cimol aneka rasa-cemilan anak-anak

beberapa kali anakku bilang, aduh pingin cimol, pingin cimol. Di kantin tempat mereka kursus ada yg jualan cimol dan suka beli juga. Aku ikutan beli, pingin tau rasanya seperti apa dan aku pikir harganya cukup lumayan juga ya.

Tiba-tiba anakku yg perempuan nyeletuk : Ayo, ibu bisa buat nggak? waduh, yang tiba-tiba terbayang adalah pempek doss kala aku kecil, kenapa dibilang pempek doss, pempek ini berbahan dasar sedikit terigu dan banyak aci/sagu sehingga pada saat di goreng meledos-meledos.

Aku pikir rasa dan tektur cimol yg kenyal ini tdk jauh dari pempek doss, aku coba buat dirumah , pake resep pempek doss, dibua bulat2 kecil kemudian diberi aneka bumbu bubuk yg siap pakai, ada barbeque, ada keju, ada manis pedas dan ada jagung bakar. setelah Jadi aku bilang, gimana nak ??? nah ini cimol beneran bu, saat itu buat satu mangkok cukup besar, abis dehhh

Lain kesempatan, aku campur dengan sedikit ikan tenggiri giling dan terigu sedikit lebih banyak, sehingga pada saat dingin tidak terlalu alot.

Saat teman2nya datang ke rumah dan aku suguhkan…senengnya lihat mereka melahap cimol itu sampai habis…

untuk cemilan kalo berkumpul , oke juga koq…

Resep :

  • 100 gr tepung terigu
  • 500 cc air
  • sagu tani secukupnya +/- 300 gr
  • bumbu siap jadi aneka rasa
  • 1 siung bawang putih di haluskan dgn 1 sdt garam halus
  • minyak secukupnya

Cara membuat :

  1. campur tepung terigu dan air, bawang putih halus.
  2. Masak hingga kalis, sebaiknya selalu diaduk hingga kalis. Dinginkan
  3. Masukkan sagu secara bertahap ke dalam adonan terigu hingga adonan cukup untuk dipulung.
  4. Buat bulatan-bulatan kecil, goreng diapi sedang saja, hingga mengapung.
  5. tiriskan. bagi menjadi 3 bagian, masing2 bagian diberi bumbu bubuk yg berbeda.

Selamat mencoba

Tips : Jangan memakai api yg besar karena cimol akan meledos jika minyak terlalu panas.

Posted on 25 Januari 2010, in Aneka Tips, Bisnis boga, Cerita-cerita, Keluarga, Komunitas, Makanan Tradisional, Masakan Rumah. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. resep CIMOL 17+ “1 bagian tepung terigu, 7 bagian sagu. masako secukupnya, aduk rata(masih kering) siram air panas mendidih secukupnya uleni sampai jadi adonan (kaya adonan donat) bentuk bulat2.jangan lupa lumuri tangan dgn sagu biar tak lengket. klo mau ngembang boleh di tambah beking poder. dijamin berhasil sudah pernah jualan aku!

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 385 pengikut lainnya.

