FONTERRA DAN CHILDFUND MENGUKUHKAN KOMITMEN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI INDONESIA

SIARAN PERS

FONTERRA DAN CHILDFUND MENGUKUHKAN KOMITMEN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI INDONESIA

Program kerjasama pengembangan komunitas yang menjembatani kesenjangan pendidikan anak usia dini di tujuh desa di Indonesia

 

Jakarta, 3 Mei 2012 – Fonterra Brands Indonesia dan ChildFund Indonesia hari ini mengumumkan komitmen berkelanjutannya untuk meningkatkan pendidikan anak usia dini serta perkembangannya di Indonesia, dalam sebuah acara yang diadakan di Restoran Omah Sendok, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.


Pengukuhan komitmen itu diwujudkan melalui program ENHANCE (Ensuring Nutrition, Health, and Children’s Education), sebagai inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh Fonterra Brands Indonesia bersama ChildFund Indonesia. Acara ini menggarisbawahi kontribusi yang selama ini telah diberikan melalui program yang sudah berjalan sejak Agustus 2011.


pada pos-pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah yang kurang beruntung, ENHANCE telah membantu 413 anak di tujuh desa yang terdapat di dua provinsi, dimanainisiatif ini merupakan bagian dari upaya berkesinambungan dari Fonterra dalam mengembangkan komunitas di Indonesia. ENHANCE sudah berjalan di provinsi DKI Jakarta (Jakarta Barat) dan Jawa Tengah (Semarang/Ungaran; Banyumas; Boyolali and Wonogiri). Acara pengukuhan programENHANCE diramu dalam sebuah diskusi panel bertema “Pendidikan Anak Usia Dini: Pentingnya Inspirasi dan Penguatan Komunitas”, yang menghadirkan Kasubdit Program dan Evaluasi Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUDNI, Kemdikbud, Dr. Sukiman, M. Pd.; Presiden Direktur PT. Fonterra Brands Indonesia, Yon Handoyodan National Director ChildFund Indonesia, Guru Naik.


tersebut menjelaskan program ENHANCE secara komprehensif, dan bagaimana program ini berupaya agar anak-anak bisa memperoleh awal kehidupan terbaik yang berfokus pada pendidikan anak usia dini, pelatihan bagi orang tua, pendamping dan tenaga pengajar, serta pembangunan dan perbaikan gedung dan fasilitas pos PAUD.

-anak dapat mengubah dunia dan memiliki masa depan yang lebih cerah apabila mereka terinspirasi dan termotivasi. Sehingga, pengembangan dan penguatan komunitas dimana anak-anak tinggal adalah penting untuk memastikan mereka hidup di lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembangnya.

Fokus dari ENHANCE pada satu tahun ini adalah untuk membantu mengembangkan keahlian dan kemampuan tenagapengajar serta pembimbing PAUD agar mereka dapat memberikan pendidikan yangberkualitas kepada anak-anak Indonesia. Termasuk di dalamnya adalah memberikan berbagai pelatihan terkait metode pengajaran PAUD yang lebih baik serta pengembangan kurikulum lokal yang berbasis standar nasional.
Presiden Direktur PT. Fonterra Brands Indonesia, Yon Handoyo, mengatakan, “Fonterra telah hadir menyediakan nutrisi berbasis susu dengan kualitas terbaik kepada masyarakatIndonesia selama lebih dari 30 tahun. Program ENHANCE menekankan komitmen berkelanjutan kami untuk memberikan bantuan pendampingan kepada komunitas lokal, sehingga memungkinkan tersedianya akses pendidikan dan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan anak.”

“ChildFund memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun dalam penyediaan dukungan bagi komunitas lokal, dan kami berterimakasih dapat bekerjasama dengan mereka melalui program ini,” Yon menambahkan.

Fonterra dan ChidFund telahbekerjasama selama satu tahun terakhir untuk mengembangkan berbagai layanan pos PAUD serta mendidik para orang tua dan tenaga pengajar mengenai nutrisi yang tepat, stimulasi psikososial dan penanggulangan terhadap penyakit yang umum dialami anak-anak. Untuk memastikan keberlangsungan suksesnya program ENHANCE, Fonterra Brands Indonesia dan ChildFund Indonesia juga bekerja bersama dengan pemerintah dan berbagai organisasi lainnya yang memiliki kepedulian terhadap peningkatan pendidikan anak usia dini.

National Director ChildFundIndonesia, Guru Naik, menjelaskan, “Kami bangga menjadi mitra PT. Fonterra Brands Indonesia dalam menjalankan inisiatif ini karena sejalan dengan upaya kami untuk membangun kapasitas komunitas menuju pembentukan lingkungan yang mendukung perkembangan anak dengan baik.Penguatan komunitas lokal agar dapat meningkatkan kemampuan pos-pos PAUD juga merupakan dukungan terhadap upaya pemerintah daerah dan lokal dalam mempersiapkan anak-anak Indonesia menghadapi tahap pendidikan selanjutnya.”

Dr. Sukiman, M.Pd, KasubditProgram dan Evaluasi Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUDNI,Kemdikbud mengungkapkan, “Berbagai hasil penelitian telah membuktikan bahwa perkembangan di usia dini sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang di masa depan. Oleh karena itu kami menyambut baik inisiatif Fonterra dan ChildFund. Kami yakin hal ini dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak pihak untuk ikut berpartisipasi mendukung peningkatan kualitas dan akses layanan PAUD di Indonesia.”

Dua puluh anak dari dua PAUD di Kapuk yang dibina dalam program ENHANCE turut menghadiri acara ini, sebagai perwakilan dari 10 PAUD binaan Fonterra dan ChildFund. Saat diskusi panel tengah berlangsung, anak-anak diajarkan Bahasa Inggris sederhana sambil bermain bersama karyawan Fonterra dalam ‘Employee Volunteer Program’. “Kegiatan ini merupakan bagian dari ‘Fonterra Berbagi’, dimana kami mengajak karyawan kami untuk dekat dengan anak-anak, terutama untuk menginspirasi mereka dalam menggapai masa depan yang lebih cerah. Secara rutin karyawan kami bertemu dengan anak-anak, bermain bersama dan mengajarkan Bahasa Inggris sederhana.Kami berbagi kebahagiaan dan optimisme, membantu meningkatkan rasa percaya diri mereka, dan membangun rasa keingintahuan mereka terhadap dunia.”

Acara ditutup dengan perayaan sederhana sebagai rasa syukur, bersama-sama dengan anak-anak, guru/tutors, karyawan Fonterra, ChildFund dan para pembicara.

 

About these ads

Posted on 4 Mei 2012, in Aneka Tips, Cerita Anak, Gizi, Keluarga, Komunitas, lingkungan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 386 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: