Puding Caramel

Pulang sekolah, dik Qila langsung bilang, bu tadi teman-teman yang catering dapat pudding, Qila jadi pingin, besok bawakan bekal pudding ya, tapi tidak pakai vla karena susah makannnya di sekolah, nanti tumpah. Ingat pesanan Qila, sorenya jadi buat pudding sama Qila. Si cewek kecil sudah siap dengan gelas ukur, dia paling suka jika diminta tolong masukkan cairan ke gelas ukur.

Bahan:

  • 2 bungkus agar2 warna coklat
  • 100 gr gula pasir( buat caramel)
  • 100 cc air
  • 100 gr gula pasir
  • 900 cc susu cair
  • 3 butir putih telur

Cara membuat puding:

  • Campur agar-agar dengan susu cair aduk rata, masukkan caramel dan gula pasir, aduk rata, masak dengan api sedang hingga gula larut dan mendidih kecilkan api.
  • Kocok putih hingga kaku.
  • Tuangkan campuran agar-agar yang masih panas ke dalam putih telur secara bertahap, hingga campuran agar-agar habis, aduk rata, tuangkan ke dalam cetakan puding bulat bergelombang. Dinginkan.

Cara membuat caramel

Masukkan gula pasir ke panci agak tebal, masak diatas api yang kecil hingga gula mencair semua, setelah gula mencair semua masukkan air, aduk rata.

Untuk 25 potong. Selamat mencoba.

Iklan

Posted on 20 April 2007, in Puding. Bookmark the permalink. 32 Komentar.

  1. kayana enak dan gampang buatnya..aku coba ya mbak..ohya kalo 900 cc susu cair itu kira2 semana ya mbak? kalo ngukurnya pake gelas aqua, berapa gelas mbak? trus susunya susu dancow bisa gak?
    trims.

  2. alo ra,satu gelas aqua +/-250 cc. Pakai susu dancow bubuk bisa saja tapi mesti sering2 mengaduk dan api kecil saja, kalo api besar dan tidak sering mengaduk susu akan pecah dan kurang bagus penampilannnya.
    Lebih baik pakai susu kental manis yang full cream tapi gula dikurangi ya, lebih enak dan praktis memang pake susu cair atau susu segar.
    untuk buat karamel mesti sabar ya jeng, api kecil saja dan biarkan gula meleleh sampai gula habis dan jadi karamel, juga waktu memberi air pada gula yang sudah jadi karamel ati-ati ya karena akan memercik dengan bunyi berdesis. tapi kalo dah jadi pasti buat terus deh, karena campuran karamel dan susu menjadikan rasa karamel unik, selamat mencoba ya?

  3. duh lupa euy, kalo ada yang mau ditanyakan detail sekali kirim ke email aku aja ya, silakan isi “contact” diatas.oceh ra, aq tunggu hasil pudingnya ya.
    O ya tepung ketan hitam satu bungkus dgn berat 250gr biasanya aq beli harganya 5000an , tapi yang aq kirim ga perlu diganti loh, bener loh ikhlas abis deh.rara dah mau coba resep2 aq aja harganya ga ternilai loh, kita jadi sama2 belajar terus. oceh ra, bye

  4. waa….baik banget trims ya mbak..aku gak salah niy..jarang-jarang banget loh jaman sekarang ada orang sebaik mbak desi (bukan muji,tapi beneran lho.. :) beneran mbak gak perlu diganti? aku jadi gak enak niy..jadi ngerepotin mbak desi..duh makasih banyak ya mbak..
    ohya mbak, waktu ultah suami kemaren sabtu akhirnya aku buat brownis kukus, resepnya dapet dari milis. lumayan enak dan empuk, tapi ya namanya pemula penampilan brownis nya gak sebagus yang di jual di toko-toko, punyaku agak lembek banget dan permukaannya gelombang2 padahal tutup dandangnya udah ditutup serbet. (waktu praktek cake ketan hitam yang resepnya dari mbak desi juga gitu) aku mo tanya niy mbak, kalo bubuk coklat itu sama gak dengan cocoa powder yang dari van houten itu?
    trims ya mbak..sekali lagi makasih banyak lho atas ilmu2 yang mbak desi berikan..semoga dilimpahkan pahala yang seluas2nya yaa oleh ALLAH swt, amien, sukses trus dan semoga bisnisnya makin maju ya mbak!!
    salam.

  5. ra, untuk brownies kukus , bergelombang itu ada beberapa hal:
    *uap kurang banyak, sebaiknya kukusan dipanaskan 15 menit sebelum mengukus dengan air 1 ruas jari di bawah tatakan kukusan.
    * air netes ke adonan yang dikukus.
    * sebaiknya buat 2 kali kukus aja, masukkan setengah adonan kukus 10 menit, kalo mengembung tekan sama bagian belakang gelas diratakan, terus masukkan sisa adonan, mudah2an hasilnya maksimal. salam

  6. alo mbak desi..kemaren aku dah coba resep puding caramelnya lho..tapi puding punyaku kok rasanya pahit..trus bawahnya kok gak ada kuning2nya itu,alias nyampur semua antara agar yang warnanya coklat dengan kuning2 itu, waktu praktek aku juga agak bingung dengan penjelasan mbak desi..maksud kata- kata ” Tuangkan campuran agar-agar yang masih panas ke dalam putih telur secara bertahap, hingga campuran agar-agar habis, aduk rata “itu artinya agar-agar dituang ke dalam putih telur ya, bukan putih telurnya yang dituang ke agar2nya? trus berarti putih telurnya gak ikutan dimasak dipanci bareng2 sama agar2nya dong, berarti tuh telur gak mateng ya mbak alias masih mentah trus langsung dicampur dengan agar-agarnya?

    soalnya punyaku kok putih telurnya nyatu dengan agar2nya dan gak ada kuning2 yang mengendap diatas agar2 seperti tampilan pudingnya mbak desi..dan lagi rasanya tuh pahit..apa karena waktu buat karamelnya api terlalu panas ya mbak?sehingga gulanya gosong..soalnya aku ngelelehin gulanya pake wajan/kuali masak. aku belum pernah buat karamel sama sekali lho mbak sebelumnya..jadi agak bingung..(mau telpon mbak desi aku malu dan gak enak takutnya mbak sibuk dan jadi ngerepotin, enakan lewat sini aja)
    oh ya aku bikin pudingnya pake susu SKM putih..

    akhirnya nasib tuh puding kaga ada yang makan,,disimpan di kulkas sampai waktu yang tak terhingga, heuehehe suamiku juga komentar kok pahit ya..duh jadi mallu deh mbak..padahal waktu bikinnya semangat 45 bangeet..
    ok deh sampai disini dulu ya mbak..trims.
    salam.

  7. halooo..mbak desy udah lama niy aku gak ngisi di blognya mbak, btw kok komentar ku yang terakhir tgl 23 juni belum di jawab2 ampe sekarang..kenapa?
    lagi sibuk bgt ya mbak…T – T

  8. ass.wr.wb
    aduhhhhhhhhhhhhhh punten sekali mbak rara, rasanya sudah deh tentang puding karanel kan? atau waktu send ga berhasil ya. ntar aku coba buka seluruh komentar lagi ya? ga terlalu sibuk mbak, biasa aja tapi akhir2 ini lagi trend pesanan dari yang ultah perkawinan, aku seneng banget yang pesan kan sudah seumur mama aku jadi malah banyak masukan dari mereka, malah ada yang kasih resep masakan tempo doloe loh, aku mau coba nanti aku masukkan blog ya, ada yang puding juga ada masakan.
    oh ya aku sering loh buka blog mbak rara, ayo mbak penuhi blognya, apa aja cerita tentang mkanan khas tempat mbak rara tinggal sekarang dong atau pariwisata disana, kan bisa jadi masukkan untuk kita semua. ok mbak salam untuk semua ya.
    wassalam

  9. iya mbak aku dah lama bgt lho nunggu balasannya..soalnya puding caramel yg aku buat waktu itu gagal maning..heuehehe..maklumlah wong baru kali ini ‘terjun’ ke dapur..
    saran2 mengenai blognya bagus bgt..good idea..ntar aku liput deh pariwisata disini..jangan lupa berkunjung ke blog aku ya mbak..trims..
    -salam-

  10. halo ra, kemarin aku catering di daerah cipanas dan puding yg diminta juga puding caramel, intinya waktu buat caramel aja.
    coba deh, buat karamel sedikit dulu.
    gula pasir 200 gr taruh di wajan, masak dengan api kecil, biarkan semua gula menjadi leleh, setelah leleh pelan2 masukkan air 50 cc aduk rata, kemudian masukkan lagi 50 cc, udah deh jadi karamel yang bagus.
    selamat mencoba ya.

  11. mbak, q br liat resepnya.mmm…yummy..yg mo ditanyain klo dah keras puddingnya bs diiris or makannya harus pake sendok gt (ops sry,ga ngerti, namanya apa klo puding yg ada cair2nya)

  12. halo mbak sari, seperti puding biasa mbak, bisa dipotong koq, puding ini biasa aku tampilkan kalo lagi dapat order paket catering, dan biasanya selalu lebih cepat habis dibandingkan puding lain yg aku sajikan, mungkin karena rasa dan aromanya khas caramel ya.oh Vla maksudnya ya, biasanya vla aku buat dari campuran susu cair,kuning telur dan maizena , untuk aroma vla sesuaikan dengan keinginan aja mbak, bisa aroma jeruk, strwberry, rum, dll. salam

  13. Assalamu’alaikum….
    mba.. aq dah nyoba bikin pudingnya…
    tapi warnanya kok ga nyoklat bgt…
    apa karamelnya kurang mateng???

  14. aww. Apa kabar ummu rifqi, emoga sehat selalu dan salam untuk keluarga.
    Kemungkinan besar ya mbak, karen bahan utamanya karamel ya, sebaiknya waktu buat karamel biarkan gula mencair sendiri sampi gla habis jangan daiduk-aduk dulu, setelh gula cair semua baru diberi air sedikit demi sedikit, hati2 sering memercik di tangan. di coba lagi ya mbak, semoga berhasil. wass

  15. Assalaamu’alaykum mb…
    pa kabar nih? moga sehat selalu ya mbak..
    aku dah nyobain puding karamel, alhmd semua suka.
    oya.. mau tanya nih mb, alta n qila sekolah di AtTaufiq ya?
    dulu TKnya disitu juga?
    kenapa pilih AtTaufiq mbak, bukan yang lain?
    di AtTaufiq bagus ga mbak?
    ira lagi nyari2 sekolah nih mbak buat abang.
    tahun ni Insya Alloh mau masuk TK.
    bingung mau di AtTaufiq, Ummul Quro’, ato di AlMunawwar di jl. pemuda…
    minta pencerahan dong dari mbak desi…
    syukron ya mbak…

  16. aww.
    hallo mbak Ira pa kabar? moga sehat selalu.
    Mudah-mudahan jawaban ini ada baiknya ya mbak.
    anak ku yg 1 Tk umum dan SD masuk SDIT, masalah akademis ga jadi masalah tapi di Qiroaty agak tertinggal karena anak2 yg dari TKIT begiru SD qiroaty sdh cukup jauh. Ini dari segi Qiroaty.
    Waktu anakku yg ke 2 Tk disana, alhamdulillah banyak sekali hikmah yg aku petik. Dari segi pendidikan moral sdh mulai dibentuk, dari semua segi dituntun, dari kebersihan sebelum dan sesuadah makan mencuci tangan dan berdoa, diajarkan sholat dhuha, diajarkan berbagai doa, berwudhu, bahkan yg ahwat cara dudukpun di beritahu yg baik. Dari segi berpakaian sdh ajarkan sopan santun dan masih banyak segi positif lainnya.
    Selain itu di dalam 1 kelas ada 2 guru yg disebut bunda yg sangat perhatian kepada anak muridnya, sampai mereka makanpun diperhatikan sepenuhnya, habis atau tidak dan hal ini berlangsung sampai SD nanti. 1 kelas paling banyak 25 murid dan system belajar dengan cara pendekatan secara sosial lebih banyak diterapkan, mereka belajar mengaji setiap hari dengan bergiliran satu anak satu guru dan kegiatan sosial juga cukup memadai, ada manasik haji, ada out bond, ada hari pasar, ada hari anak yatim dimana sekolah mengundang anak yatim kemudian makan bersama, juga seminar2 pendidikan dan setiap jumat anak2 diajarkan untuk membawa uang seiklasnya untuk infaq yg akan diserahkan ke masjid. Sisi2 moral sederhana seperti itu yg menarik minat aku utk menyekolahkan di sana, memang tdk ada sekolah yg sempurna, sering jg para ibu mengeluh ini dan itu, tapi aq lihat prosentase positifnya aja, jika segi positif 70 % dan negatif 30%, ya yg negatif mesti kita maklumi atau jika kita ada solusinya kita sampaikan ke sekolah, pihak sekolah welcome sekali koq utk diajak diskusi. Dulu waktu anakku yg ke 2 di Tk A aku aktif di IOGA dan jadi redaksi buletin-nya, yg isinya tentang kegiatan anak2, berita suka dan duka dari keluarga besar TK, dll. setiap orang tua boleh menyumbang apa saja di buletin itu, moga2 smpai sekarang masih ada ya?
    Selain itu biaya masih relatif murah diabndingkan swasta lain yg mbak sebutkan :)- maklumlah pegawai negeri mbak.

    sampai ketemu di sekolah ya mbak, sudah mulai pendaftaran loh, mulai hari ini, sebaiknya agak cepat mbak, tempat terbatas sekali dan peminat setiap tahun booming, yg waiting list banyak banget loh. salam

  17. http://www..
    thanks ya mbak pencerahannya…
    td sempet survey kesana, katanya tk pendaftarannya tgl 16 feb. doain ya mbak moga ketrima..
    salam 4 keluarga…

  18. halo mbak ira, iya mudah-mudahan putra ibu bisa masuk Tk di sana ya, salam

  19. Assalamu’alaikum…mbak Des salam kenal … Kebetulan aku jg gemar membuat pudding, abis ngerjainnya gak bakal ada kata gagal, plus hehe…cuci-cuci peralatannya lbh ringan daripada cake…(dasar pemalas nih)…pudding di atas pastilah rasanya segerrr….aku masukkan dalam koleksi resepku di my blog ya mbak,kalo boleh nih…salam

  20. assalamu’alikum…mbak rachmah, tq ya dah sempatkan waktu mampir ke blog aq.silahkan mbak jika berkenan atas resep aq, rasa puding karamel nggak mbosenin seperti mangga manalagi, mau lagi mau lagicobain resepnya ya, salam

  21. ass…wr..wb…
    salam kenal mb’desi, sy yuni. sy msh banget dlmhal pembuatan kue. sy ijin ya mba’ pengen cb resepnya. kayaknya enag banget tuh… mksh sblmnya….

  22. assalamu’alaikum wr.wb
    salam kenal mbak yuni, terima kasih atas kunjungannya ke blog ini. silahkan mbak dengan senang hati jika mbak berkenan mencoba resep saya, halo halo hasilnya ya. wassalam

  23. assalamu’alaikum…

    Selamat pagi buk…
    apa ibu pernah tahu pudding butter scott?! kalu iya aku kepingin tahu resep dan cara bikinnya.
    sebetulnya aku dah pernah bikin, tapi kurang berhasil.
    karena didalam campuran pudding tersebut harus diberi butter, dan hasilnya setelah dingin butter terpisah dari pudding, seperti lemak sapi ada di atas pudding.
    owiyah…pudding ini rasanya seperti permen alpenliebe….
    makasih ya buk…mudah2ibu bisa menjawab dan memberi ilmu yg bermanfaat untuk aq

    wa’alaikumussalam

  24. waalaikumsalam,
    salam kenal mbak sari dan terima kasih sdh mampir ke sini, maaf mbak saya belum pernah buat puding seperti yg dimaksud jadi belum bisa jawab pertenyaan mbak. coba cari di google, aku rasa ada teman2 di kuliner yg mengtahui puding ini. slam

  25. wah yang ada di sini kelihatanya enak semua ya… :-)

  26. resep yg menarik….

  27. Hallo mbak desi.. Salam kenal ya mbak. Aq udah cobain resep puding caramelnya, enak banget loh. Tapi aq masih bingung mbak, gimana cara bikin caramel yg bagus?

    • halo mbak ria, untuk membuat caramel yang bagus : perbandingan gula dan air 1:1, misal 100 gr gula pasir dipanaskan hingga meleleh sempurna (api kecil ya) tambahkan 100 cc air. salam

  28. Wak,
    Saya mau buat puding karamel juga ni. sayang ada agar agar tapi ngk masak masak.
    Tadinya bingung gimana bua karamelnya. Gw buka web puding karamel.
    Lu yg nongol. Jempol

  29. syazurahanum hanum

    sebagai pemula saya mau nanya mbak,kalau susu segar diganti ama santan kental atau susu kedelai bleh gak mbak ya?saya menunggu jawaban dari mbak.kiranya mbak sudi mengasi jawaban saya ucapkan terimakasih banyak ya mbak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: