Sotong Masak Nanas dan Paprika

Beberapa hari ini tukang ikan langganan selalu menawarkan sotong, dan setiap kali menawarkan selalu saya tolak, hari ke-4 menawarkan saya sempat berpikir, selama ini saya segan masak sotong, selain repot membersihkannya karena tulang di punggungnya keras juga dagingnya agak alot, tidak seperti cumi, tumis sebentar jadi deh. Tapi mau coba juga diolah dengan bumbu lain mungkin jadi oke, selain itu harganya per kilo setengahnya dari cumi lumayan irit he he he…

Akhirnya jadi juga sotong dibeli, minta tukang ikan bersihkan dan langsung dicuci terus dipotong kecil-kecil.

Buka kulkas ada paprika hijau, merah dan nanas, kelebihan bahan dari catering kemarin. Lihat bumbu komplet semua, akhirnya mulai masak dan jadilah olahan sotong yang lezat.

Bahan yang diperlukan:

  • 300 gr sotong yang sudah bersih, potong kecil
  • 1 buah paprika hijau dan merah (dipakai setengahnya saja)
  • 1 buah nanas potong 3 (dipakai 1/3 saja)
  • 2 siun bawang putih cincang halus
  • 2 buah bawang merah cincang halus 9 atau ditumbuk kasar bersama bawang putih.
  • 1 sdm minyak ikan
  • 1 sdt garam/secukupnya
  • ½ sdt merica halus
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm minyak wijen ( jika ada)
  • 1 ruas jahe (kira-kira 2 cm) iris tipis atau di geprek
  • 2 cm sereh di geprek
  • Penyedap (jika suka)
  • 100 cc air

Cara membuat:

  • Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum
  • Masukkan jahe, sereh aduk rata
  • Masukkan sotong, aduk rata
  • Masukkan minyak ikan, merica halus, kecap manis, minyak wijen, penyedap, garam dan air
  • Masak dengan api sedang hingga daging sotong lembut dan air tinggal 25 cc
  • Masukkan paprika hijau, merah dan nanas, aduk sebentar angkat.
  • Hidangkan bersama nasi hangat

Untuk 3 orang…

Iklan

Posted on 17 April 2007, in Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Assalamu’alaikum Mbak Desi,
    Pa kabar?
    Mo nanya donk… maren aq masak cumi… di resepnya sebelum diolah dengan bumbu halus, cumi direndam dengan parutan jahe, bawang putih halus dan sedikit lada. Digoreng bentar baru deh campur ma bumbu halus (cabe, bwg merah dan kawan2nya). Cuminya itu kan disayat miring2 itu dan klo digoreng diharapkan melengkung dgn indahnya. Tapi koq, punyaku tetep lempeng2 aja ya… (ngegorengnya juga cuma ditumis asal) trus waktu dicampur ama bumbu halus… kata si Maz… rasanya mantafff… tapiiii…. cuminya koq jadi kek daging ayam rasanya (lembut) .. gag seperti rasa cumi yang kenyal-kenyal (cenderung sdikit alot)… Kenapa ya Mbak?

  2. aww. halo mbak devva, pa kabar, moga sehat selalu ya. aq sehat selalu.
    wah cuminya gepeng ya? ada beberapa kemungkinan mbak :
    * cuminya terlalu kecil, shingga dagingnya tipis
    * cumi sudah tdk terlalu segar, ciri cumi yg segar daging masih kenyal jk dipegang, berbau amis segar.
    * ada jenis cumi yg dimasak dagingnya lembut, cumi telur lebih enak menurut aku ya.
    *jangan terlalu lama memasaknya, sebaiknya dengan api yg cukup besar, tumis bumbu halus masukkan cumi aduk sebentar dan segera angkat.
    *coba lagi ya mbak, moga cuminya dah semangat ga melempem lagi. salam

  3. Dari penjelasan mbak di atas kemungkinan besar, kesegaran cuminya yang agak dipertanyakan :D maren tuh.. da ku keluarin, trus aq lagi beberes… mpe lupa dah keluarin cumi… walhasil sejak keluar dari kulkas mungkin.. ada ngkali… klo setengah hari.. terbaring dengan pasarah di sink dapur… hehehe.
    Makasi ya mbak atas tips dan infonya :-)
    Kapan mo ke Dps?

  4. halo mbak deeva, pa kabar? sehat selalu ya mbak.
    he he he aku juga sering gitu, keluarin cumi ato seafood lain, terus tinggal pergi, waktu pulang dah pada menciut, nah kalo dah gitu aku goreng tepung aja jadi agak manipulasi bentuk he he he.

    kalo mau goreng tepung yg praktis, beli tepung perendam di swalayan, seafood-nya di rendam jeruk nipis bentar, masukin bumbu perendam kira2 10 menit, tiriskan, balur dengan tepung terigu, diamkan bentar terus digoreng deh. masih oke untuk lauk makan.

    wah, aku pingin banget ke denpasar, beberapa kali suami ada proyek dan seminar di sana ga bisa ikut, terbentur anak2 sekolah.
    ntar kalo ada rencana ke sana, langsung aku halo2 mbak deeva ya?salam

  5. Bisa nggak ya sotong di ganti daging atau ayam. Karena jujur untuk makanan yang berbau laut aku bisa alergi apalagi sotong itu gurita ya. Kayaknya kok ngeri kl mesti makan gurita.

  6. pa kabar mbak anita, punten banget ya baru di jawab, boleh mbak diganti ayam atau daging yg diiris tipis juga boleh.
    Sotong bukan gurita mbak, tapi seperti cumi cuma dia punya tulang yg keras di bagian punggung, rasa dagingnya sama seperti cumi . selamat mencoba ya mbak, salam hangat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: