mau tanya tips cake klasiknya…kapan tepung terigu dimasukkan?? Bisa dgn campuran susu bubuk gak…??makasih

Tinggalkan Balasan

